Home / Berita / Internasional / Asia / Israel Peringatkan PM Turki Agar Tak ke Gaza

Israel Peringatkan PM Turki Agar Tak ke Gaza

PM Turki, Erdogan (FP)

dakwatuna.com – Yerusalem. Perdana Menteri (PM) Turki Recep Tayyip Erdogan berencana akan mengunjungi Gaza setelah berkunjung ke Mesir. Israel memperingatkan PM Erdogan, kunjungan ke Gaza akan menyebabkan masalah.

Pejabat Israel menyatakan, kunjungan PM Erdogan ke Jalur Gaza merupakan sebuah kesalahan diplomatik dan tindakan tersebut dapat menyebabkan kerusakan hubungan antara Turki dan Amerika Serikat (AS).

Meski demikian, pejabat di Gaza akan sangat menyambut kedatangannya. Gaza merasa terhormat akan kunjungan yang dilakukan oleh para petinggi di negara lain. Demikian seperti diberitakan Abna, Rabu (7/9/2011).

Meski PM Erdogan menyatakan akan berkunjung ke Jalur Gaza setelah mengunjungi Mesir, kunjungan ke Gaza dikabarkan belum masuk ke dalam agenda resminya.

Sebelumnya, PM Turki ini dijadwalkan akan berkunjung ke Gaza pada 21 Juni lalu, namun kunjungannya ditunda.

Para pejabat Departemen Luar Negeri Turki juga mengatakan, mereka sudah mengontak rekannya yang berada di Mesir terkait dengan rencana kunjungan Erdogan ke Gaza.

Departemen Luar Negeri Mesir terkesan dengan rencana kunjungan Erdogan ke Gaza, namun Mesir menilai kunjungan Erdogan tetap membutuhkan izin dari Israel.

Seperti yang terjadi saat ini, hubungan Israel dan Turki makin memanas dan ketegangan. Turki juga terlihat tidak mau memperbaiki hubungannya dengan Israel karena Israel tetap bersikeras tidak meminta maaf atas penyerangan kapal relawan Turki, Mavi Marmara pada 2010 lalu.(rhs)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (23 votes, average: 9,78 out of 5)
Loading...
Avatar
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Turki Sebut Pencaplokan Tepi Barat untuk Kepentingan Politik Netanyahu

Organization