Home / Berita / Turki Kecam Keras Israel di Forum Ekonomi Dunia

Turki Kecam Keras Israel di Forum Ekonomi Dunia

Recep Tayyip Erdogan, PM Turki, sebelum meninggalkan plenary session on the Middle East Peace pada the Annual Meeting of the World Economic Forum (WEF) di Davos, Switzerland (29/1/2009)
Recep Tayyip Erdogan, PM Turki, sebelum meninggalkan plenary session on the Middle East Peace pada the Annual Meeting of the World Economic Forum (WEF) di Davos, Switzerland (29/1/2009) (AP Photo)

dakwatuna.com – Izzah seorang muslim diperlihatkan oleh seorang Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan. Penentangan hebat terhadap penjajahan dan pembunuhan di Gaza beliau lakukan. Pembelaan terhadap bangsa yang terzhalimi beliau buktikan. Erdogan berdebat hebat dalam pertemuan ekonomi dunia di Davos, Swiss pekan ini dengan Presiden Israel, Shimon Perez perihal agresi Zionis Israel ke Gaza.

“Kalian membunuhi orang-orang.” seru Erdogan keras kepada Perez. “Apa yang kalian lakukan tidak manusiawi!”

Menanggapi perkataan Erdogan, Perez langsung memotong dengan panas, “Apakah Anda sungguh benar-benar mengerti akan situasi dimana ratusan roket berhamburan dan menyerang perempuan dan anak-anak? Ada apa dengan Anda?”.

Erdogan tidak terima perkataan Perez, dan ia meminta waktu kepada moderator untuk kembali bicara. Namun, ia hanya diberikan waktu satu menit saja. “Kalian, Israel, tidak pernah mau mendengarkan.”

Rakyat Turki, khususnya dari pendukung AKP, mendukung Perdana Menteri mereka, Recep Tayyip Erdogan, setelah pulang dari World Economic Forum (WEF) di Davos, Switzerland
Rakyat Turki, khususnya dari pendukung AKP, mendukung Perdana Menteri mereka, Recep Tayyip Erdogan, setelah pulang dari World Economic Forum (WEF) di Davos, Switzerland (AP Photo)

Setelah itu, Erdogan pun berkata: “Bagi saya pertemuan Davos sudah selesai. Saya tidak diizinkan untuk bicara di sini. Perdana Menteri kalian, Ohud Olmert, mengatakan sangat senang memasuki Palestina dengan tank, peluru dan roket, dan membunuh warganya.” ujarnya dengan nada tegas kepada Perez, yang langsung disambut dengan tepuk-tangan para hadirin. Setelah itu, Erdogan pun meninggalkan forum dan dengan cuek melewati Perez yang tampak tertekan.

Perkataan Erdogan di atas langsung membuat Shimon Perez mengkerut. Ia terlihat tidak pede dalam pertemuan itu. Perdana Menteri Kjell Magne Bondevik dari Norwegia berkata, “Saya tidak pernah melihat Perez seperti itu. Ia mungkin sadar bahwa seluruh dunia sekarang sedang memusuhinya. Saya sedih Erdogan meninggalkan forum.”

Dukungan untuk Erdogan datang dari banyak pihak. Menteri Luar Negeri Mesir, Moussa, yang selama debat hanya diam saja, berkomentar, “Sikap Erdogan bisa dipahami. Israel memang tidak pernah mendengarkan siapapun.”

Dukungan rakyat Palestina untuk Erdogan, PM Turki
Dukungan rakyat Palestina untuk Erdogan, PM Turki (AP Photo)

Ketika Erdogan pulang, sambutan meriah datang dari rakyatnya. Ribuan orang bersorak sorai sambil melambaikan bendera Turki dan bendera Palestina, ketika pesawat yang membawa Erdogan menyentuh landasan bandara Turki hari Jumat pagi waktu setempat.

Rakyat Turki memuji ketegasan sikap Erdogan saat berdebat dengan Presiden Israel Shimon Peres tentang agresi brutal Israel di Gaza dalam Forum Davos. Sementara itu di Jalur Gaza Palestina, rakyat Palestina memberikan dukungan kepada Erdogan dan Turki dalam sebuah demontrasi di hari Jum’at (30/1). Bendera Palestina, Hamas, dan Turki, dikibar-kibarkan, seraya beberapa peserta demonstrasi mengusung foto tokoh-tokoh Hamas dan Erdogan PM Turki. (berbagai sumber/ut)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (29 votes, average: 10,00 out of 5)
Loading...
Avatar
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Sssttt… Ternyata Prajurit Zionis Takut Baku Tembak Lawan Warga Palestina

Figure
Organization