Home / Narasi Islam / Life Skill / Bertindak SMART Dalam Mencapai Target

Bertindak SMART Dalam Mencapai Target

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi (inet)
Ilustrasi (inet)

dakwatuna.com – Tentu setiap manusia memiliki target-target masing, ingin ini ingin itu dan lain sebagainya. Terlepas dari itu semua mari kita belajar yuk bagaimana tips-tips untuk menggapai target. Ada metode yang bisa kita gunakan sebagai panduan kita dalam mencapai setiap target kita. Metode itu kita kenal dengan SMART.

S: Spesifik

Maksudnya, dalam menyusun target mutlak kita harus spesifik. Perlu kita membuat detail tentang target kita. Dengan target yang jelas dan detail kita akan mudah terpacu untuk mencapainya. Bagaimanapun pula jika kita akan pergi ke suatu tempat dengan kejelasan tujuan akan memudahkan dan memantapkan perjalanan kita menempuh tujuan itu. Begitu pula di saat kita memiliki tujuan dan cita-cita hidup yang jelas maka usaha dan perjuangan kita dalam menggapai itu semua akan terasa mudah dan mantap.

M: Measurable 

Setiap impian sebenarnya boleh kita menempatkan setinggi-tingginya. Namun juga tak sepatutnya kita bercita-cita terlalu muluk-muluk. Alangkah lebih baik jika kita bercita-cita dan berkeinginan suatu hal yang terukur. Boleh kita berangan angan yang tinggi namun jangan sampai justru itu seperti ungkapan bagai pungguk merindukan bulan. Namun yang parah lagi adalah angan-angan kosong tanpa usaha dan doa untuk menggapainya.

A: Attractive 

Bercita-citalah yang berbeda dengan orang lain. Ada sisi positif yang bisa kita andalkan dan banggakan ketimbang cita-cita orang lain. Harus ada added value atau nilai tambah. Dengan berbeda dalam artian lebih baik dari orang lain maka kita akan menjadi pribadi yang memiliki nilai tambah jika dibandingkan dengan orang lain.

R: Reasonable

Dalam menentukan target pasti diawali dengan alasan kenapa kita harus mencanangkan target itu. Berawal dari situlah kejelasan tentang target kita mulai dibangun.

T: Time Bound

Pencapaian target kita harus jelas, mulai dari angka pendek maupun jangka panjang harus mempunyai timeline pencapaian. Sehingga alur kita jelas dan akan tersistematisasi setiap usaha yang kita lakukan.

Demikian beberapa tips yang bisa kita gunakan dalam menggapai setiap mimpi-mimpi kita. Semoga bisa menggugah!! Dan yang terpenting adalah Allah akan senantiasa bersama orang-orang yang mau bermimpi dan berupaya keras menggapai mimpinya. Hamasah.

Advertisements

Redaktur: Lurita Putri Permatasari

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 9,67 out of 10)
Loading...
Phisca Aditya Rosyady
Ketua Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Korea Selatan Periode 2017-2018. Ketua Indonesian Muslim Student Society in Korea Periode 2016-2017. Lulusan master di Computer Science and Engineering Seoul National University, pernah menjadi Researcher Assistant di Sungkyunkwan University, Korea. Suka traveling, menulis, coding, dan blogging. Memiliki semboyan, beraksilah niscaya Allah akan mereaksikan ikhtiarmu!

Lihat Juga

FPI, Tak Kenal Maka Tak Sayang

Organization