Home / Berita / Internasional / Afrika / Sudan Deportasi Seorang Utusan PBB

Sudan Deportasi Seorang Utusan PBB

PBB di Sudan (untogo.org)
PBB di Sudan (untogo.org)

dakwatuna.com – Khartoum. Departemen luar negeri Sudan mengumumkan bahwa pihaknya telah mendeportasi seorang utusan PBB berkewarganegaraan Amerika Serikat, Rabu (9/4/2014) kemarin.

Pendeportasian itu terjadi karena utusan tersebut melakukan intervensi dalam urusan dalam negeri Sudan. Belum ada komentar dari pihak PBB tentang langkah pemerintah Sudan tersebut.

Juru bicara departemen luar negeri, Abu Bakar As-Shidiq, mengatakan, “Keluarnya keputusan untuk mendeportasi utusan PBB tersebut setelah pihak yang bersangkutan tidak tunduk dengan undang-undang dalam negeri Sudan. Hal seperti itu tidak sesuai dengan posisinya yang mewakili lembaga PBB.”

Abu Bakar menekankan bahwa kejadian ini tidak ada hubungannya dengan lembaga PBB, sehingga hubungan dengan PBB tetap normal, dan pihak pemerintah siap menerima siapa saja pengganti utusan tersebut.

Sebelumnya, pemerintah Sudan juga pernah mengusir beberapa lembaga charity yang beraktivitas di Darfur. Hal itu setelah pengadilan internasional menetapkan presiden Sudan, Umar Basyir, sebagai tersangka pembantaian massal dan memerintahkan penangkapannya segera. Pemerintah Sudan menuduh para aktivis kemanusiaan tersebut mengirimkan laporan bohong terkait kondisi di Darfur. (mas/dakwatuna/aljazeera)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Presiden Sudan, Omar al-Bashir (islammemo.cc)

Khourtum Ancam Tutup Perbatasan dengan Sudan Selatan