Home / Pemuda / Pengetahuan / Mengapa ini Diharamkan? Kenapa Pula ia Diciptakan? [1]

Mengapa ini Diharamkan? Kenapa Pula ia Diciptakan? [1]

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi - Babi (ncbi.nlm.nih.gov)
Ilustrasi – Babi (ncbi.nlm.nih.gov)

dakwatuna.com – Apakah mungkin hewan yang diharamkan punya fungsi kehidupan? Mungkinkah mereka punya tabiat penciptaan yang berlawanan? Mereka di satu sisi haram karena punya dampak negatif terhadap tubuh dan di sisi lain punya misi kehidupan yang mungkin saja belum tersentuh oleh tangan dan pikiran manusia?

Hemat penulis, sebelum terlalu jauh mengais rahasia-rahasia penciptaan mereka, pemerhati tema-tema Qur’an diajak menelusuri hikmah-hikmah syariat yang telah mengharamkan mereka untuk dijadikan sebagai bahan makanan.

Pada umumnya, Islam mengharamkan daging hewan yang berkuku tajam, seperti: singa, harimau, macan, ular, kucing, anjing, dan tikus. Tentunya, laboratorium syariat tidak mengharamkan mereka kecuali ada sebab mendasar yang melatarbelakanginya. Olehnya itu, wajar jika hal tersebut menjadi proyek ilmiah yang menunggu sentuhan-sentuhan dunia sains. Mereka seakan-akan berkata kepada para saintis: “aku haram dimakan karena aku berbahaya terhadap kelangsungan hidup kalian. Akan tetapi, apakah Anda telah menemukan hikmah-hikmah syariat yang telah menjadikan aku haram untuk kalian?“

Dokter Sulaeman Qûsh berkata:

“Medis modern melaporkan bahwa air liur, kotoran, darah, dan sel-sel tubuh hewan-hewan ini mengandung virus yang mematikan, yaitu virus yang menyebabkan penyakit anjing.”[[2]] 

Jika demikian halnya hewan-hewan tersebut, bagaimana dengan babi sendiri?

Manusia cinta kebersihan dan jijik melihat kotoran. Setiap dari mereka punya fitrah penciptaan seperti ini. Olehnya itu, bukan hanya Islam yang mengharamkan babi, tetapi juga syariat-syariat terdahulu, seperti: Yahudi dan Nasrani.

Di dalam Taurat dikatakan:

(هَذِهِ الْبَهَائِمُ التَِّيْ تَأْكُلُوْنَهَا: البَقَرُ، وَالضَّأْنُ، وَالْمَعِزُ…، إِلاَّ هَذِهِ فَلاَ تَأْكُلُوْهَا، مِمَّا يَجْتَرُّ وَمِمَّا يَشُقُّ الظِّلْفَ: الْجَمَلَ وَالأَرْنَبَ وَالْوَبَرَ؛ لأَِنَّهَا تَجْتَرُّ، لَكِنَّهَا لاَ تَشُقُّ ظِلْفًا، فَهِيَ نَجِسَةُ لَكُمْ. وَالْخِنْزِيْرُ، لأَِنَّهُ يَشُقُّ الظِّلْفَ، لَكِنَّهُ لاّ يَجْتَرُّ، فَهُوَ نَجِسُ لَكُمْ، فَمِنْ لَحْمِهَا لاَ تَأْكُلُوْا وَجُثَثِهَا لاَ تَلْمِسُوْا).

“Hewan-hewan ini boleh kalian makan, seperti: sapi, domba, dan biri-biri…, kecuali hewan-hewan ini janganlah engkau memakannya; hewan yang mengeluarkan makanan dari perutnya kemudian dikunyah kembali dan yang kukunya terbelah dua, seperti unta, kelinci dan wabar (kelinci yang berbulu tebal). mereka najis untuk kalian karena tergolong spesies hewan yang mengunyah kembali makanan setelah dikeluarkan dari perut mereka sendiri, meskipun kuku mereka tidak terbelah dua. Demikian pula babi, ia najis untuk kalian karena kukunya terbelah, meski tidak mengunyah kembali makanannya dari perut. Olehnya itu, jangan makan dagingnya dan jangan pula menyentuh bangkainya!”[[3]]

Di Injil sendiri mengatakan:

(وَكَانَ هُنَاكَ عِنْدَ الْجِبَالِ قَطِيْعٌ كَبِيْرٌ مِنَ الْخَنَازِيْرِ يُرْعَى، فَطَلَبَ إِلَيْهِ الشَّيَاطِيْنُ قَائِلِيْنَ: (أَرْسِلْنَا إِلَىْ الْخَنَازِيْرِ لِنَدْخُلَ فِيْهَا)، فَأَذِنَ لَهُمْ يَسُوْعُ لِلْوَقْتِ، فَخَرَجَتْ الأَرْوَاحُ النَّجِسَةُ، وَدَخَلَتْ فِيْ الْخَنَازِيْرِ).

“di pegunungan sana ada sekelompok babi yang sedang digembala, maka setan pun menginginkannya dan berkata: (izinkanlah kami bersemayam di babi-babi itu!) Yesus pun kemudian mengizinkan mereka saat itu, sehingga ruh-ruh kotor keluar dan bersemayam di tubuh babi-babi tersebut” [[4]]

Di tempat lain diberitakan:

(لاَ تُعْطُوْا الْقُدْسَ لِلْكِلاَبِ، وَلاَ تَطْرَحُوْا دُرَرَكُمْ قُدَّامَ الْخَنَازِيْرِ لِئَلاَّ تَدُوْسُهَا بِأَرْجُلِهَا وَتَلْتَفِتَ فَتُمَزِّقَكُمْ).

“Jangan berikan Al-Quds kepada anjing-anjing itu dan jangan pula meletakkan berlian-berlian kalian di hadapan babi-babi itu supaya mereka tidak menginjak-injaknya dan kembali mengoyak-oyak kalian.”[[5]]

Hemat penulis, meskipun tidak secara eksplisit disebutkan pengharaman babi di Injil, tetapi karena ia merupakan simbol kejahatan yang dilakoni oleh ruh-ruh jahat dan umat selain umat Nasrani, maka ia pun dengan sendirinya mengajak fitrah mereka untuk menjauhinya. Bukan hanya itu, di Injil sendiri terdapat beberapa teks yang menyatakan bahwa Nabi Isa as. diutus untuk menyempurnakan syariat yang diemban Nabi Musa as… [[6]] Dan karena pengharaman babi merupakan salah satu syariat Taurat, maka babi pun diharamkan terhadap mereka. Akan tetapi, mengapa di sana masih ada kaum yang membolehkan makan babi? Bukankah ini menyalahi syariat dan fitrah penciptaan mereka sendiri?

Dalam hal ini, Islam pun mengharamkan babi. Ia dan syariat lain senantiasa memberikan perhatian penuh terhadap kesehatan jasmani dan rohani manusia. Olehnya itu, semuanya sepakat terhadap hukum ini.

Allah SWT berfirman:

â إِنَّمَا حَرَّمَ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةَ وَالدَّمَ وَلَحْمَ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ بِهِ لِغَيْرِ اللَّهِ á

“Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. (QS. Al-Baqarah [2]: 173)

Jika ada yang bertanya: “ada apa dengan babi? Mengapa semua syariat Allah mengharamkannya?”

Kepada Anda Ustadz Muhammad Rasyid Ridha menjawab:

“salah satu hikmah haramnya babi karena ia membawa virus berbahaya dan termasuk jenis hewan yang menyukai kotoran.

Kedokteran modern telah membuktikan bahwa bahaya babi datang dari makanannya yang kotor, sehingga di antaranya ada yang menjadi ulat, seperti: Trichinila Spiralis (الدُّوْدَةُ اللُّوْلَبِيَّةُ أَوْ الْحَلْزُوْنِيَةٌ). Ulat ini menjangkiti babi dari bangkai-bangkai tikus yang dilahapnya. Bukan hanya itu, daging babi sangat sulit dicerna akibat gumpalan lemak di serak-serak daging tersebut. Olehnya itu, perut terasa berat dan ingin muntah. Jika ia tidak dimuntahkan maka penderita akan mencer…

Jika Anda berkata: “Ayat al-An’am menegaskan bahwa sebab daging babi diharamkan karena ia kotor. Apakah karena ia suka kotoran ataukah di tubuhnya terdapat bahaya yang mengancam keselamatan jiwa?”

Ketahuilah! Sesungguhnya kata (الرِّجْسُ), yang artinya: kotor, penamaan terhadap segala sesuatu yang berbahaya dan menjijikkan, baik yang materinya nampak atau secara maknawi saja. Olehnya itu, semua yang bernajis disebut (رِجْس) kotoran. Dan pastinya, penamaan Surah al-An’am (الرِّجْسُ)terhadap babi memberi indikasi kuat bahwa ia haram dimakan karena berbahaya dan menjijikkan.”[[7]]

dr. Sulaeman Qûsh menegaskan pernyataan di atas pada laporannya berikut ini:

“babi adalah binatang yang malas dan terlalu suka berhubungan intim. Ia tidak suka cahaya matahari dan tidak punya semangat juang membela diri dari musuh-musuhnya.

Dia memakan semua makanan yang diberikan, bahkan kotorannya sendiri atau kotoran manusia. Ia lebih suka menghabiskan hidupnya di tempat kotor dari tempat yang bersih. Kerjanya makan dan tidur, serta tidak suka bepergian jauh. Jika betinanya ditunggangi oleh jantan lain ia tidak menampakkan sedikit pun kecemburuan dan amarah terhadapnya.

Babi salah satu jenis hewan yang mengantongi pelbagai jenis virus yang mematikan. [[8]] Maka dari itu, ia tidak layak dikonsumsi manusia.”[[9]]

Jika ada yang bertanya dan berkata: “Anda telah menjelaskan panjang lebar hikmah pengharaman babi. Sekarang, tolong beberkan makna-makna kehidupan di balik penciptaannya.”

Ustadz Nursi meletakkan batu pijakan dan pondasi dalam masalah ini. Beliau berkata:

“Setiap makhluk di semesta ini punya tugas masing-masing. Bukan hanya itu, setiap partikel terkecil di kosmos ini punya fungsi tersendiri. Artinya, tidak ada makhluk di alam ini kecuali punya misi yang mereka sedang jalani. Olehnya itu, mereka adalah petugas Rabbânî yang menjalankan misi ketuhanan.”[[10]]

Berangkat dari sini, penulis melihat, sesuai dengan apa yang telah dijelaskan di atas, bahwa babi adalah Cleaning Service gratis yang membersihkan wajah bumi dari pelbagai bentuk kotoran. Olehnya itu, dengan menyadari fitrah penciptaannya, ia melahap kotorannya sendiri dan kotoran manusia. Andai saja tahinya yang tercecer itu tidak dilahap kembali, maka siapa lagi yang akan memungutnya? Kotoran, sampah, dan limbah manusia merupakan isu global yang butuh penanganan serius dan belum terpecahkan sampai pada detik ini. Olehnya itu, wahai mereka yang lalai! Sadar dan pujilah Allah yang membantu kalian mengatasi masalah rumit tersebut! Babi itu tahu diri, bahkan ia ikut sibuk dan turut andil mengentaskan polusi udara oleh ulah tangan kalian sendiri.

Di lain sisi, babi telah menjadi cermin terhadap manifestasi keagungan Sang Maha Bersih, Maha Mengurus, Menjaga keseimbangan kosmos, dan Maha Bijak. Ia mencerminkan sinar-sinar ketauhidan yang terpadu. Ia merupakan ukiran-ukiran keagungan dan ketinggian sifat-sifat Allah tersebut.

Hewan ini pun tidak tinggal diam untuk melukiskan makna-makna kehidupan. Ia seperti menyapa Anda dengan begitu lembutnya dan berkata: “wahai khalifah Allah! Janganlah kalian menyerupai diriku! Jika aku malas kalian harus rajin, jika aku penakut kalian harus pemberani, jika aku terlalu berlebihan melakukan hubungan intim maka kalian wajib menempatkan nafsu sesuai dengan batasan-batasan syariat. Jika kalian seperti ini maka niscaya kalian menjadi insan-insan Rabbânî. Akan tetapi, jika kalian menyerupai diriku maka kalian lebih rendah dariku. Aku menjalankan fungsi kehidupan dan ketauhidan dengan sempurna, tetapi kalian lalai dan lupa diri oleh nafsu.”

Kemuliaan hewan ini tidak terbatas sampai di sini, tetapi ia telah menjadi bahan baku celaan Al-Qur’an terhadap bangsa Yahudi yang melanggar kehormatan hari Sabtu. [[11]] Olehnya itu, mereka dilaknat Allah dengan menjadikan wujud mereka berwujud monyet dan babi sebagaimana yang difirmankan ayat ini:

â قُلْ هَلْ أُنَبِّئُكُمْ بِشَرٍّ مِنْ ذَلِكَ مَثُوبَةً عِنْدَ اللَّهِ مَنْ لَعَنَهُ اللَّهُ وَغَضِبَ عَلَيْهِ وَجَعَلَ مِنْهُمُ الْقِرَدَةَ وَالْخَنَازِيرَ وَعَبَدَ الطَّاغُوتَ أُولَئِكَ شَرٌّ مَكَانًا وَأَضَلُّ عَنْ سَوَاءِ السَّبِيلِ á (QS. Al-Maidah [5]: 59)

Di penghujung tulisan singkat ini, saya mengajak pemerhati tema-tema keislaman menyuarakan kesimpulan berikut ini:

“Sebenarnya babi bukan ancaman bagi manusia. Bahaya yang datang darinya lahir dari ulah tangan-tangan jahil. Mereka telah melanggar kesepakatan syariat-syariat Allah yang mengharamkannya. Seandainya Anda tidak menyentuhnya maka ia pun dengan sendirinya enggan menyakiti Anda. Akan tetapi, Anda sakit karena telah mengabaikan aturan tersebut. Biarkan dia menjalankan misi kebersihan wajah dunia yang diemban fitrahnya! Biarkan dia memancarkan kilau ketauhidan sebagai manifestasi keagungan dan kemuliaan Zat-Nya yang Maha Bersih, memelihara, menjaga, dan Maha Bijak! Biarkan mereka melantunkan tasbih ketauhidan dengan membantu Anda menjaga kebersihan dan Jangan sekali-kali menyakiti mereka dengan menyembelih dan memakannya! Anda patut dihukum karena melanggar larangan. Bukan hanya itu, tapi Anda telah menghapus pahatan-pahatan ketauhidan dan renda-renda kehidupan yang tengah dilakoninya. Hematnya, Hikmah-hikmah ini menghendaki babi tercipta. Bukankah seribu satu kebaikan lebih diutamakan penciptaannya dari satu keburukan yang belum pasti?”

 


Catatan Kaki:

[1] Artikel ini jawaban terhadap pertanyaan salah seorang pemerhati tema-tema keislaman di www.dakwatuna.com: “apa manfaat babi ya? Soalnya itu jg jd pertanyaan sampai skrng sama anakku. belum terjawab dengan ilmiah.”

Sumber: http://www.dakwatuna.com/2011/12/17062/lalat-sehina-itukah-dia-atau-dia-lebih-mulia-dari-itu/#ixzz1gbVQfmFj

[2] dr. Sulaeman Qûsh, Hikmah wa Asbâb Tahrîm Lahmul Khinzîr fi al-Ilmi wa ad-Dîn, kata pengantar oleh: Muhammad Muhyiddin al-Ashfar, Dar al-Basyir, Cairo, hlm. 17

[3] Perjanjian Lama, Kitab Bangsa Levi, Dar al-Kitab al-Muqaddas, Cairo, cet. 1, 2003, Ayat 11: 1-8

[4] Perjanjian Baru, Injil Markus, Ayat 5: 11-13

[5] Perjanjian Baru, Injil Matius, Ayat 7: 6

[6] Lihat: Ibid, Ayat: 5: 17-18

[7] Lihat: Tafsir al-Manâr, vol. 6, hlm. 135-136

[8] Di dalam tubuh babi terdapat aneka ragam cacing dan virus. Di antaranya:

1. Fasciolepsis Buski (فاشيولبس بوسكي)

Jenis cacing ini tinggal di perut babi dalam jangka waktu yang cukup lama. Ia keluar bersama dengan kotoran dan menetap di genangan air. Jenis ini dapat menyebabkan gangguan alat pencernaan, mencer, dan pembengkakan tubuh yang mengakibatkan kematian.

2. Round Worms (الديدان المستديرة):

Cacing ini panjangnya 270 mm, ia disebut dengan ulat beracun karena dapat menjalar ke seluruh tubuh. Di antara penyakit yang ditimbulkan: radang paru-paru, sesak nafas, alat pencernaan tersumbat, dan radang pankreas.

