Topic Archives: kesalahan

Belajar Dari Kesalahan Hindun dan Ka’ab bin Malik

Kesalahan pada orang lain yang dilakukan baik karena kebodohan maupun karena khilaf hanya dapat diterima taubatnya dan diampuni dosanya oleh Allah jika kita telah berusaha meminta maaf pada orang yang bersangkutan. Oleh karena itu, hendaknya kita selalu berhati hati dan menjaga diri dari berbuat yang menyakitkan jika bermuamalah dengan orang lain. Semoga Allah senantiasa melindungi kita dari melakukan kesalahan pada orang lain baik karena kebodohan kita maupun karena hawa nafsu kita.

Baca selengkapnya »

Akui Kesalahan, Lanjutkan Perjalanan!

Inilah pentingnya kita mendalami kisah para nabi. Agar kita bisa mendapatkan ilham daripadanya. Karena semua kisah nabi dan rasul akan berujung pada satu kesimpulan, yaitu keteguhan hati berjuang dijalan Allah. Adapun turunannya adalah keteladanan dan kearifan. Dan mengakui kesalahan dalam proses kehidupan, adalah proses yang dilalui juga oleh para nabi dan rasul. Jadi, akumulasi pengalaman kita dalam berproses pada akhirnya akan memberikan kita sebuah karakter diri yang tangguh. Karakter muslim sejati, yang siap memikul amanah umat.

Baca selengkapnya »

Menyikapi Kesalahan

Semua yang kita lakukan kita niatkan untuk mendapat Ridha Allah SWT, mendidik anak dan kasih sayang kepada mereka adalah karena Allah SWT jadi jangan terlalu kecewa jika ternyata apa yang mereka lakukan tidak seperti yang kita harapkan. Dan jangan terlalu terbebani dengan tugas “Pembinaan” itu. Lakukan yang terbaik, bagaimanapun hasilnya, itu sudah di luar kendali kita.

Baca selengkapnya »

Menyikapi Kesalahan

Berbuat kesalahan bukanlah suatu akhir perjalanan hidup kita walau kesalahan itu amatlah besar. Dalam menghadapi kesalahan tak sedikit yang putus asa, depresi bahkan berani untuk mengakhiri hidupnya. Dari sini para pakar psikologi, filsafat dan sosial mencari solusi untuk memecahkannya.

Baca selengkapnya »