Topic
Home / Berita / Amerika di Balik Tembok Baja Mesir

Amerika di Balik Tembok Baja Mesir

dakwatuna.com – Gaza, Pembangunan tembok baja di perbatasan Palestina-Mesir yang akan segera dilaksanakan atas arahan Amerika, Perancis dan Mesir. Pembangunan tembok ini akan menuai kemarahan dan akan mencekik pihak-pihak yang menyetujui pembangunanya.

Warga Palestina menganggap tembok ini merupakan rangkaian dari blokade terhadap warga Gaza sejak tiga tahun lalu, oleh Zionis dan pemerintahan Mesir.

Peran dan pengawasan dari  Amerika-Perancis

Menurut salah satu situs milik badan Intelijen Zionis, Tech Tbeka yang melansir data sejumlah pejabat militer Israel menyebutkan, kepala intelijen Perancis telah melakukan inspeksi ke perbatasan bekerja sama dengan pasukan Amerika dan Mesir. Kunjungan pejabat keamanan Perancis, Sabtu (19/12) dilakukan menyusul kajian terhadap proyek pembangunan tembok tersebut. Situs ini mengisyaratkan, tembok ini merupakan yang pertama di dunia yang dipersiapkan untuk mengantisipasi penyelundupan bantuan untuk rakyat Gaza melalui terowongan bawah tanah.

Pejabat Perancis tersebut telah memantau secara dekat dan menyaksikan secara langsung pembuatan tembok baja setinggi 18 meter dengan ketebalan sekitar 50 centimeter. Selain itu, pasukan Mesir, Amerika serta Perancis akan memasang alat sensor khusus untuk melaporkan setiap usaha pembobolan tembok tersebut. Mereka juga akan menggali ke dalam tanah untuk meletakan pelat baja dan memasang peralatan laser agar memastikan tidak ada ruang antara panel yang bisa tembus. Sementara untuk kamera pengintai akan dipasang yang tercanggih yang dapat memantau keadaan sekitar di malam hari dan dalam segala cuaca.
Menurut situs Zionis ini, pembangunan tembok sepanjang 5,4 kilometer terbentang mulai dari tembok shalahuddin  atau Philadelphi sepanjang 14 kilometer.
Amerika dan intelijen Prancis percaya keberhasilan dinding ini yang memblokir Jalur Gaza, akan menjadi babak baru dalam memerangi” terorisme “di berbagai daerah di seluruh dunia, ungkapnya. (asy/ip)

Redaktur: Ulis Tofa, Lc

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (16 votes, average: 8,75 out of 5)
Loading...

Tentang

Avatar
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Konflik Air Antara Ethiopia, Sudan, dan Mesir

Figure
Organization