Topic Archives: Reklamasi Teluk Jakarta

Reklamasi dan Kemaslahatan

Abu Ubaid menjelaskan dalam bukunya kitaabul amwaal tentang menghidupkan tanah yang mati (ihyaul mawaat/ihyaul al aradhin) yaitu menghidupkan kembali tanah yang mati, tandus, tidak terurus, tidak ada pemiliknya dan di manfaatkan dengan membersihkannya, mengairi, mendirikan bangunan dan menanam kembali benih-benih kehidupan pada tanah tersebut. Dalam hal ini negara berhak menguasai tanah tersebut dengan menjadikannya milik umum dan manfaatnya diserahkan dan kemaslahatan umat.

Baca selengkapnya »

Soal Reklamasi, Aparat Hukum juga Harus Seret Ahok ke Pengadilan

Reklamasi teluk jakarta

Berbagai dugaan pelanggaran hukum yang dilakukan Ahok dalam kasus penerbitan izin reklamasi Teluk Jakarta, seharusnya membuat aparat penegak hukum baik Kejaksaan Agung, KPK ataupun Polri tertantang untuk membuktikan peran dan fungsinya. Tidak perlu menunggu desakan aksi massa besar-besaran lagi untuk memaksa aparat hukum bekerja maksimal, karena tentu resiko dan biaya yang ditanggung akan sangat besar.

Baca selengkapnya »

Antara Reklamasi Dan Kepentigan Rakyat

Pemprov DKI Jakarta berencana akan melanjutkan proyek reklamasi Teluk Jakarta setelah dirinya bertemu dengan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu di Istana Negara. Bahkan reklamasi ini akan rencannya akan diintegrasikan ke dalam mega proyek National Capital Integrated Costal Development (NCICD), yang kemudian disebut Proyek Garuda.

Baca selengkapnya »