3. Hook Worms (الديدان الخطافية):

Cacing ini masuk ke tubuh lewat pori-pori kulit. Ia dapat menyebabkan mencer yang disertai pendarahan kuat sehingga stamina tubuh melemah, kulit berubah, tubuh membengkak, dan lemah jantung.

4. Paragonimus (باراجونيميا):

Jenis ini hidup di paru-paru babi. Ia dapat menyebabkan gangguan pernafasan bagi babi sendiri dan obatnya belum ditemukan sampai pada saat sekarang. Di antara penyakit yang ditimbulkan: gangguan pernapasan yang mengakibatkan batuk keras dan pendarahan kuat di paru-paru.

5. Clonorchis Sinensis (كلونوركس سيننسس):

Cacing ini hidup di sekitar hati babi. Ia dapat menyebabkan gangguan hati, mencer, dan kematian akibat kekurangan cairan.

6. Giganthorinchus (جايجا نثورنكس):

Cacing ini hidup di alat pencernaan babi dan dapat menyebabkan kekurangan darah dan gangguan alat pencernaan. Yang demikian itu karena ia hidup di dinding alat pencernaan manusia.

7. Trichinila Spiralis (الدودة اللوبية أو الحلزونية):

Jenis cacing ini sulit terdeteksi, tubuhnya sangat kecil. Ia hidup di daging babi dalam jangka waktu yang cukup lama dan belum diketahui sampai pada saat sekarang derajat panas yang mungkin dapat melumpuhkannya di saat dimasak. Di antara penyakit yang ditimbulkan: rematik, anggota tubuh terasa nyeri, perih, dan lambat bergerak sehingga ia tidak dapat bekerja keras. Ia dapat menyebabkan kematian jika menyumbat saluran makanan yang menghubungkan antara perut dan dada. Di samping itu, jika ia hidup di perut maka akan menimbulkan penyakit perut, mencer, anggota tubuh melemah, dan pembengkakan di wajah dan mata.

8. Schistosoma Japonicum (دودة البلهارسية الآسيوية):

Spesies ini sangat berbahaya. Babi salah satu hewan yang memelihara cacing ini. Ia masuk ke tubuh manusia lewat pori-pori dan menyusut ke darah dan paru-paru. Setiap ekor dari mereka menghasilkan 20.000 telur tiap harinya yang setiap saat menjadi ancaman berbahaya terhadap alat pencernaan, hati, dan otak. Ia dapat menimbulkan pelbagai jenis penyakit yang dapat mengakibatkan lumpuh dan kematian.

[Lihat: dr. Sulaeman Qûsh, Op. Cit. hlm. 24-30]

Hematnya, tsunami bahaya babi bukan hal yang dapat ditutupi dan dipungkiri. Khususnya, pasca flu babi (H1N1, atau H1N1/09) yang menggemparkan dunia pada tahun 2009. Virus ini terdiri dari 5 jenis virus yang berbeda, yaitu: flu babi dan burung di Amerika Timur, flu manusia, dan dua flu babi asal Asia dan Eropa. Yang jelasnya, komplikasi virus-virus ini terjadi di tubuh babi. [Lihat: Prof. Dr. Sahar Talaat, Liqâh Influensa al-Khanâzîr, published by: www.islamonline.net, 1430 H/2009 M, hlm. 8] [9] Op. Cit, hlm. 18-19, dan lihat juga pernyataan Ustadz Nursi tentang bahaya daging dan lemak babi di: Masâil ad-Daqîqah fil Ushûl wa al-Aqîdah, hlm. 69-70

[10] Bediuzzaman Said Nursi, Haqâiq al-Ïmân, diterjemahkan ke bahasa Arab oleh: Ustadz Qâshim ash-Shâlihî, Sözler Publications, cet. 5, 2009, hlm. 70

[11] Mereka diwajibkan tinggal beribadah di rumah mereka pada hari tersebut dan tidak melakukan kegiatan apapun seperti hari-hari sebelumnya. Namun, mereka tidak mematuhi kewajiban itu dan meninggalkan rumah mereka menuju pesisir laut menangkap ikan setelah air surut. Di antara penafsir ada juga yang mengatakan bahwa yang dilaknat jadi monyet adalah bangsa Yahudi yang melanggar kehormatan hari Sabtu dan yang dilaknat menjadi babi adalah mereka yang mengingkari kebenaran jamuan (المائدة) Allah SWT terhadap Nabi Isa As. Yang turun langsung dari langit. [Lihat: Tafsir Syekh Abi as-Suûd, vol. 2, hlm. 292]

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (524 votes, average: 9,18 out of 10)
Loading...Loading...
Dr. Muhammad Widus Sempo, MA.
Pensyarah antar-bangsa (Dosen) Fakulti Pengajian Alqur'an dan Sunnah, universiti Sains Islam Malaysia (USIM).Degree, Master, Phd: Universiti Al-Azhar, Cairo. Egypt

Lihat Juga

Ilustrasi. (weheartit.com/chaima_muslimaahh)

Al Washliyah Haramkan Nikah Siri Online

  • Chandra

    makasih tausiahnya

  • Trisno Su

    lumayan bagus secara ilmiah, walau bagi saya [mungkin], masih menaklitkan : kenapa haram, ya karena dengan keimanan kita Islam mengharamkannya..

    tq

  • riff

    nice! :) akhirnya terjawab sudah pertanyaan ttg manfaat babi..

  • Rahmatmu

    Subhanallah:-) jzkh khairan info yg sgt bmanfaat

  • Nama_gue_edwin

    Bagaimana dgn lele? Bukankah lele juga pemakan segala kotoran termasuk kotoran manusia?

    • Arfin Ramadhan

      tergantung.. kalo dia dipelihara di air yang bersih insya Allah nggak haram

      • sitiwala

        lah…kalo babinya juga dipelihara d kandang yg bersih, dimandiin, makanannya juga ga sembarangan …kan berarti boleh jg dong bang…??
        gimana tu jadinya….?

        • DHANI WU

          klo babi, zatnya emang haram. mau dimandiin 5 kali sehari juga tetep haram

    • DHANI WU

      klo hewan yg diberi makan kotoran dlm fiqih istilahnya jallalah, itu juga haram

  • Nurainibloom

    Tolong di bahas lagi ya kenapa air liur sama menyentuh anjing itu haram ? Terus bener tuh kata Edwin, apa lele dan ikan sapu-sapu juga haram ?

  • Azzahra Ms

    Setau saya salah satu hikmahnya adalah karena mereka ada dalam proses rantai makanan. Kita aja manusia yg “nggragas”, maunya yg halal mulu, padahal ada makhluk lain yg membutuhkan hewan ini sebagai makanannya.

    • Novitasarihaliyah

      ???

      • anshori

        ???????????????

    • Abu Fulan

      ????##***@!!???!”#**+++***###!!!!””……?????????????

  • dika

    maaf sebelumnya akhi. waktu dulu masih sekolah (SMK) saya pernah tidak sengaja memakan potongan daging babi yang dibawa teman saya. Sebelumnya saya tidak tahu saya pikir daging sapi atau kambing. Saya jadi takut setelah membaca wacana ini..Mohon do’anya ya akhi.

  • Edo

    Menurut pendapat saya, haram karna memang dilarang dalam Al Qur’anul Kariim, dan kita ingin ta’at.

  • http://twitter.com/povopivi bun bun

    alhamdulillah dpt pengetahuan baru.. terimakasih..

  • Akoetrs

    nice,makasi tausiahnya

  • Bawelwiwin

    Sebenarnya masih banyak hikmah diharamkannya babi….
    Diantaranya adalah pakai logika… Qta lihat dl orang2 Indonesia yg rata2 suka makan ayam, makanya ada tabiat yg diambil dari ayam. Yaitu CEMBURU. Lihatlah ayam jantan yg lg PDKT ma ayam betina, kl ada pjantan lain pasti ribut. Bgitupun orang Indonesia. Dan itu baik menurut Islam…
    Kmudian qta lihat Babi. Kotoran sendiri d makan, pasangannya selingkuh d biarkan (Baca: Sex bebas). Dan lihatlah orang barat yg suka makan babi. Tidaklah jauh beda dengan babinya….
    Sex bebas, suka selingkuh, Tidak mengenal jijik. (Banyak terjadi oral sez yg kotor menurut Islam n Akal sehat)….
    Masih banyak yg lainnya….

    • http://www.facebook.com/BiRiNKz.bRey.iTiNKz Birinkz Brey Itings

      jd yg ga mkn babi ga suka selingkuh??
      klo buat coment yg kompeten dikit lah,
      g’da hub’y sifat manusia dgn apa yg dy konsumsi.
      bujur…

      • Luqman Young

        tentu ada hubunganny akawan sikap dan perilaku manusia dengan apa yang dikonsumsinya

      • http://www.facebook.com/vinzengrey Vincent Grey

        aku suka makan babi tapi ga pernah selingkuh; karena belum pernah pacaran. anjis T~T miris

      • 12180

        dalam Islam, pentingnya doa sebelum makan adalah agar sifat2 yang terkandung dari makanan tidak melekat pada diri manusia yang memakannya, sedikit belajar tasawuf lah bro, biar mudeng bro… ini baru makanan ya bro… blom lagi hubungan sex, ada doa sebelum dan setelah melakukannya…, kelak bayi yg dilahirkan bukan semata-mata hasil perbuatan nafsu sex belaka…. ada anak nakal sampai suka tawuran sekolah… katanya, waktu dibuat, ortunya lupa baca doa, believe it or not… ada di tasawuf bro

  • Aufania

    sangat bermanfaat

  • http://limacahaya.blogspot.com/ Amikhomisah

    maksh ilmunya dan tausiyahnya….
    Sgala sstuanya pasti berkesinambungan dan lebh tepatnya ada api ada neraka. Pilih neraka makan haram pilih surga gak makan yg haram.
    syukron jiddan….

  • Sylvi_cavah

    seharusnya bukan hanya muslim saja yang tau bahaya babi…tetapi semua umat manusia tau bahanya memakan babi

    • Bambang Sesat yo

      Yang,,Kita heran itu Presiden Usa Obama,pemimpin Eropa dan setengah dari presiden di Dunia semua pada makan Babi,Kok mereka lebih sehat dari peminpin negara Islam ya?…he he Ayo, ??

      • Aris Susantio

        tetapi jiwa dan hati mereka sakit.. dan mereka tidak menyadari..

  • Bankjoe90

    katanya berpenyakit, kok orang kristen dan orang kong hwo chu kok gk berpenyakit sih ?
    jawab pleaseeeeeeeeeeeeeeeeee !!!!!!!!

    • bang jay

      kata siapa mereka tidak sakit???? Memangnya kalau mereka sakit mau bilang-bilang sama loe??? dan terus loe tuh siapa bagi mereka??? Apa loe mau ngobatin kalau mereka sakit???

    • Gitofahmi

      Tidak semua orang Kristen dan Konghucu makan babi lho …..! Kalau mau, diteliti orang2 yg makan babi itu kesehatannya bgm.
      Tapi yang jelas, sifat2 babi banyak yang menurun kepada mereka yg tidak mengharamkan babi (asumsinya mereka makan babi). Coba saja bandingkan sifat2 babi di atas dengan kondisi sekarang.
      Kok ada orang Islam yg mempunyai sifat seperti babi juga? Jangan2 mereka juga makan babi……

      • sentulkenyut

        banyak orang islam juga yg nga makan babi tapi memiliki sifat2x binatang… koruptor, penipu, preman, pencuri…. mereka nga makan babi…

        ini lagi bikin teori2x yg bisa diketawain oleh temen2x yg bukan beragama islam….

  • Diah Vimalasari

    Subhanallah….sangat bermanfaat, smoga bisa menjadi tambahan pengetahuan buat kita semua. Bahwa Allah SWT hanya menghalalkan makanan yg membawa kebaikan untuk tubuh kita…!!

  • Isal_liv8

    aneh… di ciptakan utk membersihkan kotoran, cma itu?????
    kotoran atw bangkai kan bsa di daur ulang secara organik itu yg di namakan siklus kehidupan,,, klo dah gtu gk ada babi pun hewan2 lain pun bsa (seperti cacing, bakteri, atw organisme2 kecil lainnya yg sejenis) hal kyk gini jg udah ada di ilmu biologi dasar waktu SD.
    tetep gk menjawab hal baik tentang si babi itu sendiri. sekarang jd balik lg,
    “KENAPA BABI DI CIPTAKAN…..????”
    jgn ikut2an, pikir dulu baik2 informasinya….

    • Panjoell oke

      suka babi ya kakak? makan aja gak papa… gak ada paksaan koq. ini diharamkan buat yg mau taat aja…

  • ibad

    Semua pasti tahu cerita Nabi Nuh ketika Beliau membawa semua hewan sepasang-sepasang dan dimasukkan ke kapal besar pada saat terjadi banjir besar? Nah, bayangkan, pada waktu yang lama kapal tersebut ada di laut terus dan tidak bisa mendarat. Semua makhluk pasti perlu yang namanya buang hajat kan? Dan di kapal ga ada toilet khusus hewan, dan hewan tidak bisa membersihkan sendiri kotorannya! Setelah beberapa lama, kotoran hewan pun akhirnya menumpuk (karena manusia yang bisa bertugas membuang kotoran hewan cuman sedikit, dibanding banyaknya hewan yang diangkut). Semua makhluk di dalam kapal tersebut akhirnya resah karena terancam kehidupannya (ingat kotoran=racun).
    Walhasil, Nabi Nuh pun berdoa agar dibantu menyelesaikan masalah ini. Dan pada saat itulah diciptakannya babi. Babi terkenal dengan kerakusannya, semua makanan dicaplok, termasuk kotoran hewan lain. Saking rakusnya, semua kotoran di kapal dalam waktu singkat habis! Masalahnya, si Babi sendiri itu kan juga buang kotoran. Eh, hebatnya babi (atau joroknya), kotorannya sendiri pun dimakan. Emang sudah kodratnya diciptakan seperti itu kali.
    Nah, kotoran=racun kan? Kok babinya ga sakit/mati? Babi ini memang hebat, diciptakan dengan ketahanan tubuh luar biasa sehingga bisa menahan banyak penyakit di tubuhnya, tanpa jadi sakit! Nah lo kotoran babi beracun dong? Sudah baca artikel mengapa babi haram? Ternyata babi menyimpan 98% racun di dalam lemak tubuhnya sendiri, cuma 2% dikeluarkan. Mungkin supaya orang di kapal ga kena penyakit yang ada di dalam tubuh babi, selama tidak memakannya loh.
    Babi memang diciptakan ada tujuannya. Kotoran babi konon bisa menyuburkan tumbuhan apel, ada gunanya kan? Tulangnya bisa jadi bahan kerajinan. Bulu ekornya bisa jadi sikat. Jadi si babi ini tidak sia-sia kok.

    • clark

      wah emg d critain detail gitu yah d Al-Qur’an ? dpt sumber dri mn mas?

    • clark

      wah emg d critain detail gitu yah d Al-Qur’an ? dpt sumber dri mn mas?

    • cica

      Subhanallah banget…sy merinding mmbaca wacana bang ibad ini, krn selama ini sy jg msih bertanya2 sebenrnya buat apa hewan2 haram itu diciptakan, tp sekalipun sy tidak tau pasti penyebabnya apa, tp insya Allah sy tdk akan memakannya krn alasan ketaatan pd Allah, dan krn sy yakin Allah syg pada hambanya dan mungkin juga larangan memakan hewan2 tersebut mrpkn ujian buat qt umat muslim..

      Tapi dg wacana ini insya Allah bs meningkatkan rasa syukur Qt pada Allah yg memberikan larangan tersebut…
      oleh krn itu, mgkn buat yg lain bisa tambah yakin, mgkn sy setuju dg Clark, bisa tolong diberitau sumber valid wacana ini dr mana ya??

    • http://www.facebook.com/BiRiNKz.bRey.iTiNKz Birinkz Brey Itings

      hati2 bozz, jgn ngarang cerita yg ga bnr. ntar kena ajab loe.
      emang d kitab agama km ada diceritakan sprti itu?

      • hudhud

        loe yang bakal kena ajab..soalnya lu kaga sam’an wato’atan sama qur’an..klo loe ga tobat,, loe pasti masuk neraka.gw jamin deh.
        satu lagi, hukum allah itu buat loe taatin, bukan buat loe bantah bantah pake otak tolol loe bro..mikir pake otak jangan pake dengkul.

  • Gamansakti

    info yang bermanfaat :Plus nambah info tentang babi saya permah membaca pendapat hamka…Kutipan nga langsungnya kurang lebih…”yang paling ditakuti dari babi jika dimakan adalah kelakuan yang makan akan seperti babi…………..”

