Topic Archives: Liberalisme

Konflik Peradaban dan Kebijakan Politik Barat

Di Indonesia, gerakan liberalisasi pemikiran Islam terasa sangat intens dan serius. Penyebaran wacana-wacana tentang Islam dan pemikiran keislaman yang terdengar “aneh” di telinga para ulama dan cendekiawan Muslim ini dilakukan melalui media surat kabar, majalah, media elektronik baik radio maupun televisi, dan penerbitan buku-buku.

Baca selengkapnya »

Kyai Kocak vs Liberal Ronde #2

Karya ini memang layak dibaca. Kita akan banyak belajar berpikir kritis. Belajar menempatkan akal pada tempatnya. Belajar mengenal berbagai argumen yang sering digunakan oleh para liberalis dalam mempermainkan Agama. Melalui karya ini penulis menyampaikan pesan-pesan dengan bahasanya yang ringandan mudah dicerna, sesuai dengan masa kekinian dan terkesan tidak menggurui.

Baca selengkapnya »

Paranoid Kaum Liberal

Pentingnya menjaga stabilitas emosional agar kita masih tetap mampu mengendalikan pikiran dan akal sehat. Eksploitasi perasaan yang berlebihan, termasuk Marah, benci serta rasa dendam, akan mengganggu kerja organ tubuh terutama kerja akan pikiran kita. Begitu juga seorang liberalis mengamati fenomena permukaan gejolak sosial, tidak mau lagi berpikir lebih jauh untuk menggali ada apa dibalik gejolak tersebut, terus sudah kebelet ngomong, keluarlah statement-statement sampah.

Baca selengkapnya »

Adnin Armas: MUI Pernah Berfatwa Larang Ikut Liberalisme, Pluralisme, dan Sekularisme

Direktur Eksekutif Institute for the Study of Islamic Thought and Civilizations (Insists), Adnin Armas, mengingatkan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang melarang umat Islam untuk mengikuti paham-paham Barat. "MUI pada Musyawarah Nasional (Munas) ke 7 tanggal 26-29 Juli 2005 melarang umat Islam untuk mengikuti paham liberalisme, pluralisme, dan sekularisme," ujar Adnin, Ahad (21/10).

Baca selengkapnya »

Islam Liberal 101

Tidak hanya dari segi nama “Islam Liberal” saja yang mengundang banyak tanda tanya dan pertentangan. Cara berpikir, gerak-gerik, dan kata-kata para penganut Islam Liberal pun memang terdapat banyak kontradiksi dan ketidaksesuaian dengan Islam itu sendiri. Islam Liberal selalu mengedepankan modernitas sebagai landasan berpikir mereka.

Baca selengkapnya »
Organization