Home / Berita / Profil / Karena Memeluk Islam, Ferick Hutapea Diusir dan Bisnisnya Diboikot

Karena Memeluk Islam, Ferick Hutapea Diusir dan Bisnisnya Diboikot

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
dakwatuna.com Demi masuk Islam, Ferick Rinaldy “Muhammad” Hutapea (43 tahun), rela bercerai dengan istrinya, diusir oleh keluarga besarnya, dicopot jabatannya sebagai Sekretaris Badan Pengawas Perbendaharaan Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) Wilayah DKI Jakarta, serta bisnisnya diboikot hingga bangkrut.

Perkenalannya dengan Islam berawal pada 2008, Hutapea bertemu dan berkenalan dengan gadis Muslimah bernama Siti Hazami yang sederhana baik secara penampilan maupun kehidupan ekonominya.

Sekalipun tidak ada pemaksaan untuk memeluk Islam, Hutapea menyadari dan meyakini bahwa: “Ada suatu kekuatan lain yang sedang bekerja untuk menaklukkan  iman Kristen saya, dia (Siti Hazami) telah dipilih Allah SWT menjadi perantara, untuk menyampaikan hidayah dalam kehidupan saya.”

Ia menyadari, bahwa keputusan ini akan memunculkan dampak yang serius dan besar. Namun panggilan kerohanian dalam dimensi yang baru (Islam), sekalipun belum dapat dipahami dengan utuh, mendominasi jiwa Hutapea, sehingga tanpa ragu, pada tanggal 9 April 2009, dirinya mengucapkan dua kalimat syahadat, di Mushola Darussalam, Pabuaran, Bojong Gede, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, yang dipandu oleh Ustad Arif Bahrul Ulum, disaksikan oleh pengurus mushola, dihadiri warga dan jamaah. Dan Hutapea pun diberi nama Islam, Muhammad.

Sejak saat itu, ia mulai menjalani babak baru kehidupan dan mengakui secara terbuka kepada semua pihak tentang keislamannya.  Istri yang telah dinikahi selama 12 tahun tidak dapat menerima keputusan yang telah diambilnya sehingga meminta cerai. “Karena menganggap saya telah jatuh dalam kesesatan,” ungkapnya.

Penolakan berikutnya muncul dari kedua orangtua dan kakak adik, yang ternyata kali ini jauh lebih keras, yang kemudian dilanjutkan dengan pengucilan dari keluarga dan keluarga besar.

Tidak berhenti sampai disitu, penolakan dan pengucilan yang lebih luas dari para sahabat dan teman, dari lingkungan sosial dan komunitas yang selama ini telah terjalin dengan baik, harus luntur dalam waktu seketika. “Saya dianggap pesakitan, dan tidak layak lagi untuk dirangkul,” bebernya.

Peristiwa berikutnya yang terjadi, adalah penghapusan nama, pencabutan jabatan dan penolakan di seluruh organisasi yang pernah ia jalani. Serta pemboikotan order dan garapan kerja yang memang hampir seratus persen dari jamaat gereja. Sehingga PT Astaseni Prima Agraprana (Astaprana), perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor interior dan sipil yang ia dirikan bangkrut.

Alhamdulillah, pada tanggal 26 Juni 2010, dengan bantuan Dadang dan saudara Muslim lainnya Hutapea dapat melangsungkan pernikahan dengan Siti Hazami. Kemudian mencoba hidup mandiri dengan mengontrak sebuah rumah petak dan kerja serabutan di Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Pada akhir  2011, Ferick mendapatkan pekerjaan yang lebih baik di salah satu perusahaan asing yang berlokasi di daerah Kemang. Selanjutnya, Ferick mengajak keluarganya pindah ke Jl  H  Moong, Kelurahan Kampung Baru, Pasar Rebo, Jakarta Timur hingga saat ini.

Pada awal tahun 2013, secara tak terduga, Ferick kehilangan pekerjaan di perusahaan asing tersebut, yang dikarenakan mereka menghentikan untuk sementara kegiatan bisnisnya di Indonesia. “Tanpa memberikan hak saya (pesangon, red) sedikitpun,” ungkapnya.

Dampaknya adalah menyeret Ferick kembali dalam kondisi ekonomi yang sulit sampai dengan hari ini dan kembali kerja serabutan. Tak mau terus terpuruk, Ferick berniat dan bertekad untuk mengembangkan warung sate kelinci yang dulu pernah ia tekuni. Sebelum masuk Islam, ia pernah menjalan usaha warung sate kelinci yang cukup sukses, bahkan ia memiliki 7 cabang warung. “Saya melihat prospek usaha ini cukup bagus dan berpeluang luas,” ungkapnya.

Untuk itu, dengan segala kerendahan hati, Ferick berharap saudara-saudara Muslim yang budiman mau membantunya, agar  dapat mewujudkan niat pengembangan usaha sate kelinci di kawasan jakarta selatan ini.

“Besar harapan saya, agar sudi kiranya, saudara-saudara Muslim yang budiman, berkenan mempertimbangkan serta mengabulkan permohonan saya ini, dengan menyisihkan sebagian rezeki yang diperoleh, agar dapat merealisasikan rencana usaha ini, yang tentunya dengan diiringi doa, kiranya Allah SWT membalas segala kebaikan dengan rahmat dan berkah yang berlimpah, aamiin,” pungkas Ferick.

