Home / Berita / Internasional / Afrika / Dunia Internasional Meminta Presiden Mursi Dibebaskan

Dunia Internasional Meminta Presiden Mursi Dibebaskan

Farhan Haq, wakil juru bicara Sekjen PBB (inet)
Farhan Haq, wakil juru bicara Sekjen PBB.

dakwatuna.com – Kairo. Wakil juru bicara sekjen PBB, Farhan Haq, meminta pemerintah kudeta di Mesir membebaskan para tahanan politik. Atau kalau tidak, mereka diadili dengan mekanisme yang berlaku. Termasuk di dalamnya Presiden Mursi.

Mengomentari persidangan atas Presiden Mursi yang dilakukan pada hari Senin (4/11/2013), Farhan mengatakan bahwa PBB telah mengajak pemerintah kudeta di Mesir agar mengadili para tahanan politik dengan mekanisme yang sesuai undang-undang.

Sementara itu, menlu Swedia, Carl Bildt, menyatakan bahwa Uni Eropa telah meminta agar seluruh tahanan politik dibebaskan, termasuk di dalamnya Presiden Mursi. Dalam akun twitternya, Bildt menulis bahwa rejim yang berkuasa saat ini juga akan diadili. Uni Eropa akan selalu memonitor perkembangan yang sedang terjadi di Mesir.

Sedangkan kemenlu Turki, kembali meminta agar Presiden Mursi yang masih ditahan agar dibebaskan, berbarengan dengan dimulainya masa persidangan beliau. Menurut siaran pers yang dimuat di situs resmi kemenlu, pembebasan para tahanan politik akan membantu terwujudnya dialog nasional dan kembalinya kehidupan harmonis antara masyarakat Mesir.

Di Tunis, Harakah Nahdhah mengajak dihentikannya pengadilan atas Presiden Mursi. Menurutnya, yang terjadi saat ini adalah pengadilan yang dhalim. Presiden Mursi harus segera dibebaskan, dan Mesir harus kembali kepada jalur demokrasi dalam penyelesaian krisisnya. Jalur inilah yang bisa membawa rakyat Mesir meraih mimpi-mimpinya. Adapun tindakan-tindakan penguasa kudeta saat ini tidak lain adalah meremehkan kehendak rakyat. (msa/dakwatuna/egyptwindow)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 9,25 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Abdul Fatah As-Sisi (islammemo.cc)

Tanggapan Pertama As-Sisi Terhadap Hukuman Mati Mursi