Home / Berita / Internasional / Asia / Sebelas Anggota DPR Akan ke Palestina

Sebelas Anggota DPR Akan ke Palestina

Logo GMJ Indonesia. (ist)

dakwatuna.com – Sebelas anggota Dewan Perwakilan Rakyat akan berangkat menuju Palestina guna mendukung gerakan Global March to Jerusalem (GMJ) yang bakal digelar pada 30 Maret 2012.

Ahmad Zainuddin dari Kaukus Parlemen Indonesia untuk Palestina menjelaskan, Global March to Jerusalem digagas oleh berbagai aktivis internasional yang peduli pada nasib Palestina. Mereka prihatin atas terancamnya situs sakral keagamaan dan sejarah ‘Al Quds’ Jerusalem yang kini diduduki oleh Israel.

“Pendudukan ini bertentangan dengan rasa kemanusiaan dan keadilan, sehingga kami harus melakukan upaya konkret untuk menyelamatkan kota Yerusalem dari segala bentuk kesewenang-wenangan,” kata Ahmad yang juga anggota Komisi X DPR dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews, Jumat 23 Maret 2012.

Ia berpendapat, pendudukan Israel atas Yerusalem adalah kejahatan kemanusiaan. Ketua Presidium Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia, Marwah Daud, menambahkan, GMJ adalah gerakan spiritual untuk menyelamatkan Yerusalem sebagai kota suci dari tiga agama. “Kematian yang terjadi di sana bukan statistik belaka, tapi merupakan penghinaan terhadap dunia internasional,” tegasnya.

Salah satu penggagas acara Global March to Jerusalem adalah Asia Pacific Community for Palestine (ASPAC for Palestine). ASPAC juga akan mengirim delegasi untuk mengikuti GMJ. Delegasi itu diikuti oleh 71 peserta yang berasal dari berbagai lembaga dan organisasi masyarakat Islam maupun non-Islam.

Mereka akan berangkat dari Jakarta pada 27 Maret 2012 menuju Yordania, negara terdekat Palestina, untuk bergabung dengan ratusan ribu peserta konvoi dari berbagai negara. Rombongan besar itu selanjutnya akan bergerak masuk serentak menuju Yerusalem.

Dewan Pendiri ASPAC Forum, Bactiar Nasir, mengatakan, GMJ merupakan perjuangan sipil anti-penjajahan di Palestina. Menurut dia, GMJ adalah salah satu bentuk tekanan internasional dari masyarakat muslim maupun non-muslim dunia. “Kami bersatu dan menyatukan elemen masyarakat yang peduli pembebasan Palestina,” kata dia.

Tidak hanya di Palestina, ASPAC juga akan menggelar aksi damai secara serentak di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Pontianak, Makassar, Mataram, Ambon, dan lainnya. (VN/GMJIndo)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 9,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Usai Atasi Kebakaran, Parlemen Israel Bersiap Voting UU Larang Azan