  • Zakif

    subhanallah.. tdk da pnciptaan Allah yg sia2 d muka bumi ni,dl q jg b’tanya2,knapa kok babi dciptakn pdhl dia haram,t’jawab sdh..intinya:dy jg makhluk Allah yg jg tdk bleh dsakiti apalagi dmakan…

  • Cowobaex

    nice post

  • ombram dumai

    …sekedar menambahkan..DNA babi sangat mirip DNA manusia yang artinya kekerabatan nya dekat…lebih dekat dari DNA kera sekalipun…serem euy…!!!

    • http://www.facebook.com/BiRiNKz.bRey.iTiNKz Birinkz Brey Itings

      klo emang kerabat, knp loe merasa ji2k…..
      seharusnya disalam la, ucapkan met lbran.
      kwkwkwkwkwkw

      • DHANI WU

        kayaknya loe doyan makan kerabat ya?

  • Andi Nimah Sulfiani

    syukron,,,,,,sungguh ilmu yang sangat bermanfaat…~_~

  • hizam

    ada informasi yg menyebutkan diantara hewan2 gen babi paling mirip dgn manusia, dan katanya satu2nya organ binatang yg bisa di implan ke manusia ya organ babi, makanya pembawa sifat2 penyakit yg ada dalam babi paling mudah masuk ke tubuh manusia (mungkin penyakit genetis). mungkin kawan2 bisa tolong cari kebenaran informasi tsb. klo memang benar boleh dishare ke kawan2 yg lainnya.
    terimakasih

  • http://www.facebook.com/Adji.Dwipa Adji Dwipawarman Hassan

    Subhanalloh, semua yang telah ditentukan, pasti ada penjelasannya, Insya Alloh.
    Aqidah tetap menjadi no. 1, kalau sudah haram.. ya tetep aja haram

  • qz89

    sebagai seorang beragama islam tidak kira apa sekali yang telah diharamkan dan diwajibkan; kita haruslah mentaatinya. muktamad.

  • [email protected]

    Dalam ajaran Islam jelas” telah di jabarkan bersih itu sebagian dari iman.. kalo sudah tau babi itu kotor( racun yang mematikan) mengapa harus di konsumsi. khan masih banyak makanan sehat dan halal yang pastinya tdk memakan kotorannya sendiri. aku pribadi sangat bersukur dpat pengetahuan di atas seidaknya sudah lega apa yg selama ini jadi pertnyaan yang mengganjal.. trimakasih yang sebanyak”nya untuk dahwatuna.

    • http://www.facebook.com/BiRiNKz.bRey.iTiNKz Birinkz Brey Itings

      km tw drmn klo babi itu mkn kotorannya sendiri??
      b’arti km sering itip tu babi….

  • Raminzesp

    Setiap penciptaan Allah pasti ada maksudnya, dan tak ada kesia-siaan pastinya, namun kenapa dengan di uji  dg diharamkannya saja sdh tdk tahan padahal msh banyak yg halal lagi baik, Alah telah mengharamkan jangan rubah dg remeng2, silahkan berpikir ttg ciptaan Allah asal jangn berpikir ttg ZatNYa.

  • edi

    Alhamdulillah dapat ilmu yg banyak, trus ada pertanyaan yg menggelitik hati, mohon informasinya, hikmah dari penciptaan cacing2 yang berbahaya/mengandung penyakit tersebut, karena kita yakin Allah menciptakan mahkluk pasti ada gunanya, trm ksh…

  • Hamba ALLAH

    Friend….. Najis hanya berarti larangan untuk menyentuh atw mengkonsumsi. bukan untuk membenci. Lebih banyak lagi hal2 yang berbahaya untuk kita sentuh dan kita dekati dari citaan Allah, misalnya racun atau radioaktif. itupun demi kebaikan kita juga. semuanya tergantung kita untuk memahami ketetapan atau keputusan Allah itu sendiri. Lagi pula dari sisi lain status kita sama dengan babi itu sendiri: Hamba citaan Nya.

  • alice

    lho sebenernya di Nasrani kan ada kisah ketika setan masuk k tubuh babi trus sama Yesus disuruh buang babi itu ke jurang. makanya banyak juga to orang Nasrani yg ga makan babi. karena berkaca dari kisah itu.. :)

    • http://www.facebook.com/BiRiNKz.bRey.iTiNKz Birinkz Brey Itings

      babi yg dimsuki setan kan da dibuang ke jurang, jd babi skrng ne da bebas dari setan.

      • DHANI WU

        ada aja alasannya

      • http://www.facebook.com/zamahsyari.hadna Zamahsyari Hadna

        cling tuh !!!

  • Poppo

    Babi (klo ga salah) bermanfaat juga untuk bahan baku insulin…
    Truz bahan pembuat soft capsul obat, gelatin (untuk permen kenyal), benang jahit untuk luka (ususnya) dan masih bnyk lagi untuk bidang kesehatan.

    So… klo ada pertanyaan “KENAPA BABI DI CIPTAKAN…..????” menurut saya untuk membantu manusia.

    Masalah cacing dan virus saya rasa itu tugas untuk para dokter hewan untuk mengatasinya. Dokter hewan kan bertugas untuk menjaga kesehatan hewan (baik peliharaan atau untuk konsumsi) tanpa memandang kategori hewan “HARAM” maupun “HALAL”.
    Klo memandang itu sebaiknya jadi dr. Hewan MBA (Minus Babi dan Anjing)

    Klo masalah lemak, itu tugas sarjana/master/dokter peternakan untuk mengatur pola makan bahkan pakan, supaya babi yang diproduksi rendah lemak (LOW FAT) sehingga tempat untuk virus dan cacing berkembang biak lebih sedikit.

    Hendaknya kita berpikir lebih general, tapi semuanya itu kembali kepada pribadi masing2. :)

  • Sachikaamarfizala

    Subhanallah… Maha Besar Allah

  • http://www.facebook.com/maulida.althafunnisa Maulida Althafunnisa

    Subhanallah,, wal hamdulillah..Bagus sekali artikelnya, penjelasnnya runut, terimakasih, mohon izin share.

  • agus salim

    Jadi terbetik pikiran … babi dapat menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah sampah … mengapa tidak Tempat pembuangan sampah akhir sekaligus menjadi “peternakan”/kebun binatang babi …

  • http://profile.yahoo.com/WM4I5VASWJMDGRCAAKMV7MT2FU Jeje

     Lebih suka baca novel daripada baca artikel ini. Argumen berantakan dan terlalu dipaksa.

    • http://www.facebook.com/fredika.agustiawan Fredika Agustiawan

       Ga senang. Jgn di baca. Geser jauh2

      • http://www.facebook.com/BiRiNKz.bRey.iTiNKz Birinkz Brey Itings

        terlanjur, sbner’y se nyesell….

    • http://www.facebook.com/zamahsyari.hadna Zamahsyari Hadna

      artikelnya bukan untuk orang level ente kali Je ! harus yang cerdas-cerdas, baru ngerti.!!!

  • http://www.facebook.com/profile.php?id=100002125491014 Allief Muhammad

    sukron wat tulisanya..sangat bagus..buat disimak..apalagi sama orang yang belom tahu..akan hukumnya  daging babi..wallahu a’lam bisshowab..

  • http://www.facebook.com/people/Usin-Nickhun-Ciamis/100001618754832 Usin Nickhun Ciamis

    di yahudi itu sendiri juga ada kaidahnya,,,kalo babi itu d haram kan,,,ttpi mngapa mereka msih mmakan,y yah,,,menyalahi kaidah,,,

  • http://www.facebook.com/gien.ikhwan Gien Akio HirosHi

    di ciptakan agar manusia tidak seperti babi… melakukan apa yg dilakukan babi…seperti melakukan
    hubungan intim berlebihan…atau pun yg lainnya..

    pada dasarnya,, kalau ada perumpamaan.. manusia akan berfikir 4,5 6,7
    kali untuk melakukan hal-hal yg buruk… itu pun kalau dia berfikir,,,

    kalau ga ad perumpamaan yg real, kita malah bertanya-tanya..

    “wahai khalifah Allah! Janganlah kalian menyerupai diriku! Jika aku
    malas kalian harus rajin, jika aku penakut kalian harus pemberani, jika
    aku terlalu berlebihan melakukan hubungan

    intim maka kalian wajib
    menempatkan nafsu sesuai dengan batasan-batasan syariat. Jika kalian
    seperti ini maka niscaya kalian menjadi insan-insan Rabbânî. Akan
    tetapi, jika kalian menyerupai diriku maka kalian lebih rendah dariku.
    Aku menjalankan fungsi kehidupan dan ketauhidan dengan sempurna, tetapi
    kalian lalai dan lupa diri oleh nafsu.”

    “Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging
    babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain
    Allah.” (QS. Al-Baqarah [2]: 173)

    Babi hanya untuk perumpamaan,, agar kita berfikir…

    “mereka itu seperti HEWAN TERNAK bahkan lebih sesat lagi, mereka itulah orang-orang yang lalai(lengah).” (QS.7:179).

    • http://www.facebook.com/zamahsyari.hadna Zamahsyari Hadna

      good!!!

  • http://www.facebook.com/people/Musa-Mufid/100000628959170 Musa Mufid

    Allah menciptakan semua mahluk tdk dgn sia-sia,ambil hikmahnya dan berpegang teguh pd apa yg dihalalkan dan yg diharamkan Alloh SWT.

  • http://twitter.com/TioFishHunter Tio Fish Hunter

    Temanya bagus banget,cuma penulisannya nggak profesinal dan terkesan amatiran.Penulis lebih kepada mencoba untuk menaikkan ‘harkat dan martabat’ babi sebagai binatang paling kotor,ketimbang hal2 lainnya.Allah SWT menciptakan yang ‘baik’ dan yg ‘buruk’ di muka bumi ini.Terserah mana yg akan dipilih oleh manusia.Dan dari sanalah Allah memberikan penilainNya terhadap manusia tsb.

    #Hemat penulis, meskipun tidak secara eksplisit disebutkan pengharaman
    babi di Injil, tetapi karena ia merupakan simbol kejahatan yang dilakoni
    oleh ruh-ruh jahat dan umat selain umat Nasrani, maka ia pun dengan
    sendirinya mengajak fitrah mereka untuk menjauhinya#
    Masalah ‘pengharaman’ babi dalam Injil sebenarnya cukup jelaslah sudah.Nggak samar2,nggak terselubung,Tanpa Tading Aling-Aling dan Tepat pada sasaran.Coba aja lihat pada Imamat 11:7 ;”Demikian juga babi hutan, karena memang berkuku belah, yaitu kukunya
    bersela panjang, tetapi tidak memamah biak; haram itu bagimu.”
    Walaupun disini tertulis Babi Hutan,cuma kreteria dan ciri2 binatang yg diharamkan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an itu sama dgn yg disampaikan oleh Yesus.Dan memang ayat ini sudah mendapatkan refisi atau perubahan,karena pada Injil terbitan tahun 1960 disana tertulis BABI,bukan Babi Hutan.

    Lantas yg kedua,coba lihat ke Ulangan 14:8 ;
    “Juga babi hutan, karena memang berkuku belah, tetapi tidak memamah biak;
    haram itu bagimu. Daging binatang-binatang itu janganlah kamu makan dan janganlah kamu terkena bangkainya.”
    Sama seperti yg tertulis pada Imamat.Binatang seperti apa yg diharamkan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an,ada pada Babi,walaupun disini juga tertulis Babi Hutan.

    So,terlepas dari semua itu,mari kembali kepada diri kita masing2.”Kita Mau Kemana??!!”,dan “Kita Pilih Yg Mana??!!”Wassallam

    • http://www.facebook.com/zamahsyari.hadna Zamahsyari Hadna

      asal tahu aja: ” Pak Tio FH adalah professor jebolan universitas amburadul ………………………………………………………………..!!!

    • [email protected]

      ok…..saya tahu…dahulu babi haram oleh nasrani…..tapi ditambah plus hutan…demi enaknya daging…..dan ekonomi dunia…..

  • http://profile.yahoo.com/KHNJ24XTZXQJVQ5I4A7J2BI3HQ Wanita

    Ass..

    tanya : apa ada hubungannya kita makan sesuatu trus gara2 makanan itu kita jadi dekat ama Allah Swt….trus apa ada juga gara2 makanan kita dimarahin / dihukum ma Allah …
    klw menurut sy si,…Allah itu adalah zat/ruh, yg jg berarti tidak butuh makanan seperti layaknya kita  manusia ciptaanNya….makanan disediakan adalah untuk kelangsungan hidup manusia.
    Nah, klw ada larangan makan ini/itu pasti ada jg alasannya…sekarang logis ga alasannya,

    (Cuma) umpamanya  aja qurma adalah makanan yg paling sehat, paling halal dan bisa membuat sy selalu diridhoi dan dekat ama Allah..ya sy mau sekali dong.
    Tapi apa bisa memenuhi smua kebutuhan gizi, kalori, energi utk jasmani sy….trus mudah ga tumbuhnya di daerah sy, cepat ga berproduksinya,..

    Kalau menurut sy, semua makanan adalah halal,..tergantung kita bersyukur pd Allah ga waktu memakannya. Contohnya seorang koruptor yg menyumbangkan hasil korupsinya ke panti asuhan, atau panti jompo…yg wktu dsumbangkan orang 2 panti tidak tanya apakah ini halal..?apakah anda korupsi..? apakah anda merampok..?Mereka hanya tau menerima sumbangan td, berterimakasih..dan bila dalam bentuk makanan, mengucap Bismillah trus..makan bersama.

    Intinya makanan apapun bentuknya, selama itu yg bisa kita makan untuk  hari ini yaa syukuri dan didoain aja dah…ga usah menaruh syak/curiga…nanti semua akan dihalalkan oleh Allah Swt…toh nantinya juga keluar lagi di jamban…yang penting tu lebih menjaga hati kita.
    Wass..

    • hudhud

      itukan menurut anda,,coba banyak lagi baca al-qur’rn dan hadis hadis tentang makanan yang halal dan haram. tapi anda harus berusaha untuk memahami apa yang anda baca dengan pemahaman fitrah manusia. klo ga ngrti apa itu fitrah, cari tau dulu.

    • Bad Boy II

      Anda Muslim Mbak ?
      Ngaji dulu sana yg bener, baru komentar…..

    • dee

      jangan mengartikan agama dan hukum agama dgn pemikiran sendiri ya…semua sdh jelas dalam Al-qur’an mana yg halal dan haram…

  • http://profile.yahoo.com/IZTJILNCHPHJY6M7DQ5RKWBOOI Ipul

    komen yg paling atas kok gag ngehargai jangan sok kritis.khusus WANITA sama TIO.

  • http://profile.yahoo.com/IZTJILNCHPHJY6M7DQ5RKWBOOI Ipul

    mkash mas artikelnya,, maju terus,,asslmqm

  • http://www.facebook.com/BiRiNKz.bRey.iTiNKz Birinkz Brey Itings

    sy prnh dngr, orng yg mw naik haji disuntik dgn vaksin yg dibuat mnggunakan enzim babi, n stlh brta tsb mnyebar(enzim babi), vaksin td pon diharamkan.
    pertanyaan : knp bisa diharamkan? pdhl sblm ketahuan setiap jemaah haji disuntik dgn vaksin tersebuat, n mrka baik2 z? ga da efek sampingnya.
    tq

    • hudhud

      bro,, coba lue pikir ulang, sesuatu yang di haramkan dalam qur’an itu udah merupakan hukum. adapun alasannya, klo akal bisa nyari, bagus, tapi klo akal ga bisa nyari tau kenapa, loe tinggal balikin aja ke hukum agama loe. asalnya haram ya haram. klo ada yang masih makan, itu urusan loe sama Allah, tinggal loe tanggung jawab aja ntar di akherat, gampangkan?

    • [email protected]

      Bahan unuk Narkoba jg diharamkan…terkecuali untuk…..pelajari itu….

  • lang ates

    semua ajaran SAMAWI mengharamkan MAKAN BABI..

    menurut islam
    Sesungguhnya Allah mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Akan tetapi, barang siapa dalam keadaan terpaksa sedang isi tidak menginginkannya dan tidak melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha pengampun, Maha penyayang” QS. 2 Al-Baqarah:173

    menurut injil
    Demikian juga babi hutan, karena memang berkuku belah, yaitu kukunya bersela panjang, tetapi tidak memamah biak; haram itu bagimu. imamat 11:7
    aku di turunkan bukan untuk merubah taurat… (taurat tuh kitabnya agama yahudi sedang yahudi tidak makan babi)

    menurut kitab aja di haramkan dan menurut kesehatan juga jelek…….so masi mau makan babi

    • sentulkenyut

      bagus tuh ayat… ternyata babi / bangkaipun boleh dimakan kalau terpaksa… kalau memang babi/bangkai itu sama kayak racun…mustahil diperbolehkan waktu keadaan terpaksa…

      beda dengan racun…tidak dilarang memakannya secara harfiah…tetapi kalau makan menjadikan orang tsb mati… kalau racun dimakan secara sadar maka termasuk tindakan bunuh diri… bunuh diri yang diharamkan…

      ada yg bisa liat hubungan kedua masalah diatas wahai orang yg “ahli berpikir” ?

