Home / Narasi Islam / Life Skill / Bertindak SMART Dalam Mencapai Target

Bertindak SMART Dalam Mencapai Target

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi (inet)
Ilustrasi (inet)

dakwatuna.com – Tentu setiap manusia memiliki target-target masing, ingin ini ingin itu dan lain sebagainya. Terlepas dari itu semua mari kita belajar yuk bagaimana tips-tips untuk menggapai target. Ada metode yang bisa kita gunakan sebagai panduan kita dalam mencapai setiap target kita. Metode itu kita kenal dengan SMART.

S: Spesifik

Maksudnya, dalam menyusun target mutlak kita harus spesifik. Perlu kita membuat detail tentang target kita. Dengan target yang jelas dan detail kita akan mudah terpacu untuk mencapainya. Bagaimanapun pula jika kita akan pergi ke suatu tempat dengan kejelasan tujuan akan memudahkan dan memantapkan perjalanan kita menempuh tujuan itu. Begitu pula di saat kita memiliki tujuan dan cita-cita hidup yang jelas maka usaha dan perjuangan kita dalam menggapai itu semua akan terasa mudah dan mantap.

M: Measurable 

Setiap impian sebenarnya boleh kita menempatkan setinggi-tingginya. Namun juga tak sepatutnya kita bercita-cita terlalu muluk-muluk. Alangkah lebih baik jika kita bercita-cita dan berkeinginan suatu hal yang terukur. Boleh kita berangan angan yang tinggi namun jangan sampai justru itu seperti ungkapan bagai pungguk merindukan bulan. Namun yang parah lagi adalah angan-angan kosong tanpa usaha dan doa untuk menggapainya.

A: Attractive 

Bercita-citalah yang berbeda dengan orang lain. Ada sisi positif yang bisa kita andalkan dan banggakan ketimbang cita-cita orang lain. Harus ada added value atau nilai tambah. Dengan berbeda dalam artian lebih baik dari orang lain maka kita akan menjadi pribadi yang memiliki nilai tambah jika dibandingkan dengan orang lain.

R: Reasonable

Dalam menentukan target pasti diawali dengan alasan kenapa kita harus mencanangkan target itu. Berawal dari situlah kejelasan tentang target kita mulai dibangun.

T: Time Bound

Pencapaian target kita harus jelas, mulai dari angka pendek maupun jangka panjang harus mempunyai timeline pencapaian. Sehingga alur kita jelas dan akan tersistematisasi setiap usaha yang kita lakukan.

Demikian beberapa tips yang bisa kita gunakan dalam menggapai setiap mimpi-mimpi kita. Semoga bisa menggugah!! Dan yang terpenting adalah Allah akan senantiasa bersama orang-orang yang mau bermimpi dan berupaya keras menggapai mimpinya. Hamasah.

About these ads

Redaktur: Lurita Putri Permatasari

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 9,67 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Phisca Aditya Rosyady
Mahasiswa Master di Departement Computer Science and Engineering di Seoul National University of Science And Technology, Korea. Lahir di Yogyakarta, 31 Agustus 1991. Anak kedua dari tiga bersaudara. Mempunyai hobi di dunia jurnalistik, elektronika dan instrumentasi. Beberapa kali menjuari lomba blog dan karya tulis. Pernah menulis buku "Kami di antara Mereka", Buku " Inspirasi Gadjah Mada untuk Indonesia dan semasa SMA pernah menulis Buku "1000 Anak Bangsa Bercerita Tentang Perbedaan bersama para alumni Program Pertukaran Pelajar Jogja lainnya. Mahasiswa yang juga pernah menjadi santri PPSDMS Nurul Fikri ini aktif di beberapa organisasi seperti di HMEI, IMM Al Khawarizmi UGM, IPM Imogiri, dan BPPM Balairung. Juga menggeluti riset tentang UAV di Tim Quadcopter Elins. Tahun 2011 bersama empat temannya, berhasil membuat System Body Ideal Analyzer melalui PKM-T yang berhasil didanai Dikti. Phisca pernah menjadi Mahasiswa Berprestasi FMIPA dan juga mendapatkan Anugerah Insan Berprestasi dalam rangka Dies ke-63 UGM dan Dies ke-64 UGM. Sebelum Ia melanjutkan kuliah S-2 nya, Phisca 8 bulan bekerja di salah satu anak perusahaan Astra International di bidang IT consultant sebagai programmer.

Lihat Juga

llustrasi. (bestonlinequranlearning.com)

Kriteria Manusia Beruntung Menurut Al-Quran

Organization