Home / Berita / Utusan Khusus PBB, Israel Melakukan Kejahatan Perang

Utusan Khusus PBB, Israel Melakukan Kejahatan Perang

bangunan luluh lantakdakwatuna.com – Berita-berita media massa menyebutkan bahwa utusan khusus PBB untuk  Hak Asasi Manusia di tanah Palestina terjajah, Richard Folk, Senin (24/03), menyampaikan laporan pertama sejak agresi Zionis Israel terakhir di Gaza kepada Majelis HAM PBB.

Dalam laporan setebal 26 halaman itu Folk menyebutkan:

“Sangat diragukan legalitas serangan Israel terakhir ke Jalur Gaza. Dia menuduh Negara penjajah Israel telah melakukan kejahatan perang berbahaya dengan agresinya ke Jalur Gaza, sesuai dengan bukti-bukti yang ada.”

Folk menegaskan dalam laporannya bahwa masalah utama bukan pada penggunakan kekuatan yang berlebihan, namun pada pelanggaran hukum,  dengan masuknya pasukan Israel ke Jalur Gaza. Dia menyatakan bahwa aksi ini melanggar hukum. Dan bisa meningkat menjadi kejahatan perang.

Folk juga mengarahkan sejumlah tuduhan kepada para pejabat Zionis Israel berkaitan dengan pelanggaran konvensi Jenewa dengan sengaja. Dia juga menyerukan dilakukan investigasi independent seputar hal ini.

Folk dengan tegas menuduh entitas Zionis Israel melanggar hukum internasional karena blockade yang diberlakukan terhadap Jalur Gaza. Dia meminta agar blockade segera dibuka. Menurutnya Dewan Keamanan PBB. bisa saja membentu pengadilan khusus untuk mengadili para pejabat senior Zionis Israel dalam perang ke Jalur Gaza. (ip/ut)

Redaktur: Ulis Tofa, Lc

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (10 votes, average: 8,50 out of 5)
Loading...
Avatar
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ambisi Israel Kosongkan Gaza dari Warga Palestina

Organization