  • http://twitter.com/mas_rakhmad Rakhmad Romadhoni

    ketika syariat sudah berkata,, jangan dibantah dan jangan tanya kenapa,,, ikuti saja,, itu baru namanya orang yang taat.. syariat itu untuk dipatuhi bukan untuk didebat dan dipertanyakan… sami’na wa atha’na . . .

    • zhe gar

      saudaraku yang berdebat, sampai akhir dunia debat ini tidak akan menemui titik temu, karena masing masing pasti ber argumen sesuai kepentingan yang berdebat, jawaban yang 1M% akurat hanya milik Allah Swt yang maha benar, hanya kepadanya kita memperoleh jawaban pasti. Dalam ber Negara memang dikenal Demokrasi tanya jawab antara pemerintah dengan wakil rakyat sebelum suatu UU ditetapkan, dan harap dicatat bahwa antara Tuhan dengan mahluk ciptaannya tidak akan pernah ada REVISI perintah Tuhan

  • wew

    hahaahahah semuanya pada binggung..,., ntar kita semua juga tau alasannya haram dan tidak haram,.., ketika kita semua sudah kembali di sisi allah,,.., jgn di pikirin dech,.,., banyak” sodakoh, perbaiki sholatnya.,., dan rajin”lah membaca al’quran.,., krn kita gak bakal tau ajal kapan menjeput.,.,., sampai jumpa di alam lain sob.,.,.,

  • http://www.facebook.com/ahmad.alimuhdi Ahmad Ali Muhdi

    Saran : Harusnya tulisan ini ditambahkan referensi riset dari. Prof. Dr. Ir. Ronny Rachman Noor M.Rur.Sc., ahli genetika Institut Pertanian Bogor (IPB) telah menerbitkan buku terbarunya yang berjudul Rahasia dan Hikmah Pewarisan Sifat (Ilmu Genetika dalam Al-Quran).

    http://lppm.ipb.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=607:rahasia-dan-hikmah-pewarisan-sifat-ilmu-genetika-dalam-al-quran-&catid=44:ipb-press&Itemid=78

  • Bhiya

    Infonya bermanffaat.izin nge-save ya d komputer,supaya ga lupa

  • Ahmad Nurmansyah

    yang ingin saya tanyakan lebih jelas..

    bagaimana hukumnya yang berternak babi tetapi dengan tujuan untuk misi pembersihan sampah? dan bahayakah bagi si peternak tersebut jika sering berdekatan langsung dengan babi??

    • [email protected]

      Begitu jg dengan memelihara anjing…podo…terkecuali untuk

  • Bima

    Kalo babi diharamkan karena sifatnya, nah apakah anjing juga demikian????

    • Abshan Shihab AbBedulloh

      udah di perjelas dalam artikel, air liurnya mengandung virus, jangan kan memakannya, kena liurnya aja hrus di bersihkan dengan tanah, krena tanah memiliki sifat penetral,, ih

      • Adi Rahadi

        PEyebab haramnya karena BANYAK FAKTOR gan, ga cuman 1 sisi saja.

  • http://www.facebook.com/teguh.prakoso.7355 Teguh Prakoso

    kalo babi ma rokok haram mana ya harusnya?

    • http://www.facebook.com/harit.sah.5 Harit Sah

      dua-duanya sama haramnya..!!!!

      • herlina suryani

        kenapa koq rokok bisa haram???? tolong di jelaskan yaaa..
        terima kasih sebelum nya. :)

        • Syamsudin

          Jelas Haram Bos
          Coba sampean telaah kandungan2 bahan pembuat rokok, apalagi kalo udah dibakar akan menciptakan zat apa saja?
          cari digoogle.
          bahaya penyakit apa aja?
          ..
          bukankah Allah melarang hambanya utk menyiksa dirinya sendiri?
          apalagi membunuh dirinya sendiri (HARAM BOS).
          dampak jangka pendek memang tak terlihat, ibarat komputer terserang virus dekstop (VIrus ringan) 1 biji, dampaknya bisa lahir ratusan virus dekstop dan sangat mengganggu.

          • hardi

            jgn ngomong masalah penyakit dan virus. dan pada dasarnya orang hidup didunia itu pasti mati. bukti ada perokok berat juga berumur panjang, yg gak merokok ada juga yg cepat mati…dan belum tentu kalo mati pasti masuk surga…
            yg penting itu bagaimana kita melangsungkan hidup dgn kerukunan.. l

          • Adi Rahadi

            Hardi,

            ibaratnya statement diatas seperti ini :
            “JNG NGOMONG MASALAH PENYAKIT DAN VIRUS,
            PADA DASARNYA ORANG HIDUP DIDUNIA PASTI MATI, BUKTI ADA TU ORANG SAKIT YG NGGAK KERUMAH SAKIT BERUMUR PANJANG, ADA JUGA YG SAKIT KERUMAH SAKIT YG CEPAT MATI

            kwkwkwkwk… Menjaga kesehatan itu wajib gan…

        • Syamsudin

          mau ente kena KOMPLIKASI???
          kalau udah kena mau apa???
          hidup sengsara, mati belum tentu masuk surga?

  • http://www.facebook.com/mukiyi.Haki Haki Al Haq

    yang dilarang wajib ditinggalkan yang diperintahkan wajib dilaksanakan, kalau dicari sebab apa Allah melarang, maka ketika penyelidikan secara ilmia tidak bisa membuktikan maka bagaimana hukum Allah…?

  • http://www.facebook.com/wan.emy.94 Wan Apple

    mohon penjelasan berkaitan apa yg ada dlm http://www.wafatabadi.blogspot

  • ekor merah

    saya gak akan komentar tentang mengapa diharamkan di agama islam , karena balik ke kepercayaan diri masing-masing dan jadinya SARA ntar :)) saya menghormati kepercayaan yang anda imani

    yang saya cuma tidak terima dari tulisan penulis ialah informasi yang cuma setengah setengah diambil dari alkitab yg terkesan memojokkan orang kristen melanggar perintah alkitabnya sendiri karena ketidakpengetahuan penulis akan ilmu alkitab dan di ambil untuk kepentingan penulis semata

    emang babi haram di alkitab itu dikatakan di perjanjian lama , cuma dimentahkan oleh Yesus di perjanjian baru di Markus 7 , silahkan ditelaah ( gak akan mengubah iman anda kok)

    intinya kalau mau bawa agama lain buat perbandingan teliti lebih dulu ya jangan ambil setengah-setengah, kasian kalau suatu fakta di suatu agama didukung sama teori teori spekulasi palsu pendapat penulis

    • Raden Muhammad Anugerah Perdan

      eh perjanjian baru kan udah ga original bos campur tangan manusia yang bener tuh perjanjian lama wakaakakakak udah jelas babi haram dan banyak penelitian wakakkaka

    • Syamsudin

      Markus 7:15
      Apapun dari luar, yang masuk ke dalam seseorang, tidak dapat menajiskannya, tetapi apa yang keluar dari seseorang, itulah yang menajiskannya.”

      JOROK amat, masa kalo boker cebok pake tisu entah tangan kena tahi to tidak langsung makan dianggap sehat, halal, tidak najis???
      kan tu perjanjian baru bilang yang keluar ke JAMBAN yang najiz, kalo makanan yang masuk tidak.
      habis boker langsung makan gak jadi masalah bagi kalian tanpa cuci tangan?

      Markus 7:18-19
      Maka jawab-Nya: “Apakah kamu juga tidak dapat memahaminya? Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu dari luar yang masuk ke dalam seseorang tidak dapat menajiskannya,karena bukan masuk ke dalam hati tetapi ke dalam perutnya, lalu dibuang di jamban?” Dengan demikian Ia menyatakan semua makanan halal.

      Berarti semua makanan yang pada faedahnya membunuh diri sendiri, merugikan diri sendiri dianggap halal dasar (bird Brain, simple minded).

      percuma orang golongan kalian membuat penelitian obat segala penyakit akan tetapi kalian sendiri selalu bikin penyakit lama kambuh, bahkan memperparah, serta tidak menutup kemungkinan membuat penyakit baru.

      gebleg, tablo juga lu jadi orang.
      mikir pake otak jangan pake (ASS), jadinya udang dong????

    • daur ulang

      maaf klo anda kristen tpi klo blh sya tau alkitab anda bnxk prubhan dri alkita yg nabi isa dlu bwkn n kbenaran alkitab anda sngt2 dirgukan, n lgi alkitab anda perjanjian lma n perjanjian bru g msuk akl bngt ad alkitab bgtu, maaf y gan

      • Arul Arul

        Di dalam al quran ada ayat yang berkata “sesungguhnya di dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya matahari terdapat tanda-tanda bagi mereka yang mau berfikr”
        Di situ sudah jelas kita di tantang sang pencipta untuk membuktikan itu karangan manusia atau tuhan karna dari setiap rahasia di alquran menanti untuk di buktikan agar kita tahu bahwa sesungguhnya tuhan itu bukan fiktif juga agar iman kita bertambah, ilmu modern baru bisa mengungkap tentang babi tapi tidak sedikit pula tentang hal lainnya yang di ambil dari alquran dan hadist yang bahkan sampai sekarang penelitian itu terus di lakukan

    • fee

      tmn2 sy yg kristen advent jg g’ makan babi, alasannya dlm injil jg ada larangannya…

    • vino

      “Emang babi haram di alkitab itu dikatakan di perjanjian lama , cuma dimentahkan oleh Yesus di perjanjian baru di Markus 7 , silahkan ditelaah ( gak akan mengubah iman anda kok).”
      Berarti salah satu dr alkitab itu salah dong karena bertentangan. Klo mnurut anda perjanjian baru adalah yg benar, maka anda harus buang dan jgn percaya semua isi perjanjian lama, karena terbukti isinya sesat dan bertentangan dgn perjanjian baru.
      Itulah klo kitab yg tuhan beri sudah diubah2 oleh manusia. Klo kitab original dari tuhan harusnya isinya tdk ada yg slg bertentangan, krna klo demikian tuhan itu bodoh dan sembrono. Anda mau tuhan anda disebut bodoh dan sembrono?

  • wahyudil

    “Olehnya itu, bukan hanya Islam yang mengharamkan babi, tetapi juga syariat-syariat terdahulu, seperti: Yahudi dan Nasrani.”

    Maaf, untuk nasrani (kristen), itu ayat Injil yang dipake sama sekali gak ada hubungannya dengan babi dan kalau perikopnya dibaca komplit, maksudnya sama sekali gak ngomongin tentang babi dan makanan.

    tapi biar saya meluruskan untuk sekedar pengetahuan tambahan

    Kristen itu tujuannya untuk memperbaharui agama Yahudi pada saat itu. Saat itu Yahudi mengharamkan Babi, sama dengan ayat yang ada di Islam. di Kitab Kristen, ayat tersebut juga ada di beberapa bagian perjanjian lama. kata2nya beda, tapi maknanya sama … babi itu haram buat Yahudi

    Imamat 11 : 7 “Demikian Juga babi hutan, karena memang berkuku belah, yaitu kukunya bersela panjang, tetapi tidak memamah biak, haram itu bagimu”

    Ulangan 14:8 “Juga babi hutan, karena memang berkuku belah, tetapi tidak memamah biak; haram itu bagimu. Daging binatang itu janganlah kamu makan dan janganlah kamu terkena bangkainya”

    tapi ketika Yesus datang, dia memperbaharui hukum taurat Musa, sehingga semua makanan jadi halal.

    Markus 7:18-19 : “Apakah kamu juga tidak dapat memahaminya? Tidak tahukan kamu bahwa segala sesuatu dari luar yang masuk ke dalam seseorang tidak dapat menajiskannya, karena bukan masuk ke dalam hati tetapi ke dalam perutnya, lalu di buang di jamban?” Dengan demikian Ia (Yesus) menyatakan semua makanan HALAL.

    jadi buat Kristen, semua makanan itu Halal … karena tertulis jelas banget di injil …

    sekian, semoga membantu … :p

    • Guest

      pernah membaca tulisan tentang percakapan tukang cukur yg tidak percaya dengan adanya allah n customernya yg memiliki pengetahuan n ilmu yang bagus tentang islam karena kebetulan ia seorang santri

      si tukang cukur: sambil dia melakukan tugasnya sebagai tukang cukur, dia bertanya kepada santri trsebut, apakah allah itu benar ada, buktinya ko banyak orang yg susah n bermasalah bahkan sampai bunuh diri
      santri: terdiam senjenak untuk mencari perumpamaan yang sekiranya mampu ditangkap oleh si tukang cukur tanpa harus ada slek. dan dia pun melihat keluar ada seseorang yg sedang berdiri di depan jalan dengan rambut yang berantakan, dan dia berkata saya juga tidak percaya di dunia ini ada tukang cukur
      si tukang cukur: sontak saja dia menjawab dengan nada bicara yg keras kepada santri tersebut, y terang saja rambut orang itu berantakan karena tidak datang ke saya untuk dirapihkan rambutnya
      santri: sambil tersenyum dia pun berkata begitu pun orang2 diluar sana yang memiliki berjuta masalah n yg sedang dalam kesusahan karena dia tidak datang ke allah untuk meminta petunjuknya
      si tukang cukur: terdiam

      dari pembicaraan tersebut dapat disimpulkan untuk berdakwah itu kita harus tau dulu pengetahuan objek dakwah kita. sehingga kita dpat menggunakan bahsan yg sesuai, jadi wajar kalau seseorang berbeda pendapat atau cara tentang bagaimana dia menyerap atau menyampaikan sesuatu asalkan tujuan atau kesimpulannya tidak melenceng dari ajaran dan syariat

    • vino

      Berarti salah satu dr alkitab itu salah dong karena bertentangan. Klo mnurut anda perjanjian baru adalah yg benar, maka anda harus buang dan jgn percaya semua isi perjanjian lama, karena terbukti isinya sesat dan bertentangan dgn perjanjian baru.
      Itulah klo kitab yg tuhan beri sudah diubah2 oleh manusia. Klo kitab original dari tuhan harusnya isinya tdk ada yg slg bertentangan, krna klo demikian tuhan itu bodoh dan sembrono. Anda mau tuhan anda disebut bodoh dan sembrono?

  • Putra Sembiring

    subhanallah, wallahuakbar

  • sentulkenyut

    kenapa babi haram…ya karena diharamkan ya haram…. itu bukti kepatuhan… kalau masalah kuman dll… dijaman skr udah bisa dihilangkan loh…. terus kalau kuman2x dll negatipnya bisa dihilangkan..apakah jadi halal..?

    sama dengan sholat…itu perintah…nga usah cari macem2x… jalanin aja perintahnya.. kalau memang ada kebaikannya… Allah Maha Tahu…

    ngomong bakteri dan penyakit..akan diketawain oleh orang yg memakannya dijaman sekarang…berapa juga orang makan babi… brp yg kena penyakit…?

    lebih baik fokus kepada larangan dan perintah….itu lebih penting…kalau mengaku sebagai hamba…atau orang islam… that’s it..

    • yuli

      Allah memberikan kita akal untuk dipergunakan, untuk berfikir, termasuk mencari tahu apa dan kenapa. menurut saya ga ada salahnya mencari tau kenapa haram, kenapa halal semata2 agar kita lebih taat kepada Allah SWT

      • sentulkenyut

        silahkan mencari tau… tapi tidak bakalan bisa mengubah ketentuan dasarnya… yaitu haram karena Allah ygn mengharamkan…

        karena dasarnya ilmu pengetahuan itu berkembangan..teknologi berkembang.. balik lagi saya katakan..yg makan babi itu jutaan orang.. bukan cuman segelintir orang… toh aman2x saja.. mungkin teori2x bakteri dll.. itu teori sudah kuno… terus masih mau dipakai…?

        kalau mau ngomong negatif dan positipnya sih semuanya pasti ada… tinggal mana yg mau dibesar2xkan…

        ingat..yg makan babi itu jutaan orang…orang eropa / amerika makan babi …biasa saja…malah jadi bangsa yang unggul..fisik bagus…kuat…liat aja para pemain bola/ olahragawannya….china juga…mereka mendominasi..

        agak konyol kalau masih pakai teori2x ginian untuk mengukapkan halal dan haram sesuatu….

        tapi balik lagi… sami’na wa ato’na… back to basic aja…

        kita meninggalkan makanan haram karena ingin ridho Allah…

        • wifik akhyar

          betul banget akhiiii…..sami’na wa atho’na aja ya……
          kalopun kita cari alasannya mungkin itu salah satu hikmahnya aja, karna tidak semua hukum Alloh kita tau alasannya kenapa haram kenapa halal…

          • Zira Az-zikr Ar-rahim

            udah deh jangan mencampur adukan agama dengan kerasionalan, bagaimanapun agama atau keyakinan itu tidak biasa untuk dirasionalkan bahkan dengan teknologi dan pengetahuan yang super duper hebat….

