Topic Archives: Islam

Refleksi Hadits Arbain Kesatu dan Kedua

Sesungguhnya orang yang bertanya kepada Nabi tersebut adalah Malaikat Jibril. Ia datang hendak mengajarkan tentang belajar dan menuntut ilmu. Yakni bagaimana adab-adab dalam belajar, seperti berpakaian sopan, bersih, dan rapi serta hendaklah pada jarak yang dekat dengan guru. Jarak dekat ini maksudnya agar setiap orang yang mencari ilmu benar-benar fokus akan niatnya dan menghindarkan dari hal-hal yang mengganggunya selama menuntut ilmu.

Baca selengkapnya »

Masa’ Islam Kita Kalah dengan Bali?!

Bali selama ini kita persepsikan tak identik dengan Islam. Para pendatang dari luar di Bali kebanyakan memang beragama Islam, tetapi mungkin kita lebih mengasumsikan mereka yang memilih bekerja di sana bukan muslim yang taat. Mungkin kita mengasumsikan muslim yang taat cenderung tidak memilih bekerja di Bali. Tetapi kenyataan yang terjadi, Islam di Bali justru tumbuh menakjubkan.

Baca selengkapnya »

Islam dan PKS Adalah “Jati Diri” Saya

Berjalanlah terus di atas keyakinan yang benar. Dan saya juga akan berjalan di atas keyakinan saya bersama Partai Kesayangan Saya (PKS). Selama PKS tetap mengusung nilai-nilai kebaikan yang berlandaskan pada aturan Allah SWT, selama itu pula saya akan berada dalam barisan ini. Selama itu pula saya akan membela jamaah ini, hingga akhir hayat saya. Insya Allah…

Baca selengkapnya »

Persahabatan Dua Pemuda Tampan

Sejak saat itu mereka pun kemudian bersahabat, dan ke manapun pemuda tampan dan kaya raya itu pergi sahabatnya itu selalu menyertainya. Warga pun kian bahagia karena selain pertolongan dari si pemuda kaya, kini mereka pun memiliki tempat bertanya dan mendengarkan kisah-kisah luar biasa dari si pemuda miskin itu. Siapakah nama pemuda miskin berbaju jelek itu? Dialah yang hari ini sering dikenal dengan nama ‘Islam’. Dan siapakah pemuda tampan yang kaya raya itu? Dialah yang hari ini lebih dikenal dengan nama ‘Amal’.

Baca selengkapnya »

Paham Dulu Baru Beriman (BerIslam)

Kepahaman berbeda dengan pengetahuan. Kepahaman muncul akibat internalisasi pengetahuan dalam diri seseorang. Mudahnya banyak orang yang mengerti ilmu berlalu lintas, tapi banyak juga dari mereka yang melanggar lalu lintas. Banyak ahli hukum tetapi banyak dari mereka yang mempermainkan hukum. Sehingga kesimpulannya banyak yang berilmu tapi tidak paham dengan ilmu yang dia miliki.

Baca selengkapnya »

Islam, Antara Impian dan Harapan

Islam lahir dengan perjuangan, Islam berkembang dengan tetesan keringat, Islam menjulang tinggi dengan tetesan darah para pasukan yang mencintai kematian seperti halnya banyak orang mencintai kehidupan. Tentu sebuah fenomena yang sangat memilukan bila pada akhirnya Islam ini ibarat buih di lautan yang terombang ambing dibawa oleh ombak dan pada akhirnya dihempaskan ke tepian pantai tanpa punya arti dan makna.

Baca selengkapnya »

Mereka Mengambil Agama Kita di Saat Kita Meninggalkannya

Antara kesempurnaan Islam dan ketidaksempurnaan kita, seringkali ritual yang kita jalani belum membekas ke dalam perilaku kita sehari-hari, keshalihan kita secara ritual belum berdampak pada kesadaran sosial kita, semestinya harus membuat kita mau berbenah. Mengapa dengan Islam perilaku kita yang tidak baik belum terkikis, seperti kita belum menjadi orang yang jujur, memiliki kepedulian dan kepekaan.

Baca selengkapnya »

Persaksian Dunia Terhadapmu, Islam!

Saat Islam tidak dipahami hanya selintas dalam batasan ibadah wajib. Saat muslimahnya melihat hijab adalah ekspresi penghargaan. Saat salam kesejahteraan dikumandangkan di tiap pertemuan dengan saudara muslim. Saat Al-Quran bergeser posisi dari lemari berdebu menuju dekapan hangat tiap muslim. Saat syair lagu gundah berganti dengan alunan ayat Quran yang menyejukkan. Saat alergi terhadap Islam berganti dengan kekaguman yang memotivasi.

Baca selengkapnya »

Saat Harus Memilih

Abu Said Al-Khudri radhiallahu anhu dari Nabi shallallahu alaihi wasallam bahwa beliau bersabda “Sesungguhnya dunia itu manis lagi hijau dan sesungguhnya Allah menjadikan kalian penguasa di atasnya lalu Dia memperhatikan apa yang kalian perbuat. Karenanya takutlah kalian kepada (fitnah) dunia dan takutlah kalian dari (fitnah) wanita, karena sesungguhnya fitnah pertama (yang menghancurkan) Bani Israil adalah dalam masalah wanita.” (HR. Muslim no. 2742).

Baca selengkapnya »

Agama Fitrah, Ahok, dan Idul Fitri

Ketika Islam baru bisa muncul dalam wajah ketidaksempurnaannya, tapi dengan ketidaksempurnaan itu Islam menjadi tampak dalam kehidupan. Daripada tidak tampak sama sekali, ketika kita belum bisa menampakkan kesempurnaannya, agar tidak sepenuhnya nihil dalam kehidupan ini. Tetapi upaya menuju kesempurnaan tetap menjadi keniscayaan, bagaimanapun kekurangan tersebut akan menjadi beban bagi agama ini, dan kemudharatannya akan kembali kepada kita juga. Kritik yang datang dari luar, terlepas dari apapun motifnya, seharusnya kita respon secara positif sebagai upaya perbaikan bagi umat ini. Merupakan sebuah tantangan bagi kita untuk menampilkan Islam dalam wajahnya yang terbaik.

Baca selengkapnya »