Advertisements

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (135 votes, average: 9,12 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Badan Wakaf Al-Quran
Badan Wakaf Al Qur'an (BWA) adalah organisasi nirlaba (non-profit organization), berbentuk Lembaga Swadaya Masyarakat.
  • Fansuri Al Fatih

    semogah diberi kemudahan olleh allah swt….

  • Muhammad syaiful Qomar

    Pengorbanannya takkan sia-sia

  • Erik Eri

    Semoga dilapangkan jalan nya oleh allah swt.

  • Dedy Yusuf

    ALLAH AKBAR….ALLAH AKBAR….ALLAH AKBAR…. subhanaallah… sungguh maha sayang ALLAH.SWT terhadap antum saudaraku Muhammad… yakinlah ALLAH.SWT tidak akan pernah memberikan cobaan diluar batas kemampuan hmabanya yang tawaqal…sabar,ihklas,tawakal,Tahajud, ikhtiar yakin antum pasti dapat melalui semua ini… dan diberi kemudahan… doa kami sll menyertai mu wahai saudaraku… salam ukhuwa selalu….

  • ating suwardi

    bisakah mendapatkan no. Kontak (Hp) Muhammad Hutape?

  • Ahmad Imadudin

    jika berkenan,, saya ingin berjumpa dengan yang bersangkutan.. 25a04891

  • Sekhan AS Ash Sholih Jayabangs

    Subhanallah, Allahu Akbar, jalan kebenaran sudah dapat, pasti Allah akan menolong hambanya yang bertaqwa, semua melalui proses. tetaplah sabar.

  • muhammad akbar

    maaf meski tidak bisa bantu secara materiil kami warga lumpur lapindo selalu berdoa semoga antum tawakkal allah tidak pernah tidur

  • Saiful

    Sungguh perjuangan yang luar biasa, inilah jalan hidup yang mesti dipilih. Sudah seharusnya kita sesama muslim saling mendoakan satu sama lain… Terus jalani hidup ini dengan penuh rasa syukur wahai saudaraku,, Bismillahirrahmanirrahim ….

  • Suhadi Laundry

    semoga Allah mudahkan jalan antum…

  • Nila

    Semoga Bapak sabar dalam hidayah ini, dan Allah SWT Insya Allah akan selalu bersama orang-orang yang kembali ke jalan-Nya. amin..

  • muh.supriadi muchtading

    Ass wbr. mau nanya,,,ad yg tau kagak alamat lengkap pesantren doro omboha.
    klu kagak salah yg di daerah NTT…
    tolong alamatx di kirim ke email ini
    uphi.lagi77@yahoo.com

    • Shiradjudin El Firdausi

      Wa’alaikumssalam wt wb

      Project Wakaf Al Qur’an dan Sarana Air Bersih Doro Oromboha adalah di daerah Bima Nusa Tenggara Barat. Sementara Pesentrennya berada di Desa Mbawa kecamatan Donggo Kabupaten Bima, namanya Pesantren Misbakhul Khair. Pimpinan Pesantrennya namanya ustadz Kadrun. SIlahkan kunjungi website http://www.wakafquran.org atau klik link ini : http://www.wakafquran.org/project/detail/al_quran_road_trip_doro_oromboha

      jazakumullah khairan. wassalamu’alaikum wr wb

  • Rudi Hartono

    lanjutkan pak hutapea

  • Agung Priyo Rizki

    mualaf wajib dizakati.. memang benar perintah itu…

  • huza ema

    I’m proud..

  • Qomar Rindukan Syari’ah

    Subhanallah….Ayooo..mana para dermawan muslim….?

  • Maputra Kasmir Rivai

    Maha suci Allah Swt, pencipta seluruh alam.

  • Bucek71

    ayo kita bantu saudara kita ini…dan saudara2 mualaf kita yg lain

  • nofridha

    jika bazis bekerja dgn jujur, baik dan ikhlas saya yakin tidak akan ada kasus2 spt ini, tidak akan ada umat islam yang kelaparan dan miskin…

  • an

    aq mau gabung nih bisnis jualan satenya tp mbok jgn sate kelinci tho aq gk tega bayanginnya soale kasian liat kelinci disembelih hehehehehehe

  • Yosep

    Subhanalloh, alloh akbar, menginspirasi kita sebagai umat islam harus
    lebih menyakini bahwa islam adalah agama yang benar dan akan memberikan
    ketentraman, ketenangan dalam hidup. Mudah-mudahan BAZ (Badan Amil
    Zakat) yang ada di Indonesia dapat membantu.

  • Tama

    Jika berkenan saya ingin sekali ikut bergabung menjalin kemitraan dan mendukung usaha Pak Muhammad Hutapea. Apa bisa sy mendapat contact person Pak Muhammad. Terimakasih.

  • fai

    subhanalloh. saya sangat terapresiasi.

    saya juga mau contact person nya Bapak Muhammad Hutapea.
    walaupun seadanya tapi saya ikhlas.

    email saya ahmadrifai300@gmail.com

    terima kasih mas admin

  • Iswahyudi Azrul Hartono

    Kaalo bantu kmna?lucu dakwatuna ini

  • Mohin diinfokan lebih detail contactnya dan noreknya

Lihat Juga

Sama-Sama Berinisial “LC”, Larissa Chou dan Lusiana Chan Putuskan Jadi Mualaf di Usia Belasan

Organization