Home / Berita / Internasional / Asia / Warga Al-Quds Gagalkan Rencana Penyerbuan Pemukim Yahudi ke Masjid Al-Aqhsa

Warga Al-Quds Gagalkan Rencana Penyerbuan Pemukim Yahudi ke Masjid Al-Aqhsa

Kompleks Masjid Al-Aqsha, Palestina (inet)

dakwatuna.comWarga Palestina di kota Al-Quds (Yerusalem Timur) berhasil menggagalkan upaya sekelompok Yahudi Israel fundamentalis yang berusaha menerobos masuk ke Masjid Al-Aqsa pada Minggu (19/2).

Sejumlah saksi mata mengatakan, para pemukim Yahudi berkumpul di dekat Jembatan Al-Magharba, sebuah jalan yang menuju ke Pintu Gerbang Magharba di sisi barat Masjid Aqsa. Sementara belasan polisi Israel juga terlihat dikerahkan ke area itu.

Polisi Israel memberi izin para pemukim untuk lewat di jembatan tersebut, sedangkan warga Palestina warga Palestina, terutama yang berusia dibawah 45 tahun, tidak diperkenankan memasuki area Al-Magharba. Aturan yang sudah sejak lama diberlakukan rezim zionis ini, kerap menimbulkan bentrokan fisik antara warga Palestina dengan pemukim Yahudi dan tentara Israel. Bentrokan itu juga terjadi pada hari Minggu kemarin, dan tiga tentara zionis dilaporkan mengalami luka ringan.

Belakangan ini, sejumlah pemukim Yahudi ekstrims gencar menyerukan serangan terhadap Masjid Al-Aqsa–masjid suci ketiga bagi kaum Muslimin–dengan dalih meneggakan kedaulatan bangsa Yahudi atas kuil yang diklaim berada di bawah bangunan Masjid Aqsa.

Al-Quds Media Center melaporkan, beberapa kelompok Yahudi ekstrimis termasuk anggota kelompok Yahudi bernama “Trustees of the Temple” mengajak para pengikutnya untuk menyerbu Masjid Aqsa untuk “mengembalikan kedaulatan dan penguasaan bangsa Yahudi terhadap masjid” itu, yang merupakan langkah awal untuk membangun kembali kuil Yahudi di lokasi masjid sekarang.

Pekan kemarin, polisi Israel mencegah belasan pemukim Yahudi yang juga ingin memasuki masjid karena di dalam masjid sedang berkumpul sejumlah warga Palestina, untuk menghindari bentrokan antara keduanya.

Sementara itu, Juru Bicara Hamas Fawzi Barhoum mengatakan, para pemukim Yahudi sedang berusaha mengobarkan perang agama terhadap warga Palestina dan kaum Muslimin, dengan melakukan upaya untuk menguasai Masjid Aqsa dan melakukan serangan terhadap warga Palestina. Untuk itu, Barhoum menyerukan warga Palestina dan kaum Muslimin untuk melakukan revolusi demi melindungi Yerusalem, Masjid Al-Aqsa dan rakyat Palestina. (aisyah/im/knrp)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (24 votes, average: 7,08 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Allah akan menurunkan Pertolongan,,tanpa kita ketahui caranya..Seperti dalm surat Al-Fil,bagaimana Allah melindungi Ka’bah dr Kaum Kafir..Cukuplah itu Menjadi Pelajaran

Lihat Juga

Supporter Indonesia membuat Aksi Atraktif dengan membentuk Koreo Bendera Palestina saat Laga Timnas dengan Malaysia, Selasa (

Ini Respon Ulama Palestina Soal Koreo Bendera di Stadion Manahan Solo