Topic Archives: Pertaubatan

Kisah-Kisah Pertaubatan (Jalan Terjal Menuju Hijrah Menggapai Surga)

Orang yang terkena azab Allah karena sering memakan harta orang dengan cara melipatkan hutang seseorang kepadanya,dengan diberi cobaan oleh Allah dengan mengambil nyawa istri nya yang suka pamer dan gengsi, dengan pergi haji untuk gengsi semata dan suaminya memulai kehidupan yang baru tanpa riba dari orang lain dengan cara bisnis yang beliau tempu sekarang.

Baca selengkapnya »

Pesan Allah SWT untuk Kita yang Senantiasa Berdosa

Kasih sayang Allah selalu mendahului amarah-Nya, maka Allah seru kita dengan lembut, “Jangan berputus asa dari rahmat Allah.” Setan bisa memperdaya kita sehinga merasa bahwa tak mungkin lagi mendapatkan ampunan Allah karena sudah begitu banyak dosa yang dilakukan. Setan bisa membuat kita tergelincir selamanya. Setan bisa membuat kita berpikir bahwa kita adalah makhluk Allah yang paling hina, disebabkan oleh lumpur dosa yang menempel di mana-mana. Padahal, sejatinya lumpur dosa itu bisa dicuci-bersih.

Baca selengkapnya »

Tiada Bertepi

Menyemai kebaikan di tengah keterpurukan moral yang tergerus zaman. Tanpa pegangan, lupa pedoman, dan lalai kewajiban. Semoga kalbuku menderma kedamaian, mengalihkan kefanaan duniawi. Memiskinkan kemadharatan dan mencipta kemaslahatan dalam kebajikan.

Baca selengkapnya »

Taubatku

Allah Ya Nur Qolbi… Ampunilah kesalahan dan kekhilafanku di masa lalu… Hapuskanlah noda atas dosa yang telah kuperbuat… Tuntunlah tangan ini mencari cahaya cinta-Mu… Bimbinglah langkah kaki ku menuju jalan ketakwaan… Tetapkanlah hati ini untuk senantiasa beriman pada-Mu…

Baca selengkapnya »

Dialog Air Mata

Pesanku jaga Allah di hatimu, maka kau akan istiqamah dalam taat. Terima kasih mengeluarkanku sebagai air mata taubat. Aku akan bersaksi atas taubatmu kepada penciptaku. Ingatlah pesan baginda Rasul “Tidak akan masuk neraka seseorang yang menangis karena merasa takut kepada Allah sampai susu [yang telah diperah] bisa masuk kembali ke tempat keluarnya.”

Baca selengkapnya »

Bukan Lelucon

Aku, aku tak ingin bertemu Tuhan dalam keadaan seperti ini. Iya, sungguh, aku percaya Tuhan. Aku tidak akan main-main lagi. Aku percaya Tuhan. Tapi, apa Tuhan mau bertemu denganku? Mungkin Dia hanya akan mengirim malaikat-Nya untuk menyiksaku dengan siksaan yang teramat pedih. Lebih pedih dari ajal yang tengah menjemputku. Lebih pedih hingga anak-anak menjadi tua ketika menyaksikan siksaannya. Terlebih lagi, ketika hari akhir kelak, dia akan memasukkanku dalam siksaan yang tak berujung. Pada besi-besi yang membara, pada nanah-nanah yang mendidih, pada bau-bau busuk yang menusuk, pada mati yang tak pernah mati. Sungguh, aku tidak mau. Tuhan, aku mohon, tunda ajalku.

Baca selengkapnya »

Inspirasi Taubat yang Melahirkan Semangat Dahsyat

Ibnul Qayyim dalam kitab Madarijus Salikin mengutip ucapan salaf yang aneh terasa: ‘Adakalanya seorang hamba berbuat dosa, namun masuk surga. Dan adakalanya seseorang mengerjakan ketaatan, namun masuk neraka’. Benar demikian, dosa dan kemaksiatan yang diikuti dengan pertaubatan sungguh-sungguh selalu melahirkan lompatan keimanan yang jauh lebih tinggi dari sebelum berbuat dosa. Sementara ketaatan yang diikuti rasa puas diri dan sikap jumawa akan menggerus pahala sampai titik nol yang sia-sia. Kesedihan dan penyesalan akan sebuah kesalahan adalah hal yang perlu, tapi berputus asa dan lemah semangat setelahnya adalah jauh dari sikap mereka para tokoh kesatria nan mulia.

Baca selengkapnya »
Organization