Home / Berita / Nasional / Fraksi PKB Tolak Monopoli sertifikasi Halal oleh Pemerintah

Fraksi PKB Tolak Monopoli sertifikasi Halal oleh Pemerintah

Fraksi PKB
Fraksi PKB

dakwatuna.com Guna melindungi konsumen dari produk bersertifikasi halal, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F- PKB) meminta agar pemerintah tidak melakukan monopoli terhadap sertifikasi halal. Dimana lembaga atau badan halal swasta harus tetap ada untuk dapat berperan dalam menjalankan sertifikasi tersebut.

Dikatakan oleh Sekretaris F-PKB DPR RI, Hanif Dhakiri, kami akan mendukung adanya lembaga sertifikasi halal swasta yang salah satunya adalah Badan Halal Nahdlatul Ulama (BHNU), rekomendasi tersebut diberikan oleh F-PKB semata-mata agar permasalahan sertifikasi halal tersebut dapat benar-benar berjalan dengan baik sehingga tidak lagi ada konsumen yang merasa tertipu.

“Pemerintah sangat bertanggungjawab untuk selalu melindungi konsumen, untuk kewaspadaan, maka sertifikasi harus tetap dilakukan, akan tetapi tidak dengan unsure pemaksaan, pelaksanaannya dilakukan oleh pemerintah atau instansi bentukannya,” ujar Hanif, Kamis (21/02/2013).

Ditambahkan oleh pria yang juga menjabat sebagai salah satu Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB ini, untuk menentukan atau memberikan label atau sertifikasi halal merupakan hak atau ranahnya para ulama sebagai pemegang otoritas agama di tengah-tengah masyarakat.

Hanif menegaskan bahwa semua organisasi yang merupakan sebagai wadah berhimpunnya para ulama seperti NU, Muhammadiyah, dan ormas lain, memiliki hak untuk mengeluarkan sertifikasi halal. Akan tetapi semua tetap harus memenuhi kompetensi yang telah disyaratkan.

“Kalau hanya ada satu lembaga dan merupakan bentukan pemerintah, sangat terkesan terjadi monopoli, dan itu sangat tidak sehat, karena hal tersebut akan menjadikan proses birokrasi yang memakan waktu yang lama dan pembiayaan yang tinggi sehingga akan memberatkan produsen,” jelasnya. (pkb.or.id)

About these ads

Redaktur: Samin Barkah, Lc., ME

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • bio13

    PKB? gak dech…..mesku sy lahir dan besar dilingkunan NU. kakek nenek, bapak, pak/bu de, dan paman2 sy orng NU tp mrk alergi sm PBNU. Keluarga besar sy lebih percaya sm ulama NU yg tawadhu. Ahli ilmu fiqih, ahli ilmu akidah dan ahli ilmu falaq. Gak pernah ikut2an acara yg digagas sm PBNU dan anak cabangnya.

Lihat Juga

Brexit

Ini Pesan SBY ke Pemerintah Usai Beri Bantuan ke Korban Insiden Tol Brexit