Home / Berita / Nasional / Anis Byarwati: Temukan Pelaku Kekerasan Terhadap RI, dan Hukum Seberat-Beratnya

Anis Byarwati: Temukan Pelaku Kekerasan Terhadap RI, dan Hukum Seberat-Beratnya

Ketua DPP PKS Bidang Perempuan Anis Byarwati. (pksbanyuwangi.org)
Ketua DPP PKS Bidang Perempuan Anis Byarwati. (pksbanyuwangi.org)

dakwatuna.comKasus menginggalnya bocah 11 tahun berinisial RI menyita perhatian publik. Bocah yang meninggal 6 Januari lalu di ruang ICU Rumah Sakit Persahabatan itu diduga mengalami tindak kekerasan seksual yang mengakibatkan dirinya koma hingga menghembuskan nafas terakhirnya.

Ketua DPP PKS Bidang Perempuan Anis Byarwati turut prihatin dengan kejadian memilukan yang menimpa anak kelas V SDN Petang Pulo Gebang, Jakarta Timur itu. Anis pun meminta pihak kepolisian segera mengungkap kasus tersebut hingga terang benderang.

“Segera temukan pelakunya, ganjar dengan hukuman seberat-beratnya. Tak peduli saudara korban atau bukan, hukuman yang diberikan harus bisa memberikan efek jera,” tegas Anis, Minggu (13/1/2013) di Kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Pasar Minggu Jakarta Selatan.

Menurut Anis, terjadinya kasus tersebut merupakan salah satu indikasi rapuhnya tatanan sosial serta adanya ketidakharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat. Peristiwa memilukan itu, lanjut Anis, juga menjadi petanda mulai pupusnya nilai-nilai agama, akhlak dan budi pekerti yang luhur di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

“Karena itu kami mendorong percepatan penerapan program Kota Layak Anak di seluruh kota/kabupaten sebagai upaya perlindungan anak. Jangan sampai kasus serupa terjadi lagi,” papar Anis.

Menurut Anis, dengan terwujudnya Kota Layak Anak, hak-hak anak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi, secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan lebih terjamin. Apalagi jika program tersebut bisa dilaksanakan hingga tingkat Rukun Tetangga, anak akan lebih terlindungi dari tindakan kekerasan dan diskriminasi.

“Karena itu program ini harus mendapat dukungan dari masyarakat dan juga pemerintah,” ucap Anis.

Selain itu Anis menjelaskan bahwa PKS juga punya program Gerakan Keluarga Berkualitas. Melalui program itu PKS ingin menguatkan fungsi-fungsi keluarga sebagai pilar yang menguatkan tatanan sosial. Menjadikan keluarga sebagai basis pembentukan generasi yang berpegang pada nilai-nilai luhur agama, budaya dan bangsa.

“Fokus program ini adalah menjadikan keluarga sebagai pusat tumbuh kembang anak yang produktif dan kondusif,” kata ibu 8 anak ini.

Anis menerangkan bahwa program Gerakan Keluarga Berkualitas saat ini sudah berjalan di hampir seluruh kota/kabupaten di setiap provinsi di Indonesia. Targetnya program tersebut bisa segera diterapkan hingga tingkat kecamatan bahkan tingkat RT/RW.

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 9,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Ludi GTV

    Potong saja kelamin pelakunya atau bunuh saja, itu cukup adil kan?!

Lihat Juga

Ilustrasi. (inet)

Cara Rasulullah Mencegah Anak Muda Berzina