          • Adi Rahadi

            @Zira,
            betul gan.

            @sentulkenyut
            walau dengan cara apapun juga seperti yg diutarakan sentulkenyut , kalo udah diperintahkan haram tetap haram, walau dengan argumen cacing hilang dsb. tidak bisa dijadikan penbenaran maupun pembolehan terhadap larangan.

            Elo kan berargumen tunggal hanya dari sisi cacing aja, Cacing cuman salah satu faktor saja, gimana dari sisi lain??. Inget, aturan dibuat tidak hanya dari 1 faktor saja.

            Ibaratnya, sebuah aturan dilarang menerobos palang pintu kereta yg ditutup untuk melindungi keselamatan dirisendiri dan penumpang lain, lalu ada yg berargumen pembenaran semacam lo “KERETANYA (KELIHATAN) JAUH KAN ENGGAK TABARAAN JADI NGGAK PAPA DONG NEROBOS, KAN TUJUANNYA MELARANG MENEROBOS KAN SUPAYA TIDAK KECELAKAAN.”

            Walau sudah merasa tujuan tujuan preventif tercapai, bukan berarti hal-hal terjebut menjadi boleh dilakukan loh gan.

          • yusuf

            pernah membaca tulisan tentang percakapan tukang cukur yg tidak percaya dengan adanya allah n customernya yg memiliki pengetahuan n ilmu yang bagus tentang islam karena kebetulan ia seorang santri

            si tukang cukur: sambil dia melakukan tugasnya sebagai tukang cukur, dia bertanya kepada santri trsebut, apakah allah itu benar ada, buktinya ko banyak orang yg susah n bermasalah bahkan sampai bunuh diri
            santri: terdiam senjenak untuk mencari perumpamaan yang sekiranya mampu ditangkap oleh si tukang cukur tanpa harus ada slek. dan dia pun melihat keluar ada seseorang yg sedang berdiri di depan jalan dengan rambut yang berantakan, dan dia berkata saya juga tidak percaya di dunia ini ada tukang cukur
            si tukang cukur: sontak saja dia menjawab dengan nada bicara yg keras kepada santri tersebut, y terang saja rambut orang itu berantakan karena tidak datang ke saya untuk dirapihkan rambutnya
            santri: sambil tersenyum dia pun berkata begitu pun orang2 diluar sana yang memiliki berjuta masalah n yg sedang dalam kesusahan karena dia tidak datang ke allah untuk meminta petunjuknya
            si tukang cukur: terdiam

            dari pembicaraan tersebut dapat disimpulkan untuk berdakwah itu kita harus tau dulu pengetahuan objek dakwah kita. sehingga kita dpat menggunakan bahsan yg sesuai, jadi wajar kalau seseorang berbeda pendapat atau cara tentang bagaimana dia menyerap atau menyampaikan sesuatu asalkan tujuan atau kesimpulannya tidak melenceng dari ajaran dan syariat

          • Adi Rahadi

            trims masukanya.
            gw salah tag bro. sebenernya gw tujukan ke sentul kenyut, berhubung nggak bisa edit tag, ya gw edit comen gw.

            oh iya, gimana permisalan yg pas untuk komen nya sektulkenyut??

          • sentulkenyut

            baca2x aja dulu mas dengan sabar…jadi nga miscom… Insya Allah dapet ilmunya…

          • Ade Ariyo Yudanto

            ya benar juga si sentulkenyut ,jangan nrimo saja ,tapi juga harus
            cari alasannya . masalahnya adalah jangan pakai ALASAN YANG KUNO tapi
            cari alasan yang baru yang lebih bisa dimengerti oleh orang modern saat
            ini . Oleh karena itu kita harus menggunakan akal kita untuk menemukan
            alasan yang baru jangan terus2an pakai alasan yang lama

            kira2 begitulah maksud dr kata sentulkenyut menurut saya . Mudah2an anda semua bisa mengerti . :)

          • Zira Az-zikr Ar-rahim

            udah deh jangan mencampur adukan agama dengan kerasionalan, bagaimanapun agama atau keyakinan itu tidak biasa untuk dirasionalkan bahkan dengan teknologi dan pengetahuan yang super duper hebat….

        • http://afif.elhashif.net/ Afiful Hashif

          Mencari tau itu bukan untuk mengubah statusnya yg haram menjadi halal.

          Mencari tau seperti itu adalah salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah atas karuniaNya berupa akal sehingga kita mampu berpikir.

          Mencari tau seperti itu juga dalam rangka menggali hikmah dibalik ketentuan Allah, sehingga membuat kita semakin yakin akan aturan agama yg hanif ini, semakin bersemangat dalam menjalankan syariat.

          • sentulkenyut

            permasalahannya adalah… beberapa kali ada discuss mengenai kenapa babi haram… kita umat islam seperti bingung menjawabnya… malah jawabannya blunder… karena ini..karena bakteri..karena sifat “kebinatangannya”..lah emang babi binatang…

            tapi nga pernah mau jawab tegas…kalau kita tidak makan babi karena Allah yang melarang…dan kita mengikuti aturan itu..

            coba aja anda cek lagi..atau coba2x tanya ke temen2x muslim… kenapa babi itu dilarang..?

            terus liat…berapa banyak yang menjawab karena dilarang oleh Allah dan saya muslim mengikuti perintah-Nya..?

            dan konyolnya lagi…ada yg memang tidak tahu kalau itu larangan dari Allah…. hahaha…nah..

            silahkan mencoba…

          • http://afif.elhashif.net/ Afiful Hashif

            90% teman saya muslim. Dan kalau mereka semua ditanya “mengapa nggak boleh makan babi?”, pertama, mereka paham betul bahwa itu memang aturan Allah yang harus kita ikuti.
            Kedua, ketika mereka menemukan beberapa sebab dari aturan pengharaman ini, mereka semakin termotivasi untuk mengikuti ketentuan Allah.

            Jadi tidak ada permasalahan apapun tentang diskusi seperti ini.
            Coba terangkan, setelah seseorang taat menjalankan hukum Allah, apa salahnya seseorang mencari tahu sebab turunnya hukum Allah terhadap suatu hal?
            Toh tak jauh berbeda seperti mempelajari asbabun nuzul ayat Alquran.

            Jangan dipermasalahkan. Yang penting, kita tau itu aturan syariat & kita harus mematuhinya. Perkara ada diskusi tentang masalah seperti ini, selama itu benar secara ilmiah & menjadi motivasi untuk semakin taat, jangan dipermasalahkan & dibikin rumit.
            Kalaupun tidak bisa dijelaskan secara ilmiah, maka kita cukup mengerti bahwa itu haram dan wajib bagi kita untuk menjauhi.

            :)

          • sentulkenyut

            “kalau mereka semua ditanya” –> artinya belum ditanya..tapi anda ada ilmu bisa mengetahui jawaban 90% temen muslim anda…

            wah..kalo ini saya nyerah deh mas… terlalu tinggi ilmunya…

            coba baca lagi komen2x saya..saya tidak menyalahkan keingintahuan.. itu sudah lumrah…. jadi jgn beropini kalau saya menjawab beda..maka saya tidak memperbolehkan untuk tau lebih lanjut…

            tapi … anda tidak pernah akan tau maksud saya kalau tidak mencoba membuat riset sendiri…dengan menanyakan “mengapa babi itu haram kebeberapa orang..? “….

            jadi..ah sudahlah…..toh anda sudah bisa tahu sebelum orang lain menjawab kan..?

          • http://afif.elhashif.net/ Afiful Hashif

            Saya pikir nggak perlu ditanya mas. Saya bisa bilang begitu karena sebagian besar teman muslim saya itu teman-teman saya nyantri, teman-teman saya di rohis, dan teman-teman saya yg rajin ke masjid. Jadi saya yakin insya Allah mereka tau & pasti menjawab begitu.. :)

            Kalau saya sendiri memang belum pernah tanya ke orang-orang. Tapi jawaban terawam yang pernah saya dengar “ya dari sononya sudah haram”. Artinya, sebagai muslim, sekalipun dia awam, dia memang tau bahwa ada ketentuan bahwa babi itu haram. Dia tau ada ketentuan itu, tapi dia tidak tau kenapa ada ketentuan itu.

            Lain halnya kalau kita tanya ke orang non muslim.

            Tidak, anda memang tidak menyalahkan keingintahuan. Tapi statemen “agak konyol kalau masih pakai teori2x ginian untuk mengukapkan halal dan haram sesuatu” juga kurang tepat. Karena penulis tidak menetapkan hukum haramnya babi dari penelitiannya..

            Intinya, tulisan seperti ini adalah tulisan yang mengandung hikmah. Karena dengan tulisan ini, orang awam bisa paham “ooh, akhirnya saya tau kenapa Allah mengharamkan babi utk dikonsumsi. mungkin ini sebabnya”. Walhasil, meningkatlah motivasi dalam menjalankan syariat.

            Dan bagi kawan-kawan yg terjun di medan dakwah, pembuktian hukum Allah dari sisi ilmiah ini juga bisa menjadi penting. Karena orang awam yang didakwahi sering bertanya-tanya “kenapa kok hukumnya begitu?”. Kalau si pendakwah tidak tahu, dia memang bisa saja menjawab “itu memang ketentuan Allah. Allah lah yang tahu rahasianya. Yang pasti, semua ketentuan Allah adalah yang terbaik untuk kita yang diciptakan olehnya”, tapi tetap saja yang didakwahi masih bertanya-tanya.

            Nah, kalau si pendakwah tau, dia bisa menjawab dari sisi penelitian ilmiah yang lebih masuk akal.

            Sehingga perintah Allah dalam surat An-Nahl ayat 125 “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik…” ini bisa terlaksana dengan lebih sempurna.. :)

          • sentulkenyut

            nah…itu yg saya permasalahkan…

            mencari tau boleh… tapi hikmah yg diambil…bukan hukumnya..

            karena kalau hikmah/ alasan diharamkan itu datangnya dari Al-Qur’an dan Hadits boleh kita pakai sebagai acuan…tapi kalau dari ilmu pengetahuan… itu bisa ditertawakan…

            yg saya bilang konyol itu “HUKUM” bukan hikmahnya…

            balik lagi…yang mengelitik saya justru cara berdakwah mengutamakan hikmah daripada Hukum asalnya…

            terus kalau si pendakwah itu tidak bisa menerangkan hikmahnya…lalu bagaimana..? halal / haramnya bisa dipertanyakan…? kan tidak…

            kenapa jadi malu untuk mengatakan:

            itu adalah hukum Allah…di Islam melarang..kita wajib mengikutinya..ada hikmah atau tidak…kita WAJIB mengikutinya…

            dulu orang masak babi dengan cara apa..?
            sekarang orang masak babi dengan cara apa.?
            nanti orang masak babi dengan cara apa..?

            apakah sama kandungan bakteri dll ?

            ilmu pengetahun berkembang…nanti bisa saja semua kejelakkan si babi itu hilang dengan system yang ada..skr pun sudah bisa disterilisasi….jadi aman…

            coba kalau anda berpikir anda bukan muslim dan sekeluarga makan babi..terus selama bertahun2x tidak terjadi apa2x… mendenger islam melarang makan babi karena hal2x “hikmah” yg sudah kuno dan tidak terbukti… apa itu tidak jadi tertawaan..

            dan itu sudah saya lihat sendiri…. DITERTAWAKAN…

            kok menurut saya lebih elegan kita menjawab karena itu perintah yang melarang..dan saya mengikuti perintah…lebih simple…
            alasan abadi …sampai kiamat tetap bisa dipakai…dan itu sifat dari Al-quran bukan..?

            bagaimana dengan binatang2x lain…yg haram bukan babi..?

            perlu dicari hikmahnya dulu baru para pendakwa senang..?

            kalau yang didakwai itu bertanya2x…ajarilah mengenai Tauhid…
            menerima keputusan Allah…perintah dan larangannya… bukan membuat para pendenger dakwah itu “senang”…

            apalagi para santri…emang ada jurusan penelitian seperti itu..?

            saya tidak tahu…setau saya tidak ada..yg ada disekolah umum…

            jadi agak tanggung kalau para santri pakai ilmu pengetahuan itu tapi dia sendiri tidak belajar secara benar mengenai hal itu..
            palingan ngambil dari google dan buku2x…dan tidak tahu pengetahuan itu dikeluarkannya kapan..?

            anda tahu bahwa ikan juga banyak mengadung cacing..?

            jangan2x lebih berbahaya daripada babi… lalu apakah ikan jadi haram..?

            ilmu pengetahuan lebih banyak ngurusin logika…

            beda dengan agama…lebih kearah Tauhid dan keyakinan..
            walau agama juga byk mengunakan logika..

            begitu yg didakwah dikasih tau mengenai bahaya cacing di babi…terus mereka juga mengetahui kalau ikan mengandung cacing…lalu timbul lagi pertanyaannya bukan..?

            atau si pendakwah itu sudah mengungkapkan hikmah panjang lebar…ternyata bisa dibantah semua dengan ilmu pengetahuan juga… apa jadi tidak lebih malu tuh pendakwa tsb..?
            coba anda berdakwa kepada ahli gizi/makanan misalnya… mengenai kalau babi haram karena bla..bla..bla.. mungkin dia tersenyum saja karena yg mendakwa terlihat jelas ketidaktahuannya dgn perkembangan ilmu sterilisasi makanan yang ada sekarang…

            pernah dengar sterilisasi daging olahan dengan radioaktip..?
            google aja deh…mengenai sterilisasi daging…biar tahu perkembangan ilmu pengetahuan..

            itu jaman sekarang….gimana dijaman akan datang.. ?

            saya tambahin dikit… ilmu cacing di babi itu saya tahu sudah 30 tahun yang lalu..waktu saya masih kecil… dan saya percaya babi haram karena itu… nah..skr..? hehehe… masa mau pake teori yang umurnya udah puluhan tahun..memamngnya tidak berkembang yaa ilmu pengetahuan dan teknologi…

            palagi ilmu pengtahuan & teknologi kita jauh dibandingkan dengan negara eropa/amerika/jepang yang ilmu pengatahuan dan teknologinya leih tinggi..

            lebih keliatan kita umat islam sangat terbelakang…dan lagi “konyolnya: kita tetap meyakini sesuatu hal yang sudah basi…dan berdiri tegap…ironis bukan..?

            akhirnya jadi telur dan ayam…

          • aser

            aku sukasemua comen anda makasih ya

          • si ganteng

            Saudara sentulkenyut
            Dari nama anda saja sudah membuktikan bahwa anda memang orang yang menggunakan akal tapi tanpa ilmu (terbukti anda dapat memberikan komentar menurut seenak perut anda sendiri)

            Sudah jelas dikatakan diartikel diatas dan tidak perlu saya beberkan lagi, ataukah memang dibeberkan karena anda idealis dan bodoh.

            Saya mau tanya, apa tujuan anda hidup diDunia ini. Apakah anda penting buat saya dan orang2 lain yang berkomentar disini. Menurut saya jawabannya sama dengan apa fungsi babi (coba dicerna, kalo gak mudeng berarti anda bodoh, tapi idealisnya tetep)

            BAnyak orang bodoh yang merasa pintar (ya salah satunya anda) dengan mengedepankan urusan mayoritas, dan ngikut pada tren mode. Anda bilang banyak orang yang makan babi trus mendominasi. Anda bisa tahu darimana mereka yang mendominasi itu makan babi, tolong digaris bawahi layaknya seperti orang pintar, berakal dan berilmu.

            Islam itu Logika, dan mengajarkan kita untuk berilmu. Bukan dengan bacot yg tidak berdasarkan apapun, dan jangan bicara back to basic, karena memang anda basicnya gak jelas.

            Tau HukumNya, harus tahu Sebab dan Akibatnya

          • sentulkenyut

            hahaha..kalo mau marah2x salah tempat bos…

            masalah saya bodoh itu benar..sok pinter juga mungkin benar..
            terserah deh….

            saya tidak bisa byk mengomentari anda…karena nga ngerti maksudnya apaan…

            coba terangkan saja secara terpola …

            ada dimana(dalil) Tau HukumNya, harus tahu Sebab dan Akibatnya..?

            kalau ada orang tidak tahu sebab dan akibatnya..maka hukumNya batal dong… ?

            itu saja dari hamba yg bodoh ini..makasih..

