Topic Archives: Nasihat

Berikan Nasihat Dengan Bijak

Perhatikanlah betapa Rasulullah SAW memperhatikan cara dan metode beliau berdakwah, sedangkan kita hari ini sangat mudah sekali memberikan cap kepada orang lain sebagai seorang yang buruk, tak beradab, tak beretika dan ratusan kata2 celaan lainnya, ingatlah bahwa tujuan nasihat adalah membuat orang berubah ke arah yang lebih baik, maka berikanlah nasihat dengan bijak dan cara yang baik pula, di antara cara menasihati yang bijak adalah menasihati seseorang ketika tidak di depan khalayak ramai, karena ketika engkau menasihati di depan keramaian maka itu bukanlah nasihat, itu bahkan membuat orang tersebut semakin menjauh dari kebenaran.

Baca selengkapnya »

Nasihat itu Pahit tapi Manis

Rasulullah SAW mewajibkan kita untuk memberikan nasihat kepada saudara kita yang meminta nasihat kepada kita. Betapa pentingnya kedudukan keutamaan kebiasaan “memberikan nasihat” ini di dalam Islam. Ketika kita berani memberikan nasihat pada saudara kita hari ini, sejatinya kita sedang menjalankan perintah dari Allah SWT untuk saling menasihati dalam kebaikan dan kesabaran, serta menyampaikan pada saudara kita tersebut agar ia juga tidak sungkan untuk memberikan nasihat kepada diri kita bilamana ia mendapati kita berbuat yang tidak sesuai syariat.

Baca selengkapnya »

Nasihat yang Diam

Nasihat yang diam telah banyak mengajarkan manusia akan nilai-nilai kebaikan untuk mendekatkan diri kepada-Nya agar manusia semakin rajin beribadah dan berbuat kebaikan selama dia hidup. Terlalu keras hati ini jika nasihat yang diam pun tak mampu mengubah keburukan-keburukan yang hingga saat ini masih dikerjakan. Tak ada sedikit pun rasa bersalah mengerjakan keburukan itu padahal sudah diberikan nasihat oleh sesama dan nasihat yang diam. Apakah ini cerminan bagi diri kita sendiri?

Baca selengkapnya »

Sebelum Orang Tua Menangis

Saat masih menjabat sebagai Menristek, Prof. Habibie salah satunya bicara tentang pendidikan anak. Menurut beliau, dalam mendidik anak, kita harus menggunakan prinsip, “Lebih baik anak menangis sekarang, daripada di kemudian hari kita orang tua yang akan menangis, karena penyesalan”. Apa yang disampaikan beliau tersebut, saya kira juga tidak lepas dari peran ayah beliau yang seorang dokter dan sekaligus berkecimpung dalam dunia pendidikan.

Baca selengkapnya »

Nasihat Untukku

Saat engkau ingin berontak akan kekurangan yang engkau dapatkan, tersenyumlah, berharaplah ia meringankan tanggung jawab yang akan engkau pikul di hadapan Rabbmu, kewajiban-kewajibanmu yang engkau lalaikan lebih dimaklumi-Nya, rasa syukurmu lebih berharga, kesabaranmu lebih berarti, dan cintamu pada-Nya lebih bernilai.

Baca selengkapnya »

Kritikan, Saran, Nasihat… Siapa Takut!

Wahai saudaraku, sebuah nasihat atau kritikan atau saran atau apalah orang menyebutnya bukanlah sebuah duri dalam jalan ini. Namun sungguh itulah rintikan hujan yang menyirami jalan ini yang membuat kita merasa sejuk berjalan pada jalan di depan kita ini. Itulah pupuk ukhuwah yang dikaruniakan oleh Allah pada kita. Karena pada hakikatnya sebuah kritikan yang dilontarkan oleh saudara kita untuk diri kita adalah sebuah bukti sayang mereka pada kita.

Baca selengkapnya »

Sederhana Dalam Nasihat

"Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk." (QS. Anhl: 125)

Baca selengkapnya »

Adab Menasihati (Bagian ke-1)

Nasihat-menasihati merupakan salah satu kebiasaan orang muslim, yang belum terbiasa hendaknya mulai dibiasakan. Menasihati juga ada aturan mainnya, tidak serampangan yang bisa melukai hati orang lain. Dalam surah favorit saya dan favorit anak SD atau TK, bahwa jika tidak mau rugi maka hendaknya kita saling menasihati.

Baca selengkapnya »