Home / Narasi Islam / Life Skill / Kiat-kiat Menjadikan Anak Penghafal Alquran

Kiat-kiat Menjadikan Anak Penghafal Alquran

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com – Setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Salah satunya ialah menjadikan anak sebagai penghafal Al-Quran (Hafidz/h). Berikut ini adalah kiat-kiatnya:

ketika anak kita lahir, dari usia 1 hari perdengarkanlah Al-Quran setiap harinya 1 juz dan ulangi sebanyak 5 kali. Ulangi terus selama 1 bulan. Jadi dalam waktu 1 bulan 1 juz diulang sebanyak 150 kali. Maka waktu yang diperlukan untuk menamatkan memperdengarkan Al-Quran sebanyak 30 juz hanya 30 bulan, yaitu 2,5 tahun. Ketika anak kita usianya 2,5 tahun dia sudah mendengarkan Al-Quran 30 juz sebanyak 150 kali.

Pilihlah bacaan dari para Masyayikh, para Qari yang terkenal bacaannya fasih, seperti Qori Syekh Mahmud Kholil Al-Hushori, Syekh Shiddiq Al-Minsyawi, dll. Atau para Qori dari Saudi Arabia, seperti Syekh Ali Al-Hudzaifi, Syekh Muhammad Ayyub, dll.

Ketika anak kita sudah tamat mendengarkan bacaan Al-Quran 30 juz, maka setelah itu ajarkan hafalan kepadanya. Sehari setengah halaman atau satu halaman, ulangi setiap harinya 5 kali.

Buatlah cara yang menarik untuk anak kita agar mau menghafal, berikan hadiah ketika bisa mencapai target.

Berdoa kepada Allah Taala agar dimudahkan dalam membimbing anak kita dalam proses menghafal Al-Quran 30 juz.

Dengan metode seperti ini, hanya perlu waktu 1,5 tahun anak kita hafal Al-Quran 30 juz.

Mudah-mudahan Allah Taala memberikan karunia-Nya kepada kita semua agar keluarga kita menjadi Ahlul Quran dan semoga putra-putri kita hafal Al-Quran 30 juz. (sb/dakwatuna.com)

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Resti Fauziah
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Nama Saya Resti Fauziah asal dari Kota Majalengka sekarang saya sedang menuntut ilmu di Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Sebi Depok saya ambil prodi Akuntansi Syari'ah alhamdulillah saya beasiswa SDM Ekspad 100% di Sebi. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Lihat Juga

Cara Cepat Menghafal Alquran

Organization