Home / Berita / Internasional / Asia / Buah Simalakama Serangan Darat Israel

Buah Simalakama Serangan Darat Israel

Pasukan angkatan darat Israel (Palestine Times)
Pasukan angkatan darat Israel (Palestine Times)

dakwatuna.com – Gaza. Pemberitaan dan analisis di media-media Israel secara kuat menunjukkan bahwa militer Israel ragu untuk melakukan serangan darat di Gaza. Di satu sisi, serangan udara tidak akan banyak terpengaruh mengurangi kekuatan militer perlawanan di Gazad. Di sisi lain, serangan darat akan sangat penuh bahaya. Seperti dilaporkan Palestine Times, Ahad (13/7/2014) hari ini.

Pengamat militer Israel, Amos Harel, menulis di surat kabar Haaretz, hari ini, bahwa Israel sengaja menunda-nunda serangan daratnya. Israel tidak bisa cepat beralih kepada fase perang berikutnya. Menurutnya, kalau hanya mengandalkan serangan udara, Israel tidak akan bisa menumbangkan habis kekuatan militer perlawanan di Gaza.

Walaupun sudah bekerja sama dengan pemerintah kudeta di Mesir menghancurkan terowongan-terowongan yang digunakan untuk menyelundupkan persenjataan di Rafah, kekuatan militer Gaza masih tetap terjaga. Karena roket-roket jarak menengah ternyata adalah produk lokal Gaza. Sehingga, mau tidak mau, tempat produksi di Gaza harus dihancurkan melalui serangan darat.

Tapi bila dilakukan serangan darat, militer Israel akan menghadapi perlawanan Hamas yang akan banyak menggunakan mortir-mortir anti tank, ranjau, dan lorong-lorong pertahanan. Peluncuran roket ke wilayah jajahan Israel juga tentu akan terus dilakukan.

Namun jika tidak dilakukan serangan darat, dan Israel setuju untuk menghentikan perang, maka Hamas juga akan menjadikannya sebagai sebuah kemenangan. Hingga kini Israel hanya melakukan serangan darat secara terbatas di beberapa perbatasan. Misalnya di pesisir barat Gaza. Itu pun langsung dihadang dengan pertahanan dari militer Hamas dan Jihad Islami. (msa/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (160 votes, average: 8,80 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir
  • Fikrullah Satrio Dewandaru

    Allahu Akbar

  • maztant

    pengecut jg nih yahudi…

  • Irfan Yunus

    Orang yg tqkut mati vs orang yg merindukan kematian…..

  • iwenk

    Mereka si najis yahudi ini tidak akan pernah berani memasuki Gaza seperti halnya pada tahun 2009…akhirnya mereka lari ke ketiak AS untuk gencatan senjata…nyali banci…

  • Ilham Tiadi Pratama

    Palestina vs Israil : Cinta Mati vs Takut Mati

  • Alipoenya

    omong besar israel

  • heri

    sudah ditakdirkan negara israel sebagi perusak tp ditakdirkan pula tnpa ada sbuah kemenangan melawan hamas sdikitpun mskpun kekuatan tempur mereka lngkap

  • Ojs

    Allahuakbar… semoga smkin byk bangkai2 tentara zionist israel yg bergelimpangan… Amin Ya Rabbal”alamin.

  • Ahmad Faqod

    Yahudi Bisanya membunuh anak-anak , wanita dan orang-orang yang lemah,..ketika berhadapan dengan militer Palestine mereka tidak berani,…hanya bersembunyi didalam Tank-Tank Baja Mereka ,.. Bangsa Keturunan Monyet dan Babi,…La’natulloh atas Yahudi,..semoga Bangsa Yahudi dikalahkan dan dihancurkan , Bangsa Palestine,…Amiiin Ya Alloh

Lihat Juga

Sebelum Lengser, Obama Diminta Mantan Presiden AS Ini Akui Negara Palestina