Home / Berita / Nasional / PEMIRA, Cara PKS Jaring Capres 2014

PEMIRA, Cara PKS Jaring Capres 2014

 

22 kandidat capres PKS yang akan dipilih dalam PEMIRA
22 kandidat capres PKS yang akan dipilih dalam PEMIRA

dakwatuna.com – Pontianak. Sekretaris Umum Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Kalimantan Barat mengatakan Pemilihan Raya (Pemira) yang digelar PKS di seluruh Indonesia pada 29-30 November 2013, berbeda dengan konvensi calon presiden yang diadakan partai lain.

“Pemira berbeda dengan konvensi capres seperti di partai lain. Kalau dalam konvensi yang berkompetisi adalah elit, maka Pemira justru kebalikannya,” kata Sekretaris Umum DPW PKS Kalbar, Arif Joni Parsetyo di Pontianak, Sabtu.

Ia mengatakan, sistem dalam Pemira memberikan kesempatan kepada kader yang memiliki dinamika sendiri untuk menentukan siapa figur pimpinan partai yang layak dipilih menjadi bakal calon presiden.

Saat ini, diakuinya ada tuntutan yang sangat kuat dari kalangan “akar rumput” PKS, khususnya para kader untuk segera menetapkan capres sebelum pemilihan umum legislatif. PKS mengakomodasi tuntutan dari para kader “akar rumput” itu untuk menentukan capres, tetapi bukan dalam bentuk konvensi sebagaimana parpol lain, melainkan melalui Pemira.

“Kalau dalam Pemira, dari para kandidatnya sendiri tidak ada kampanye di dalam. Jadi, jelas bedanya dengan konvensi,” kata Arif Joni yang juga menjadi penanggung jawab pelaksanaan Pemira PKS di Kalbar.

Pemira dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada 29-30 November. Untuk Kalimantan Barat diadakan di seluruh wilayah, setiap kabupaten/kota menyediakan beberapa tempat pemungutan suara (TPS).

Sedangkan di Kota Pontianak terdapat 30 TPS. TPS utama terletak di kantor DPW Jalan Danau Sentarum. Pemira diikuti sekitar 5.000 lebih kader yang ada di Kalbar. Setiap kader nantinya memilih lima capres dari 22 kandidat yang ada.

Lima capres yang memperoleh dukungan paling kuat, nantinya akan diserahkan kepada Majelis Syuro untuk dipilih salah satu dan diusung untuk bersaing pada Pemilu 2014.

“Jadi dalam Pemira PKS, para peserta tidak bertarung tetapi kader yang menentukan siapa sosok yang paling layak menjadi bakal capres dari partai kita,” ujar Arif Joni.

Sementara sebelumnya, Presiden PKS Anis Matta mengatakan pelaksanaan Pemira perwujudan aspirasi kader untuk penentuan bakal calon presiden yang hendaknya dilakukan lebih cepat dan tidak menunggu hasil dari Pemilu Legislatif pada April 2014.

Para kader juga menyampaikan aspirasi untuk melihat performa partai secara keseluruhan terutama setelah mendeklarasikan bakal calon presiden. “Ini hanya tuntutan kader, ada pertanyaan masyarakat, kenapa belum ada bakal capres dari PKS,” ujarnya.

Anis tidak sependapat jika Pemira ini diselenggarakan untuk mendongkrak elektabilitas partai, yang berdasarkan survei-survei beberapa waktu belakangan, selalu berada dalam papan tengah dan cenderung stagnan.

Menurut Anis, peserta Pemira sudah memiliki ketokohan yang kuat di partai maupun di luar partai, sehingga popularitas dan elektabilitas partai tentu otomatis akan meningkat.

Pemira sebelumnya hanya digunakan PKS untuk memilih anggota Dewan Syuro. Kini, untuk pertama kalinya, PKS akan menggunakan Pemira untuk menentukan bakal calon presiden.

Anis Matta dijadwalkan akan menggunakan hak suaranya dalam Pemira PKS di TPS yang berada di DPW PKS Kalbar, Jalan Danau Sentarum, Sabtu (30/11), pukul 16.00 WIB. “Beliau ada kegiatan di Pontianak jadi sekalian menyoblos di TPS di Kalbar,” kata Arif Joni Prasetyo. (rol/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 9,33 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.
  • Shalihah

    kemarin tepatnya, kami di kabupaten Ogan Ilir sumsel melaksanakan pemira capres PKS.
    semoga berkah! (Y)

Lihat Juga

Anies-Sandi Dinilai Memiliki Integritas yang Sangat Baik