Topic
Home / Berita / Krisis Palestina, Krisis Kemanusiaan

Krisis Palestina, Krisis Kemanusiaan

jurnalis-turki-toson
Kolumbis dan Jurnalis, Rasool Toson

dakwatuna.com – San’a, Seorang kolumnis, Rasool Toson, mantan anggota parlemen Turki mengatakan bahwa masalah Palestina bukan milik Palestina atau bangsa Arab atau kawasan Timur Tengah saja, namun ia masalah kemanusiaan sebelum yang lain. Ia menegaskan bahwa tidak ada beda antara rakyat Palestina dan Turki, keduanya memiliki dimensi perjanjian sejarah dan budaya, dan dimensi keimanan sebelum segala sesuatu.

Dalam dialog khusus dengan radio “Suara Palestina” Toson mengungkapkan kuatnya hubungan antara dua bangsa Turki dan Palestina.

“Kami tidak membebakan Palestina dari Turki, meski ada perbatasan atau pernghalang, kami menilai dua bangsa ini sebagai satu bangsa. Persaudaraan dalam iman cukup bagi kami.” tegas Toson.

Ia menambahkan, “Karenanya, masalah Palestina adalah masalah seluruh dunia, dan masalah kaum muslimin khususnya. Kami adalah bagian dari dunia Islam, kami menilai masalah ini masalah kami.”

Soal kebenaran statemen “militer Israel yang tidak terkalahkan sudah menjadi militer yang tidak layak disebut”, mantan anggota parlemen Turki ini menegaskan bahwa tidak ada yang berlebihan dalam statemen tersebut.

“Kami selama beberapa tahun belakangan menyaksikan dua kekalahan militer Israel; kekalahan pertama di Libanon pada tahun 2006 dimana kelompok perlawanan Hizbullah memberikan pelajaran yang tidak bisa dilupakan Israel, dan kekalahan kedua kekalahan moral dan psikologi dalam agresi Israel di Gaza yang terakhir.”

“Kelompok perlawanan Hamas memiliki keistimewaan, jika tidak ada perlawanan, Israel pasti akan masuk ke Gaza dan akan melakukan apapun yang mereka inginkan. Namun perlawanan datang dengan membawa kekalahan Israel yang tak mereka lupakan selamanya. Perlawanan memberikan pelajaran kepada dunia seluruhnya bahwa militer yang dikatakan tidak terkalahkan itu kini terkalahkan.” (ip/ut)

Redaktur: Samin Barkah, Lc. M.E

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (7 votes, average: 9.71 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Opick: Jangan Berhenti Bantu Rakyat Palestina!

Figure
Organization