Home / Berita / Nasional / BI: Efisiensi Perbankan Syariah Membaik

BI: Efisiensi Perbankan Syariah Membaik

Ilustrasi. (RoL)

dakwatuna.comTingkat efisiensi perbankan syariah dari tahun ke tahun cenderung membaik.

Ini ditunjukkan dengan rasio Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) per Oktober 2012 naik menjadi turun menjadi 82,88 persen dari 85,6 persen per akhir tahun lalu.

Sedangkan laba bersih setelah pajak atau Return On Asset rata-rata meningkat menjadi 2,11 persen bila dibandingkan akhir tahun lalu, yaitu 1,79 persen.

“Perbaikan kualitas ini disebabkan oleh penurunan rata-rata biaya dana dan overhead,” kata Kepala Divisi Riset Departemen Perbankan Syariah BI, Nasirwan Ilyas.

Dengan rasio di atas, Nasirwan optimistis perbankan syariah bisa tumbuh secara moderat 40 persen atau mencapai total aset Rp 250 triliun.

Sedangkan untuk akhir tahun Bank Indonesia optimistis perbankan syariah bisa mencapai target aset Rp 200 triliun dengan tantangan dan hambatan yang ada.

Pengamat industri syariah Indonesia, Adiwarman Karim, mengatakan akan terjadi anomali di perbankan syariah terkait dengan BOPO. Di bank umum syariah BOPO cenderung akan meningkat di kisaran 80-90 persen. (A.Syalaby Ichsan/Friska Yolandha/ROL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (cikalnews.com)

Tugas dan Peran Auditor Di Lembaga Keuangan Syariah

Organization