Topic

Topic Archives: Sekolah

Haruskah Kita Belajar di Sekolah?

”Ilmu ada di mana saja, gunanya bukan sekadar dipraktikkan, ilmu dipelajari untuk tujuan sejati –menghilangkan kebodohan-, agar kau punya tempat baik di antara manusia. Di manapun, kapanpun, jika itu ilmu, maka kau berhak mendapatkannya”, begitu kata beliau sembari menatap kami serius.

Baca selengkapnya »

Transformasi Sekolah Demi Cetak Generasi Kompetitif

Sekolah (inet)

saat ini sekolah-sekolah yang ada di Indonesia masih menerapkan dan meniru sistem pendidikan yang diterapkan oleh pemerintahan Inggris dalam revolusi industri di mana sekolah hanya disiapkan untuk menjadi pekerja dan pegawai di pabrik, sehingga sistem pendidikannya seperti yang ada pada pabrik di mana memiliki suatu standar keberhasilan seperti kurikulum di mana ini merupakan suatu sistem yang memaksa seorang anak atau siswa untuk mengikutinya (outside in) bukan kurikulum yang mengikuti apa yang menjadi bakat minat dan ketrampilan anak sehingga ketika anak lulus sekolah tidak ada yang unik darinya dan semua menjadi sama yaitu memiliki mentalitas pabrik.

Baca selengkapnya »

Robohnya Kelas Kami

Tak ada kelas untuk belajar bukan berarti kesenangan berkurang, nyatanya kelas rubuh itu menjadi agenda kedekatanku dengan para laskar borneo. Tentu dengan ritual mengangkat bangku dan meja, meski lelah karena kami sedang berpuasa tapi kami cukup puas dengan hasil kinerja kami ditambah belajar dan bermain di luar ruangan tidak membatasi kami untuk tetap bergembira di hari pertama, tahun ajaran baru.

Baca selengkapnya »

Bukan Sekolah Robot

Tak hanya tentang strategi belajar kreatif dan penilaian yang dibahas dalam buku tersebut, tapi juga tentang cara kita memaknai kecerdasan siswa. Kebanyakan sekolah hanya menganggap siswa pintar jika dapat menyelesaikan soal hitung-hitungan dalam waktu singkat. Dari teori Multiple Intelegences yang di temukan oleh Howard Gardner, sebenarnya semua murid itu pintar. Semua siswa memiliki kecerdasan masing-masing.

Baca selengkapnya »

Seragam Sekolah Obi

Pagi itu di sebuah rumah kecil yang terletak di atas bukit terdengar suara rengekan seorang anak kecil yang meminta di belikan seragam sekolah yang baru. Dialah si Obi seorang siswa kelas 5 SD yang tinggal di kampung Manggis. Setiap pagi Obi dan kedua orang tuanya meninggalkan rumah secara bersamaan. Namun tujuan mereka berbeda-beda, ayahnya menuju ke kebun, Ibunya menuju ke pasar untuk menjual hasil kebun, dan tentu saja Obi berangkat menuju ke sekolah.

Baca selengkapnya »
Figure
Organization