Home / Berita / Internasional / Asia / UNHCR: Jumlah Pengungsi Suriah Capai 1,6 Juta

UNHCR: Jumlah Pengungsi Suriah Capai 1,6 Juta

pengungsi suriahdakwatuna.com – Jenewa. Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (United Nation High Commissioner for Refugees/UNHCR) memperingatkan pada Jum’at bahwa jumlah warga Suriah yang melarikan diri dari tanah mereka sendiri untuk mencari perlindungan ke negara-negara berkembang.

“UNHCR menyaksikan situasi kemanusiaan yang mengerikan dari keluarga pengungsi,” kata juru bicara lembaga dan McNorton di Jenewa.

“Karena sanitasi dan kondisi kebersihan yang buruk, mengakibatkan banyak orang terjangkit penyakit seperti infeksi saluran pernapasan, demam tinggi, infeksi telinga dan penyakit kulit,” tambahnya seperti dilansir Ahlul Bayt News Agency (ABNA), Selasa (5/6).

Juru bicara itu mengatakan bahwa lebih dari 100.000 pengungsi menyeberangi perbatasan Suriah hanya dalam 15 hari terakhir.  Pada 19 Mei, PBB memperingatkan bahwa jumlah pengungsi Suriah bisa mencapai dua kali lipat dan mencapai tiga juta orang pada akhir tahun jika kerusuhan tidak berakhir.

Angka PBB juga menunjukkan bahwa lebih dari empat juta warga Suriah telah mengungsi sejak awal konflik di Negara Arab lebih dari dua tahun lalu.

UNHCR mengatakan telah terdaftar hampir 1 juta pengungsi sejak awal tahun 2013 berjumlah sekitar 250.000 orang setiap bulan.

UNHCR menegaskan bahwa diperkirakan jumlah pengungsi Suriah di Yordania sendiri melonjak menjadi sekitar 1,2 juta pada 2013, setara dengan sekitar seperlima dari total penduduk Yordania.

Jordan sendiri mengatakan (6/4), saat ini menampung lebih dari 475.000 pengungsi Suriah, diperkirakan jumlah itu akan meningkat menjadi 700.000 pada akhir tahun.

Suriah telah mengalami konflik sejak Maret 2011, dan banyak orang termasuk sejumlah besar tentara Suriah dan aparat keamanan, telah tewas dalam kekerasan itu.

About these ads

Redaktur: Samin B

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Tokoh Agama Syiah, Ali Al-Kourani. (arabi21.com)

Ini Alasan Mengapa Syiah Gembira Dengan Kemenangan Trump