          • si ganteng

            hahaha..kalo mau marah2x salah tempat bos…

            masalah saya bodoh itu benar..sok pinter juga mungkin benar..
            terserah deh.
            (haha .. saya tidak marah hanya memperjelas bahwa anda itu hanya menggunakan akal, namun tidak memperdulikan ilmu, jelas yg diterangkan artikel diatas adalah sebuah ilmu yang meski kita pelajari agar dapat nantinya diterangkan kepada yg membutuhkan, justru kalo anda bilang ya itu memang sudah hukum Allah … Benar, lalu apa penjelasannnya ? karena anda tidak perduli dan tidak mau menyimak, ya sekali lagi pantaslah kalao anda saya bilang bodoh.. walau saya belum tentu pintar)

            saya tidak bisa byk mengomentari anda…karena nga ngerti maksudnya apaa
            (nah benar apa yg saya bilang bahwa anda tidak akan mengerti maksud saya, karena anda hanya menggunakan akal menjawab komentar saya. saya sarankan anda tidak perlu terlalu defensif, banyaklah belajar. Islam mengajarkan umatnya bukan hanya berakal namun harus berilmu, orang yang berilmu maka adalah orang yg selamat)

            ada dimana(dalil) Tau HukumNya, harus tahu Sebab dan Akibatnya..?

            (Coba disimak .. apakah ada saya bicara tentang dalil. maaf bung itu sekedar opini saya, saya tidak suka copi paste tanpa tahu dan faham artinya… sekiranya saya tidak perlu menerangkan apapun, dari statement anda pun sudah jelas “coba terangkan secara terpola” itu membuktikan kelas anda.)

            kalau ada orang tidak tahu sebab dan akibatnya..maka hukumNya batal dong… ?

            (nah ini satu lagi bukti bahwa anda judge the book by the cover.. coba anda terangkan hal apa yang dapat memperkuat tentang hukumnya batal karena seseorang tidak tahu akan sebab akibat apa yang dilakukannya. Sepengetahuan saya hanya manusia yang kurang waras, atau mengalami gangguan jiwa yang dapat dibatalkan hukuman karena ia tidak mengerti dengan apa yang ia lakukan. Ingat Mas Bro… Islam agama yang logis. terbukti semakin maju zaman ini, para ilmuwan sudah mulai menemukan penjelasan2 tentang kebenaran ayat2 Al-Quran. JAdi anda kalau bicara sekedar perintah… ketinggalan kereta mas bro, bagemana anda bisa menjelaskan kepada anak, iastri, keluarga, tetangga anda kalo hanya bisa jawab “Itu LArangan dan Itu Perintah Allah”
            Lalu bagaimana anda bisa membuktikan bahwa Islam agama yang hebat, kalau manusianya se=kelas anda, be smart mas bro.. accept the reality, see the truth with your own eyes, and don’t say something without knowing the real fact., malu saya… orang islam yang berilmu lainnya juga malu..)

            itu saja dari hamba yg bodoh ini..makasih

            (sama-sama tapi saya tidak mau jadi orang bodoh tanpa ilmu)

          • sentulkenyut

            wah..masbro yang bodoh tapi berilmu… nyerah saya.. mendingan anda baca tulisan saya dengan hati yg terbuka… yg saya tentang bukan mempelajarinya…tapi justru nyuruh pakai alasan yang tidak kuno…. itu kalau anda mengerti tulisan orang bodoh kayak saya..

            saya jelaskan ke anak istri saya simple… itu larangan Allah.. jangan kayak pengikut nabi2x yang terdahulu…minta2x bukti..setelah dibuktikan oleh para Nabinya…tetap saja ingkar….

            kalau perintah pun demikian…make it simple..

            kalau ada hal2x yang mengandung khidmat…itu keuntungan yang bisa kita nalar saat ini.. bukan untuk masa depan..

            lebih baik mengajak berpikir mengenai hal2x yg umum..bukan perintah dan larangan..seperti kejadian bumi, siang dan malam dll… diayat seperti itu kita disuruh berpikir…

            atau ada ayat yang menyuruh / melarang dari Allah terus diakhiri dengan kata “tafakarun” / Berpikir..? kalau ada tolong kasih tau saya yang bodoh ini…

          • Reza Eza

            seharusnyalah kita sebagai umat, menjauhi segala larangan-Nya dan menjalankan perintah-Nya, tapi kita juga perlu untuk mengetahui kenapa itu di larang, karena banyak kaum non muslimin yang sering menanyakan alasan mengapa Babi itu di larang? (pengalaman pribadi, saya hidup di Luar Negeri, boss n kelgnya pun menanyakan, dan saya menjelaskan bla n bla akhirnya mereke paham dan mengiyakan apa yang saya jabarkan)

          • ihwan

            mas sentul kenyut yang baik, coba buka surat Ar-rahman 32, Allah mengizinkan manusia untuk mencari ilmu ke seluruh penjuru langit dan bumi dengan kekuatan, ini maknanya Allah menyuruh kita untuk berfikir segala ketentuannya. masalah haram-halal kalau tanpa ilmu akan menyebabkan perpecahan, saya mengerti maksud mas sentul kenyut yaitu untuk sami’na wa’ato’na. tapi sami’na waato’na yang tanpa ilmu akan berbaya untuk diri sendiri nantinya. anggap saja ada alquran yang menjabarkan haram babi, khamar dll, kalau g dibekali ilmu bisa tersesat..kita perlu bertanya ke ulama, minta pendapat ahli dalam bidangnya. jadi tidak perlu dipermasalahkan ada penjelasan secara kesehatan keharaman babi jikalau untuk menambah keimanan kita. wallahualam

          • sentulkenyut

            saya nga melarang mencari ilmu… sudah jadi budaya indonesia bener kayaknya… nga agama atau politik… sama aja..

            coba baca2x lagi tulisan saya…apakah saya nulis itu tanpa berpikir..? apakah teori kuman dan cacing itu sudah KUNO itu tanpa berpikir..?
            apakah teknologi tercipta itu tanpa berpikir..?

            kok terlalu gampang mendokrin orang itu ngomong tanpa berpikir..?

            apakah orang meyakini teori babi bla..bla..bla..dari jaman dahulu sampe sekarang…walau sudah banyak perubahan termasuk orang yang berpikir..?

          • ivanblues

            wah kayaknya anda termasuk kategori org pintar2an bukan org pintar ( klu pintar2an taunya cuma jawab dengan emosi) tp klu org pinta jawabnya dengan tenang dan pasti . hmmmmmm paokkkkkkkkkkkk

          • si ganteng

            si iivanblues ama sentul kenyut satu pabrik kyknya nih.. mudah sekali tepancing dengan kata2 dengan intonasi tinggi.. membuktikan kelas orang yang tak berilmu.. kasiaan kasiaan

          • sentulkenyut

            Alhamdulillah bener mas…ilmu saya jauh bener…

          • aser

            aku setuju atas semua coment mu(si ganteng)anda mempunyi wawasan yg sangat luas ya,makasih

          • ivanblues

            masalah babi aja kok jd tension sih. udah ngga usah dibahas2 mendalam banget. coba aja deh anda rasin dikit aja pasti anda tahu rasanya dan bener yg dikatakan oleh sentul kenyut gitu aja kok repotttttt

          • si ganteng

            Saudara sentulkenyut
            Dari nama anda saja sudah membuktikan bahwa anda memang orang yang menggunakan akal tapi tanpa ilmu (terbukti anda dapat memberikan komentar menurut seenak perut anda sendiri)

            Sudah jelas dikatakan diartikel diatas dan tidak perlu saya beberkan lagi, ataukah memang dibeberkan karena anda idealis dan bodoh.

            Saya mau tanya, apa tujuan anda hidup diDunia ini. Apakah anda penting buat saya dan orang2 lain yang berkomentar disini. Menurut saya jawabannya sama dengan apa fungsi babi (coba dicerna, kalo gak mudeng berarti anda bodoh, tapi idealisnya tetep)

            BAnyak orang bodoh yang merasa pintar (ya salah satunya anda) dengan mengedepankan urusan mayoritas, dan ngikut pada tren mode. Anda bilang banyak orang yang makan babi trus mendominasi. Anda bisa tahu darimana mereka yang mendominasi itu makan babi, tolong digaris bawahi layaknya seperti orang pintar, berakal dan berilmu.

            Islam itu Logika, dan mengajarkan kita untuk berilmu. Bukan dengan bacot yg tidak berdasarkan apapun, dan jangan bicara back to basic, karena memang anda basicnya gak jelas.

            Tau HukumNya, harus tahu Sebab dan Akibatnya

          • christyn sihombing

            manusia diciptakan dengan otak,coba baca sejarah ilmuan non muslim atau pun muslim

          • sentulkenyut

            banyak binatang juga diciptakan dengan otak…

        • ivanblues

          klu kata bos saya sih( org cina) org yg ngga makan tu babi jadi bodoh kita liat aja negara2 yg kurang makan babi cuma cari persoalan aja bukan solusi yg bisanya cuma adu domba kwkwkwkwkwkwkw

          • christyn sihombing

            jadi,……kita mesti makan babi?ikan gmna?sayuran?
            anda makan babi?pencapaian apa yg anda lakukan utk negara atau utk diri anda?

          • Ikhsan Arby

            Lucu sekali. Yahudi gak makan babi… kenapa mereka pintar2?

        • christyn sihombing

          hmmm,penyakit itu datang dari hati dan sugesti kita
          klu diibaratkan kayak zina,banyak orang yg melakukan,jutaan lebih,mereka tau itu haram tapi tetep,
          sesuatu itu pastilah ada blasannya,baik ke diri kita atau orang penerus kita

          saya pernah membaca
          “dengan Al-Quran,mereka diberi hidayah dan dengan Al-Quran mereka disesatkan,jika kamu setengah2 menggigit”

        • Andre Bagoes

          tenang…tenang…tenang…,semuanya tenang,d akhir zaman nanti akan munculseorang imam al mahdi…, dia di tugaskan dengan nabi Isa as oleh Allah membunuh seseorang yang bernama Dajjal dan hewan yang bernama babi, dan itu sdah pasti klu anda seorang muslim

      • muhamad azhar

        Ane setuju kenapa kita harus cari tau halal atau haramnya sebuah hukum Allah,simple sebenernya ketika kita merasa sbg muslim harusnya kita tau essensi dari sebuah kata iqra,klo gak ada para pemikir2 islam gak kan ada tuh yang namanya ibnu sina, dan kita tahu kecetdasan buatan yang pertama kali membuatnya dari seorang muslim, so islam tidak lah berbenturan dengan logika, namun islam adalah sumbernya ilmu,tapi bagi mereka yang ingin menhancurkan islam selayak nya bangsa nasrani dan yahudi maka mereka akan menerima agama yang kayak akan ilmu ini dengan kemalasan yang tidak menggunakan akal nya dan tidak mau memahami qalam Allah ingat satu kata jika kita muslim harus nya kita setuju dan dengan kata Iqra, dan klo mencari suatu sebab akibat bukan berarti kita mau merubah hukum dasarnya,tapi kita hanya mau agar umat islam menjadi cerdas dan lebih bertaqwa ,bukan merubah tapi balik lagi ke esensi iqra

        • sentulkenyut

          betul umat islam harus cerdas…jangan mau dibohongin oleh teori udah kuno…. cari teori yang baru….biar nga diketawain oleh agama sebelah… jangan kayak katak ditempurung… kita berpikir kita pintar…tetapi ..ah sudahlah…

    • Su Tis Na

      ibadah tanpa ilmu seperti orang buta menggunakan senter untuk penerangnya.

      • sentulkenyut

        iya betul… semoga kita bukan orang buta itu..

        • Suryo Saputro

          ya kalo mau jadi orang yang nggak buta, harus cari macem2 itu lah bro…. ga bisa cuman manut2 aja tanpa cari bukti… :)

          • sentulkenyut

            gpp cari aja macem2x..selama jawaban pertamanya memang diharamkan dan kita mengikuti perintah Allah… tapi ya itu tadi.. ente jawab pertanyaan gitu ke orang non muslim misalnya… ente membawa bendera islam…. nah… maksudnya jgn ampe bikin malu… udah saya jelaskan kenapa jawabannya ditertawakan ….

            jawaban “kuno” yaa sama aja itu dengan orang buta… sok atuh dipelajari ilmu terbarunya…kasihan dicekokin jawaban cacing mulu… udah puluhan tahun nga maju2x…

          • kakaimey

            setuju banget bang,….. bukanya dah dijawab bahwa cacing, bakteri dll sebagian sudah ada penanggulangannya? kenapa bisa? itulah ciri2 orang yang berpikir.

          • sentulkenyut

            nah….akhirnya ada juga yg ngerti esensi “berpikir” secara luas….

        • mel

          doa yang tepat : semoga allah memberi hidayah kepada anda untuk mengoperasi kebutaan anda

          • sentulkenyut

            Alhamdulillah…makasih doa hidayahnya…

    • Didik Prayitno

      saangat setuju degan sentulkenyut…..haram ya haram…ngapain cari cari alasanya, kalau soal penyakit..virus…cacing atau apapun…hampir semua hewan kena, contohnya flu burunig, antrax dll…kalau kita mengaku islam, ALLOH mengatakan haram ya haram, kalau non islam bertanya apa sebabnya, jawabnya cuma satu…sebab ALLOH mengharamkanya. TITIK

    • Dedet Sukriadi

      allah menciptakan sesuatu pasti ada sesuatu yang harus di pikirkan atau di cari maksud nya ( di telaah ) sama seperti allah menurunkan alqur`an dan di suruh di baca lalu di telaah isi nya!!!!,,kalau hanya untuk patuh saja sama saja kita dengan robot dan gak akan maju islam…..

      • sentulkenyut

        yup betul…nga akan maju …sama halnya nga bakalan maju orang yg pegang teori yg sudah terbantahkan….

        patuh itu harus…tanda kita ber Tuhan… kadang memang kita harus patuh tok… tanpa embel2x berpikir…

        contoh… Nabi Ibrahim disuruh menyembelih Ismail…kalaulah Nabi Ibrahim AS mengandalkan otaknya dan berpikir saja…mungkin Idul Adha nga pernah ada…..

        jadi patuh itu utamanya……tanda tunduk seorang Hamba ke Khaliknya..

        ada atau tidaknya hikmah…itu urusan belakangan…
        tau atau tidaknya hikmah…itu tidak wajib…

        mengetahuinya…lebih utama..ada pahala yg diberikan..

        sampe sekarang ada yg bisa jelaskan kenapa kita sholat subuh 2 rekaat..? kenapa nga tiga..? empat..? lima ? dst..?

        kenapa zhuhur 4 rekaat..? kenapa nga dua..?

        dari dulu sampe sekarang belum terjawab tuh…

        itulah patuh…

        karena ada ciri2x umat islam… jumlah sholat, apa yg boleh dimakan atau tidak..pakaian… itu lebih kearah ciri2x…

        kalo saya sholat subuh 4 rekaat…artinya saya bukan orang islam..bukan..?
        atau saya sholat zhuhur pada waktu malam.. artinya saya bukan orang islam..

        karena umat islam ada ciri2xnya….

        sama halnya karyawan suatu perusahan pakai pakaian seragam tertentu…tujuannya untuk membedakan karyawan disuatu perusahaan dengan perusahaan lain…

        kenapa harus dibedakan… ya Allah mau membedakan manusia yg menyembah-Nya dan mengingkariNYA…. walau diantaranya ada golongan munafik..

    • Ikhsan Arby

      Saya kurang setuju dengan pemahaman anda yang “nrimo saja”. Allah lebih menyukai orang yang ibadahnya biasa2 saja namun tahu tujuan dia beribadah. daripada orang bodoh yang beribadah siang malam tapi gak tau makna dan tujuannya buat apa.
      menyinggung soal babi tadi, memang babi di sana (usa misalnya) sudah bersih namun tentu ada hal2 hal lain yang menyebabkan babi tersebut di haramkan, bukan dari sains saja.

      • sentulkenyut

        yaa..saya setuju..kita jangan mau nrimo saja…terutama nrimo teori yg udah kuno…dipake terus2xan..ampe kapan..? coba tanya ama temen2x yang kerja atau bergelut didunia industri makanan….pasti tau tuh teknologinya…

        FYI..saya kerja diindustri makanan…makanya sedikit ngerti mengenai si kuman2x dan si cacing itu….

        • Ade Ariyo Yudanto

          ya benar juga si sentulkenyut ,jangan nrimo saja ,tapi juga harus cari alasannya . masalahnya adalah jangan pakai ALASAN YANG KUNO tapi cari alasan yang baru yang lebih bisa dimengerti oleh orang modern saat ini . Oleh karena itu kita harus menggunakan akal kita untuk menemukan alasan yang baru jangan terus2an pakai alasan yang lama

          kira2 begitulah maksud dr kata sentulkenyut menurut saya . Mudah2an anda semua bisa mengerti

    • Brhndn Blekok

      ILMU TANPA AGAMA BUTA …
      dan
      AGAMA TANPA ILMU LUMPUH …

    • Imam Mucholis

      Allah akan menghargai orang yang beriman lagi berilmu beberapa derajat diatas orang yang ahli ibadah ……. karena orang Ahli ibadah hanya petuh pada perintah dan larangan ,,, sedangkan orang berilmu paham betul alasan-alasan kenapa dia harus mematuhi dan menjauhi larangan ….. Islam searah dengan ilmu pengetahuan …. apa yang ada di Al Quran pasti gak akan berentangan dengan ilmu pengetahuan ,,,,,

      • sentulkenyut

        betul…termasuk berilmu dengan mengetahui bahwa kuman bisa dihilangkan / dimatikan.. cacing bisa dimatikan…itu juga ilmu yg berkembang… di dunia ilmu pengetahuan juga sudah biasa…suatu teori bisa dibantah dengan teori baru…

        coba bayangkan kalo dulu orang cuman tau bahwa bumi itu datar…terus dengan dalih dia berilmu…maka memakai teori tsb sampai kini…lucunya dia merasa bahwa yg bilang bumi itu bundar orang yg nga berilmu…hehehehe..
        karena nga sesuai dengan “keinginannya”…

        itulah ibaratnya (menurut saya)….

