Home / Berita / Internasional / Asia / Hamas Tolak Gencatan Senjata, Ini Skenario Perang yang Mungkin Ditempuh Israel

Hamas Tolak Gencatan Senjata, Ini Skenario Perang yang Mungkin Ditempuh Israel

Tentara Israel yang terluka akibat serangan pejuang Palestina (arsip - paltimes.net)
Tentara Israel yang terluka akibat serangan pejuang Palestina (arsip – paltimes.net)

dakwatuna.com – Palestina. Sayap militer Hamas, Brigade Izzuddin Al-Qassam, menyatakan penolakan terhadap usulan gencatan senjata yang dimediasi oleh Mesir dan menegaskan bahwa perang dengan musuh (Israel) terus berlanjut karena gencatan senjata sama dengan menyerah, sebagaimana diberitakan Palestine Times (16/7/2014).

Pengamat politik dan pakar tentang Israel, Adnan Abu ‘Amir, memandang bahwa setelah penolakan Hamas dan upaya Israel untuk memperoleh pengakuan regional dan internasional, maka Jalur Gaza akan dihadapkan dengan tiga skenario yang mungkin akan ditempuh Israel beberapa waktu ke depan.

Pertama, situasi peperangan akan berlanjut seperti sebelumnya, di mana Israel mengandalkan serangan udara dan jarak jauh di satu pihak, dan pejuang Palestina di Jalur Gaza yang terus menembakkan roket-roket rakitannya di pihak lain. Peperangan seperti ini tidak akan berakhir, dan Israel juga tidak berhasil menundukkan dan mengalahkan Hamas.

Kedua, Israel kembali mencoba melakukan serangan darat terbatas dengan diliput kamera TV untuk mencitrakan bahwa tentara Israel tetap berani dan semangat memukul Hamas, tetapi dengan resiko jatuhnya jumlah korban lebih banyak dari kalangan tentara Israel.

Dan skenario ketiga dan hal ini bukan opsi yang disukai militer, yaitu agresi besar-besaran ke Jalur Gaza dengan target kembali menguasainya seperti halnya Tepi Barat. Abu ‘Amir menyatakan Israel akan berpikir berulang kali untuk memilih opsi ini, karena tingginya biaya perang dan resiko jatuhnya korban jiwa yang banyak.

Sejauh ini setelah menolak mediasi Mesir dan tawaran gencatan senjata, Hamas dan pejuang kelompok perlawanan lain seperti Jihad Islamy masih melanjutkan serangan roketnya ke berbagai wilayah Israel, balasan atas 203 korban syahid dan lebih dari 1500 warga Palestina yang terluka oleh agresi udara Israel. (paltimes/rem/dakwatuna)

——

Bagi yang ingin membantu meringankan penderitaan warga Jalur Gaza, dapat mengirimkan donasinya ke rekening Dakwatuna Peduli Palestina di BSM, No. Rek.: 2400020601, a.n. Dakwatuna. Konfirmasi donasi via sms ke nomor: 085883678692

About these ads

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (19 votes, average: 9,21 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Rio Erismen
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.
  • Majelis Abu Hamid

    Ya Allah tumbuhkan semangat untuk tidak menyerah pada saudara-saudaraku pejuang Palestina yang gagah berani di Gaza. Bantu mereka untuk mempermalukan Israel ya Allah. Lindungi mereka dalam memerangi makhluk keji tanpa nurani yang bernama tentara zionist.

Lihat Juga

Stadium general di aula Universitas Islam As-Syafiiyah. (aspacpalestine.com)

Peringati Hari Solidaritas Palestina, ASPAC for Palestine Gandeng UIA Gelar Stadium General