Home / Berita / Internasional / Asia / Jepang & Indonesia Sepakat Bantu Palestina

Jepang & Indonesia Sepakat Bantu Palestina

Menlu Republik Indonesia Marty Natalegawa dan Menlu Jepang Koichiro Gemba (Foto: AP)

dakwatuna.com – Jakarta. Dalam lawatannya ke Indonesia, Menteri Luar Negeri Jepang Koichiro Gemba menegaskan, Jepang dan Indonesia siap untuk mendukung kemerdekaan Palestina.

“Dalam pembahasan kami terkait masalah Timur Tengah, kami sepakat akan bantu Palestina,” ujar Menteri Luar Negeri Jepang Koichiro Gemba, di Kementerian Luar Negeri Indonesia, Jumat (14/10/2011).

Saat ini Palestina sudah mendapatkan 9 suara di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), namun mereka akan berhadapan dengan ancaman veto dari Amerika Serikat (AS). Bila AS tak menggunakan vetonya, Palestina akan berhasil mendapatkan keanggotaan penuhnya di PBB.

Jepang dan Indonesia juga akan meningkatkan kerjasamanya dalam membantu proses demokratisasi di Timur Tengah. Seperti yang saat ini tampak, Suriah, dan juga Yaman yang memperlihatkan adanya pergolakan politik.

Seperti diketahui sebelumnya, Presiden Palestina Mahmoud Abbas telah sudah mengajukan proposal keanggotaan penuh Palestina di PBB pada September lalu.

Palestina harus mendapatkan dukungan sekira sembilan anggota DK PBB demi meloloskan keanggotaan ini. Palestina pun masih terus melakukan lobi agar keinginannya tercapai. (faj/Aulia Akbar/OZ)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (19 votes, average: 8,58 out of 5)
Loading...
Avatar
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Palestina Tolak Rekonsiliasi Tanpa Kemerdekaan

Figure
Organization