        • Imam Mucholis

          Saya termasuk orang yang mengimani Al Quran , dan semua yang tertulis di Alquran adalah kebenaran, dan akan terus relevan sampai kapanpun.

          Manusia diciptakan bersuku-suku, berbangsa-bangsa , beraneka ragam, saya juga menyadari dan mempercayai betul, dan itu pula yang tertulis di dalam Alquran.

          Di tengah kenyataan bahwa cara manusia berfikir yang beragam , Al quran tetap akan benar meski dikaji oleh manusia dengan bidang apapun , entah bidang biologi, fisika, design , sastra , maupun bidang agama itu sendiri.

          Ada tipikal orang yang hanya base on ayat, instan, yang hanya percaya akan ayat , ya slahkan. Namun ada pula oran yang base on ilmiah yang menitik beratkan pembuktian. ya silahkan ,,,, karena sayapun yakin selama pembuktian nya sunggung-sungguh akan terbukti bahwa apa yang dikatakan Al Quran benar.

          Manusia memang terbatas, seperti di awal dulu mengatakan bahwa bumi datar, dan bumi pusat tata surya. Namun seiring berjalannya waktu teori itu terbantah dengan bahwa bumi itu bulat dan pusat tata surya adalah matahari. Apakah sebelumnya mereka mengetahui Al Quran ? tidak, bahkan yang menemukan bahwa matahari pusat tata suryapun juga berdasarkan penelitian , bukan Alquran dulu, artinya bahwa apapun model penelitianya, hasil akhirnya akan sesuai dengan alQuran.

          Seperti kasus babi ini, sekarang peneliianya lebih ke bakteri / cacing , dan ilmu pengetahuan memang membuktikan bahwa memang ada bakteri dalam daging babi.

          seperti anda katakan bahwa sekarang ilmu pembunuh bakteri sudah berkembang. Lalu apakah di kenyataan sudah terbukti untuk jenis babi. apakah daging-daging babi yang dimasak memakai pembunuh bakteri, ya ilmu pengetahuan akan berkembang, bisa jadi kedepan ada penemuan baru, bisa jadi karena gen nya , susunan kromosom nya wallahua’lam. Namun saya percaya akan tetap menghasilkan kesimpulan bahwa memang babi haram, karena tertulis di Al quran haram.

          yang menciptakan Al quran adalah Allah, yang menciptakan prinsip Alam pun Allah, so tenanglah, tidak akan pernah ada pertentangan , selama ilmu pengetahuan itu di laksanakan dengan benar.

          sekali lagi bahwa manusia diciptakan dengan pola pikir yang beragam. Dan dari pola fikir yang beragam itu akan menyimpulkan kesimpulan yang sama apa bila dia beriman. Yakni bahwa memang benar Allah itu maha Esa, menang benar bahwa Allah itu maha Kuasa. Bahwa menag benar segala yang ada dalam Firman-Nya.

          (ini juga menurut saya)

    • Rikha

      Setuju bahwa Islam mengajarkan konsep kepatuhan. Tapi saya juga pernah mendengar bahwa Islam sejatinya menciptakan kaum “tengah”. Apabila dikatakan bahwa kaum Yahudi amat mengandalkan akal sehingga hatinya tertutup dan kaum Nasrani amat mengandalkan hati sehingga logikanya tertutup (saya tidak mengklaim bahwa umat Nasrani bodoh, bukan, anda akan menjumpai jutaan jenius dari kaum Nasrani, yg cb sy katakan adalah ada beberapa konsep Ke-Tuhan-an kaum Nasrani yg tidak masuk diakal, seperti Ke-Tuhan-an Yesus Kristus sendiri), apabila kedua kaum ini merupakan kaum “ekstrim”, maka Muslim adalah kaum tengah, kaum yg menggunakan baik akal dan hati :)
      Islam HARUS logis! Itu yg tertulis d Al-Qur’an. Karena nalar adalah sumber keyakinan dan kepatuhan. Dari pikiran jatuh ke hati. Ketika Allah berfirman ttg sesuatu, maka tugas kita adalah mempelajarinya, meneliti, dan menyebarkannya. Bukan menerimanya mentah2. Otak kita diciptakan untuk satu tujuan, berpikir.
      Alasan kenapa agama selalu diibaratkan sebagai candu bagi orang2 bodoh adalah, karena ia dilihat hanya bisa memerintah orang, menggiring orang kesana-sini, dan yg digiring hanya manut saja. Islam bukan seperti itu. Saya tidak melihat agama saya seperti itu.

  • eka

    Alhamdulillah artikelnya sangat bermanfaat, maaf saya mohon ada penjabaran terkait perempuan yg mencerei gugat suaminya akibat suami tidak dpt menjlnkan kewajibanya dan nyawa istrinya terancam keselamatanya, jika sang mantan suami telah menyadari kekeliruanya dan meminta kembali kepada istri demi anak2nya dan masih menyayangi mantan istrinya gmn hukumnya dan harus bagaimana…..? terima kasih

  • Rita TP.

    Setahu saya, babi mempunyai jumlah kromosom sama dengan manusia, sehingga memudahkan penyakit terutama virus setelah menyerang babi (sbg vektor) mudah menyerang manusia.

  • wifik akhyar

    ketika sesuatu telah dilarang Alloh dalam Al-qur’an, maka tugas kita melaksanakannya, gak perlu bertanya kenapa, bagaimana dll, karna justru akan membuat seseorang merubah dari haram ke halal…

    • http://afif.elhashif.net/ Afiful Hashif

      Mencari tau itu bukan untuk mengubah statusnya yg haram menjadi halal.
      Gimana bisa seseorang mengubah yg haram menjadi halal kalo udah tau tentang hal-hal menjijikkan dari apa yg diharamkan oleh Allah seperti pada tulisan di atas?

      Mencari tau seperti itu adalah salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah atas karuniaNya berupa akal sehingga kita mampu berpikir.

      Mencari tau seperti itu juga dalam rangka menggali hikmah dibalik ketentuan Allah, sehingga membuat kita semakin yakin akan aturan agama yg hanif ini, semakin bersemangat dalam menjalankan syariat.

    • Suryo Saputro

      setuju sama pendapat bang afiful…. salah satu tujuan kita diberi akal juga buat berfikir dan mencari bukti2 seperti ini bro… kalo cuma manut2 aja nanti bisa dibilang muslim itu kolot bro, padahal nggak. Harus sesuai sama zaman dong, jadi bukan hanya manut tanpa tahu alasannya. :)

  • Salsabila Thamrin

    Apakah saudar sudah mengecek Al quran Khusunya Al Baqarah:137? apakah Tuhan Memang betul menyebut langsung Nama Binatang Babi? atau Hanya Tafsiran Ulama? sepengetahuan saya وَلَحْمَ الْخِنْزِيرِ Arti Harfiahnya Daging yang kelihatannya Nampak Buruk ( daging yang sudah Mengalami Proses pembusukan). salam

    • Zul

      sebaiknya perdalam dulu bahasa arabnya baru komen ya… jelas-jelas الْخِنْزِيرِ itu tidak ada arti lain kecuali babi,,,

    • Juanz Ju

      HIHIHI MAS SALSABILA ITU AYATNYA SALAHHHHH,,AL BAQOROH AYAT
      173 KALI HAAAAAAAA

      • christyn sihombing

        ==”
        yg berbobot dong komennya mas

    • Don Brawijaya

      Khinjir adalah babi, jadi lahmul khinjir adalah daging babi

  • ichasanusi

    “Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah) (QS: Al Baqarah ayat 269 )

    Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran. (QS: Shaad 29)

    dan masih banyak lagi ayat-ayat Al Quran yang memerintahkan umat Islam untuk berpikir. Cukup jelas, Allah menganugrahkan akal dan pikiran kepada manusia agar manusia bisa lebih memahami perintah dan larangan pada Al Quran. dan apabila pemahaman kita menimbulkan keraguan maka kembalikan pada Al Quran.
    Alif lam mim. Turunnya Alquran yang tidak ada keraguan padanya (adalah) dari Tuhan semesta alam. (Q.S As Sajadah: 1 dan 2)

    Sesederhana itu, artikel yang bagus, sayang beberapa komentar disini justru menunjukan sikap apatis dan keengganan berpikir.. Sejarah mengajarkan majunya Islam karena kaum berpikir yang berpegang teguh pada Al Quran bukan pada kaum yang menjalankan perintah dan menjauhi larangan tanpa tahu hikmah di dalamnya..

  • Abdul Malik

    Ralat sedikit Admin, kesalahan penulisan ayat pada paragraf terakhir (QS. Al-Maidah [5]: 59) seharusnya (QS. Al-Maidah [5]: 60)

    Katakanlah: “Apakah akan aku beritakan kepadamu tentang orang-orang yang lebih
    buruk pembalasannya dari (orang-orang fasik) itu disisi Allah, yaitu orang-orang
    yang dikutuki dan dimurkai Allah, di antara mereka (ada) yang dijadikan kera dan
    babi[424] dan (orang yang) menyembah thaghut?.” Mereka itu
    lebih buruk tempatnya dan lebih tersesat dari jalan yang lurus.

  • Abdul Malik

    Ralat sedikit Admin, kesalahan penulisan ayat pada paragraf terakhir (QS. Al-Maidah [5]: 59) seharusnya (QS. Al-Maidah [5]: 60)

    Katakanlah: “Apakah akan aku beritakan kepadamu tentang orang-orang yang lebih
    buruk pembalasannya dari (orang-orang fasik) itu disisi Allah, yaitu orang-orang
    yang dikutuki dan dimurkai Allah, di antara mereka (ada) yang dijadikan kera dan
    babi[424] dan (orang yang) menyembah thaghut?.” Mereka itu
    lebih buruk tempatnya dan lebih tersesat dari jalan yang lurus.

  • Wisnu Hendrata

    Min, setahu saya, unta itu halal di makan?tapi di tulisan kok unta haram?
    yg bner yg mana neh?

    • Abdurrahman

      Lihat referensinya mas (ada di catatan kaki).Yang mengatakan unta haram itu dari Perjanjian Lama. Bukan dari Al Qur’an.

      • Wisnu Hendrata

        makasih pemberitahuannya Mas

  • ivanblues

    berzinah , narkoba, main judi, apa itu ngga haram gitu aja kok repot mendalam kali bahasannya. lebay nie artikel copas punya org pulak lg

    • si ganteng

      ni lagi orang bodoh asal goblek..

      • haira cinta

        ganteng bener bgt

    • Adi Rahadi

      Lebay kok teriak lebay.
      Namanya ilmu pengetahuan ya harus dipelajari secara mendalam dong.
      lagipula elo salah kamar, artikelnya bahas babi elo malah bahas yg laen.
      ibaratnya situ bertanya tentang IPS, tapi tanya’nya ke guru IPA.

      Oke gw jawab, ketiganya juga haram.

    • christyn sihombing

      hmmmm…gmna ya?berzina iyalah haram…dosa besar,narkoba juga…judi juga,,,
      klo kita mendalami sebuah ilmu…hrus lah dalam…klo nggak,gmna bsa orng buat mobil,hape,dan bentuk gaya pakaian…
      anoo… mas pernah sekolah kan?punya orang tua kan?
      pasti tau… kan?
      klu pun copas…syukur… jadi udah ada yang sebelum kita dah tau dan mas dah lama pula tau…tpi lola

  • achmad jaelani

    mengapa hewan2 itu di ciptakan …….? yaitu sebagai i’tibar agar manusia tidak seperti hewan….lihat surat Al araf : 179

  • okabasi doma

    Mengapa babi diharamkan bagi umat Islam? jawaban singkatnya, hanya orang orang kafirlah yg menyantapnya(mengkonsumsinya) sekaligus bertabiat jorok/najis dalam kehidupan sehari-hari–walau kenyataannya dia mandi 3 kali sehari, berpakaian bersih berpendidikan tinggi– pagan/musrik.

  • [email protected]

    di kaherah… babi digunakan untuk melupuskan sampah… bahan pepejal yg tidak boleh dilupuskan oleh manusia…

  • lazibtjantri

    babi knp di makan org china? dan di gunakan sebagai pelindung rumah?

  • Zitiq

    Akal dan pikiran manusia terbatas, jangan so komen knp atau bagaimana, so pinter amat, tp kenyataannya ga pinter. wkwkwkwk. yang tau knp dan bagaimana hanya Yang Maha Tau Segalanya = Allah SWT.

  • Mah Mud

    Kalau Benar Injil Mengaharamkan babi… Tapi kenapa Para kristenis disini. terutama Ruhut bilang nih Hewan Enak Kali…Mungkin ini yang bikin suaranya seperti BB…

  • Kuat Kurniawan

    Cakep mas artikelnya…walaupun ada yg bilang COPAS, tapi ini adalah dakwah yg harus disebarluaskan.Bukankah para ulama, para kiyai dan para pembesar2 agama bahkan manusia sendiri juga COPAS..kiyai copas dari alquran, dan semuanya Copas dari Allah SWT…manusia hanya bertugas sebagai kholifah di muka bumi ini.. cakep mas..sekali lagi cakep..kl bisa yg lainnya juga di sebarkan agar supaya kita semua dapat faedahnya…aamiin…

  • Alifya Fauziah

    agreeeee…

  • adi

    nice posting pak ustadz, boleh saya copy untuk di sebarkan ilmu nya ?

  • Solekha Subari

    bermanfaat kepada semua

  • gadis pintar

    Ikut diskusi iSejak awal penciptaan binatang, Tuhan tidak pernah mengatakan bahwa
    ada binatang yg tdk boleh dimakan, ini bisa dibuktikan dengan ayat
    alkitab,

    Kejadian 9 : 1-6

    9:1 Lalu Allah memberkati Nuh dan anak-anaknya serta berfirman kepada
    mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyaklah serta penuhilah bumi.

    9:2 Akan takut dan akan gentar kepadamu segala binatang di bumi dan
    segala burung di udara, segala yang bergerak di muka bumi dan segala
    ikan di laut; ke dalam tanganmulah semuanya itu diserahkan.

    9:3 Segala yang bergerak, yang hidup, akan menjadi makananmu. Aku
    telah memberikan semuanya itu kepadamu seperti juga tumbuh-tumbuhan
    hijau.

    9:4 Hanya daging yang masih ada nyawanya, yakni darahnya, janganlah kamu makan.

    9:5 Tetapi mengenai darah kamu, yakni nyawa kamu, Aku akan menuntut
    balasnya; dari segala binatang Aku akan menuntutnya, dan dari setiap
    manusia Aku akan menuntut nyawa sesama manusia.

    9:6 Siapa yang menumpahkan darah manusia, darahnya akan tertumpah oleh
    manusia, sebab Allah membuat manusia itu menurut gambar-Nya sendiri.

    Dari permulaan nabi Nuh, Tuhan tdk pernah ada mengharamkan binatang,
    hanya darah saja yg haram ! Baca ayat 3 : Segala yang bergerak, yang
    hidup, akan menjadi makananmu. Aku telah memberikan semuanya itu
    kepadamu seperti juga tumbuh-tumbuhan hijau.

    INI ADALAH DASAR ORG KRISTEN BAHWA SEGALA YG BERGERAK YANG HIDUP AKAN MENJADI MAKANAN MANUSIA

    Pada zaman Abraham pun tdk ada perintah tdk boleh makan babi dll,
    padahal keturunan Abraham lah yg akan dipilih menjadi umat pilihan.

    Ketika jaman Musa, setelah bangsa Yahudi keluar dari Mesir ada
    perjanjian halal & haram soal makanan dengan Tuhan karena sdh
    diselamatkan keluar dari Mesir, berarti sebelumnya ya semua makan.baik
    org Yahudi atapun bangsa diluar Yahudi contohnya org Mesir juga makan.

    Orang Muslim selalu menuduh org Kristen tidak mentaati perjanjian dengan
    Tuhan, padahal perjanjian itu kan dengan org Yahudi bukan org Kristen.

    Kenapa tentang makanan yg halal & haram baru ada setelah Musa
    mengeluarkan bangsa Yahudi dari Mesir, bukan dari manusia pertama yaitu
    Adam. Dari awal tdk ada perintah bahwa babi haram, perintah itu
    diberikan khusus kepada bangsa Yahudi zaman Musa. ni…

    • Sumitra J. Firdaus

      Anda mengatakan “INI ADALAH DASAR ORG KRISTEN BAHWA SEGALA YG BERGERAK YANG HIDUP AKAN MENJADI MAKANAN MANUSIA” berarti bilamana manusia itu makhluk yang bergerak dan hidup, sesama manusia diperbolehkan untuk saling memakan, atau istilahnya kanibalisme????????? Begitukah???

      • wiratbn

        hihihihi..
        bener banget tu bg sumitra..
        mungkin agama mereka menghalalkan semua yg bernyawa dan bergerak..

      • zenitshu

        kan sudah jelas yang dibicarakan dalam konteks tersebut itu tentang hewan, berarti manusia tidak termasuk, kecuali kalau anda berpikir manusia itu masuk dalam klasifikasi hewan. dibaca yang jelas di atas, intinya dikatakan kita dilarang membunuh sesama manusia. tidak ada gunanya berusaha memojokkan agama orang lain, sebaiknya mencari tahu sebelum sok pintar ngomong macam2, merusak nama baik anda sendiri. Tuhan memberkati.

    • Curious Girl

      sebenernya injil sama alkitab itu sama kan? apa beda? kenapa beda? kenapa ada perjanjian lama dan baru? sebenernya pedoman mu yang mana? kenapa kitab mu diubah2? kenapa gak kayak alquran..yang dari dulu sama gak ada yang beda..

      • zenitshu

        alkitab terdiri dari injil2. perjanjian lama itu ada sebelum masehi sedangkan perjanjian baru itu setelah masehi. jika tidak salah, ada bagian dalam perjanjian lama itu sama dengan torah yang dipakai orang Yahudi.

    • terserah

      imamat pasal 11 ayat 7 : Demikian juga babi hutan, karena memang berkuku belah, yaitu kukunya bersela panjang, tetapi tidak memamah biak; haram itu bagimu.

  • gadis pintar

    babi enak apalagi kalo udah dimasak babi putar.. kulitnya paling enak wakakakakaka

  • Ainira Shannie

    Orang muslim benar – benar gak logis. Capek berbantahan dengan mereka, kalo udah gak ada ide mulai menghina, menghujat, merendahkan, dll.

    Cara kasar, perkataan kasar, tidak masuk akal, adalah hobi orang muslim secara nyata, sekalipun dalam dunia maya. THINK ABOUT IT.

    • Curious Girl

      apakah artikel tadi dengan kata2 kasar?emng kita menghujat?menghina? artikel tadi cuma membuktikan yang ada di alquran dan di injil dgn ilmiah..apa itu salah? gak suka kalau dilarang makan babi? ya jangan baca…as simple as that

    • Abi Dehya Al-Qolbi

      Ainira Shannie terbukti bukan seorang yang berperangai baik.. :)

  • Ahmad Najib Syarifudin

    yang doyan babi silahkan makan tu babi, toh kalo orang islam gak makan efeknya kan yang doyan babi gak khawatir stok babi dimakan orang islam. gitu ja kok repot.

  • heri

    Jelas didlm 4 buah kitab ALLAH SWT bhw babi diharamkan untuk dimakan untuk umat Islam. Nah bagi kalian yg bkn Islam silahkan makan tu babi. Kembang biakan az tu cacing ditubuh kalian haha…

  • gusmadi

    jangan saling mengejek agama orang lain…..intinya bagi agama islam ( muslim ) babi dan anjing itu adalah harammmmmm di makan dan di pegang… mungkin dalam agama lain itu halal……trus knpa di permasalahkan? kita kan sama2 sudah tau….

  • nurani

    Yg penting krn ini perintah Allah aku ikuti, skr ditambah perkembangan tekhnologi banyak membuktikan buruknya babi jd bertambah lah keyakinankita kpd ajaran Nabi Muhammad ini yaitu islam…

  • Helmi

    kalo saya liat coment2 dsini sbagian ada yg tidak scara langsung mnyuruh kita untuk tidak memikirkannya…dengan mengatakan..bilang aja itu larangan Allah dan sudah menjadi ketetapan Allah untuk mengharamkan babi…

    coba anda pikir…ketika anda menulis coment bukankah di hati anda ada rasa agar org lain memikirkan tentang coment anda tersebut dan anda ingin orang lain paham tentang coment anda tersebut…

    begitu juga Allah dalam menciptakan apa yang diciptakannya..walaupun ada sebagian ciptaan-Nya yg tidak bisa dipikiran secara akal manusia…

    Allah ingin manusia juga memikirkan dan memahami apa yg telah Dia ciptakan makanya Allah memberikan Akal kepada Manusia….

    bukannya kami para pemikir ingin mengubah apa yg telah menjadi ketetapan Allah…kami hanya ingin mengambil hikmah dari semua yg kami pikirkan…

    jika kami memikirkan kenapa air laut mmpunyai ombak…apa kalian juga beranggapan kalo kami ingin merubah ketetapan Allah kalo laut itu benar2 berombak…????

    So…kami juga tidak ingin merubah ketetapan Allah kalo babi itu benar2 haram…

  • SEMUTZ

    bisa-bisanya ya babi bikin heboh forum =))

  • Sita Jadenforex Rahmawati

    pendekatan Ilmiah serta dengan Logika yang Lurus dan didasarkan pada Al quran serta Sunnah Nabi adalah yg UTAMA.. Salut, anda Hebat

    Dr. Muhammad Widus Sempo, MA

  • Andriany

    Alhamdulilaah saya bangga dengan semua suadara saudari saya se muslims,yg masih jujur dengan hukum Allah d jaman sekarang ini,,Semua hamba Allah sama di hadapanya cuma ilmu masing2 hamba yg membedakan ,SETIAP HAMBA ALLAH WAJIB MENIMBA ILMU lalu memanfa’atkannya dan menyebarkannya,,Salah satunya seperti cara di atas, seharusnya bangga menjadi umat islam karena masih ada hamba Allah yg mau meluangkan waktu untuk membagikan ilmunya untuk umum,mengingatkan bg yg lupa karna itu sifat manusia,karna Allah ngasih 9akal untuk kaum laki2,ingat Allah menyuruh kita menjaga lisan dr sesuatu yg Allah benci,kl sesuatu yg baik komentar juga yg baik dong,jangan turuti amarah nafsu mu karna menimbulkan dosa lesan mu sendiri..Ingaat!!!jangan berdebat sesama muslims itu bisa di manfa’atkan non muslims..

  • Guest

    saya suka dengan artikel ini, di artikel ini dijelaskan mengapa babi diciptakan dan kmudian diharamkan

    penulis tidak hanya memamparkan babi sebagai hewan yang najis, tapi juga fungsi babi untuk kehidupan. Dan mengingatkan manusia agar tidak berperilaku seperti babi

    untuk yang comment2 tidak suka dengan pmbhasan ini, ya sudahlah lbih baik tidak usah dibaca artikel ini, tpi untuk yang mau tahu yaa silahkan dibaca, bgus untuk pengetahuan agar kita lebih berilmu

    terimaksih :)

  • Cak jeh

    Babi di
    Agama kita jelas diharamkan seperti yang
    tertera di al qur’an,tapi tak lepas dari itu sebagain segelintir manusia yang sifatnya sama seperti kita( rasa
    ingin tau yang tinggi) . Dalam hatinya berkata kenapa babi tidah boleh dimakan
    padahal rasanya gurih? . Dari situlah kita mendapatkan sisi positifnya yakni
    dalam daging babi ditemukan cacing pita begitupula telur-telur cacing serta
    karna hidupnya jorok dibabi itu banyak hidup bakteri dan kuman berkembang biak.
    Namun bila ada manusia bisa berpikiran
    untuk menghilangkan bakteri,kuman,cacing pita dll. Itu rasanya tak mungkin
    karna di bumi ini kita tak lepas dari makhluk mikroorganisme. Karna mengapa
    mikroorganisme itu sudah ada sejak zaman dulu karna merekalah pembawa penyakit.
    Mh mikroorganisme itu sudah dapat beradaptasi sampai sekarang. manusia mungkin
    bisa membunuh mereka namun sebagain kecil mereka. Contohnya dengan cara memberi
    desinfektan dll tapi hanya bisa membunuh di tempat itu saja. Ingat MH itu
    takkan bisa kita musnahkan semuanya karna hewan(bakteri dll),tumbuhan(jamur
    dll) mereka berkembang biak dengan beradaptasi beda dengan kita, kita bisa
    bertahan hidup karna akal fikiran kita yang bekerja.

  • Afin

    mas-mas yg pintar yang insyaAllah taat kepada Allah SWT..
    saya
    sependapat dengan pernyataan mas sentul kenyut tentang kemajuan ilmu
    jangan selalu pakai yang KUNO (intinya) walaupun sebenarnya
    pendapat-pendapat lama itu tidak bisa dibantah (sudah terbukti oleh
    banyak penelitian bahkan penelitian orang eropa maupun amerika sendiri),
    tetapi kurang sependapat jika kita tidak berpikir untuk memahami suatu
    pernyataan Allah SWT dalam Al-Qur’an dalam menjalankan perintahnya, coba
    maknai kehidupan ini apa esensinya? apa kita diciptakan bukan untuk
    berpikir, untuk memahami pembicaraan ini saja pasti kita semua (yang
    comment) pasti berpikir. bagaimana kita bisa mengerti pembicaraan Allah
    SWT melalui Al-Qur’an jika kita tidak memahami, maka dari itu kita
    ketahui bersama ada berbagai ilmu tafsir untuk mencoba memahami
    Al-Qur’an (dalam Al-Qur’an ada makna yang tersirat dan ada makna
    tersurat.. khusus makna tersirat perlu ilmu tafsir untuk bisa paham
    betul dibalik ayat-ayat Allah SWT). saya juga sependapat dengan berbagai
    comment yang mengangkat keutamaan penjelasan pada orang awam (baik Non
    muslim/muslim).. mungkin ada sebagian orang awan yang tidak bisa
    langsung terima jika Babi disebut2 Haram tanpa ada penjelasan rasional..
    maka perlu kita ketahui penjelasan2 seperti yang penulis buat pada
    postingan.. InsyaAllah ada gunanya.
    mungkin untuk beberapa orang
    (seperti wew dan Sentul kenyut) sudah begitu yakin pada larangan Allah
    SWT, tapi apa yang kalian akan perbuat jika ada orang yang ingin masuk
    islam, lantas mempertanyakan mengapa babi dikatakan haram? apa hanya
    harus menjawab dengan ‘Itu perintah Allah SWT’, memang itu benar,, tapi
    akan lebih meyakinkan jika kita bisa mengkaitkan Ilmu dengan Al-Qur’an.
    karena sudah jelas kita ketahui bahwa Al-Qur’an yang kita yakini firman
    Allah SWT itu ada ilmu-ilmu pengetahuan yang sudah bisa kita buktikan..
    seperti pada surat Al-Alaq tentang deskripsi pembentukan manusia, dan

    Pembentukan Awan

    Allah swt. berfirman:

    أَلَمْ
    تَرَ أَنَّ اللَّهَ يُزْجِي سَحَابًا ثُمَّ يُؤَلِّفُ بَيْنَهُ ثُمَّ
    يَجْعَلُهُ رُكَامًا فَتَرَى الْوَدْقَ يَخْرُجُ مِنْ خِلَالِهِ
    وَيُنَزِّلُ مِنَ السَّمَاءِ مِنْ جِبَالٍ فِيهَا مِنْ بَرَدٍ فَيُصِيبُ
    بِهِ مَنْ يَشَاءُ وَيَصْرِفُهُ عَنْ مَنْ يَشَاءُ يَكَادُ سَنَا بَرْقِهِ
    يَذْهَبُ بِالْأَبْصَارِ

    “Tidakkah kamu melihat bahwa Allah
    mengarak awan, kemudian mengumpulkan antara (bagian-bagian) nya,
    kemudian menjadikannya bertindih-tindih, maka kelihatanlah olehmu hujan
    keluar dari celah-celahnya dan Allah (juga) menurunkan (butiran-butiran)
    es dari langit, (yaitu) dari (gumpalan-gumpalan awan seperti)
    gunung-gunung… maka ditimpakan-Nya (butiran-butiran) es itu kepada siapa
    yang dikehendaki-Nya dan dipalingkan-Nya dari siapa yang
    dikehendaki-Nya. Kilauan kilat awan itu hampir-hampir menghilangkan
    penglihatan.” [An-Nur: 43].

    Allah swt. berfirman:

    وَجَعَلْنَا فِيهَا رَوَاسِيَ شَامِخَاتٍ وَأَسْقَيْنَاكُمْ مَاءً فُرَاتًا

    Dan Kami jadikan padanya gunung-gunung yang tinggi, dan Kami beri minum kamu dengan air yang tawar?”[ Al-Mursalat: 77].

    Gunungberperan
    dalam pembentukan awan, sehingga daerah pengunungan adalah daerah yang
    paling sering disirami hujan. Selain itu, gunung berfungsi
    dalam
    menyimpan dan mendistribusikan air. dan penjelasan berikutnya “dan Kami
    beri minum kamu dengan air yang tawar?”, ayat ini dibuktikan bahwa kita
    dapat meminum air tawar,,
    dari beberapa ayat-ayat Al-Qur’an saja
    sudah jelas bahwa ada ayat yang bisa kita jadikan pedoman dalam hidup
    didunia (Menutut ilmu), Allah SWT telah memberi bekal kepada kita.
    banyak pula ilmu pengobatan yang bersumber dari ayat-ayat Al-Qur’an
    seperti penggunaan madu dan buah kurma. Ayat-ayat Allah SWT mana lagi
    yang ingin kita sangkal.. beberapa ayat telah terbukti di dunia ilmu
    pengetahuan dan telah diterapkan selama berabad-abad.

    jadi saya setuju dengan beberapa pendapat, namun tidak setuju dengan beberapa pendapat..
    semua kembali kepada Allah SWT.

    saran
    untuk semua : jika ingin menjawab pertanyaan orang lain tidak dengan
    emosi.. sudah kita ketahui emosi adalah salah satu sifat setan. jadi
    pakailah akal dan hati agar kita bisa memahami dan tidak menyakiti hati
    orang lain.terima kasih. pandangan dan diskusi yang terbuka dan baik.

  • yan ten

    FIKIRKAN! Bukan semua ciptaan Allah untuk dimakan. Makanlah pokok kayu,
    bukannya ada larangan makan pokok kayu. Babi yang di haramkan pula yang
    mau dimakan sedangkan banyak lagi daging halal yang boleh dimakan. Itu
    namanya sengaja terang-terangan engkar dengan larangan Allah.

  • http://muhammadwidussempo.blogspot.com/ Fayyadh Muhammad Widus

    tulisan ini benar-benar menggugah decak kagum intuisi muslim yang bertambah yakin terhadap kebenaran hukum islam. ya. jika sesuatu diperintahanka Allah, maka wajib dilaksakan. tahu atau tidak tahu hikmanya. tetapi dengan mengetahuinya, kerohanian muslim menguat dan merasakan sentuhan-sentuhan islam yang sejuk. jadi, ilmu pengetahun bukan musuh islam. justru, ia penguat dan saksi terhadap kebenaran Islam…

  • Nyong Rahmat

    Saya pernah baca dalam sebuah kitab kuning dgn bahasa arab latin yg ditulis oleh seorang Kiayi Haji,Tersebutlah pada saat banjir besar melanda bumi Nabi Nuh manaikan berbagai hewan sesuai yang diperintahkan Allah..Setelah lama terombang ambing karna iar bah belum surut,Nabi Nuh merada bingung karna kotoran hewan semakin banyak dan bau maka dibisikanlah oleh malaikat ke telinga Nuh as ,sapulah telinga gajah akan keluar hewan yang akan memakan semua kotoran.Kemudian Nuh as melaksanakan bisikan itu dan keluarlah hewan babi.setelah itu babi memakan semua kotoran hewan sehingga bau busuk berkurang.Iblis menyaksikan semua yang dilakukan Nabi Nuh as dan dia ingin membuat kekacauan dalam bahterah maka disapulah telinga babi dan keluar hewan tikus yang selalu menggaruk garuk papan untuk membuat lobang.selanjutnya Nabi Nuh as khawatir dengan ulah tikus bahterah akan bocor maka dibisikanlah oleh malaikat sapulah telinga harimau dan keluarlah kucing yang selalu mengejar ngejar tikus sehingga tikus lari sembunyi dan tidak memiliki kesrmpatan untuk membuat lobang.Demikianlan kisah babi diciptakan semoga ada manfaat.