Topic Archives: Kenaikan Harga BBM

“Jika Anda Presiden, Apakah Anda Melakukan Hal Ini?”

Jika memang kenaikan BBM tidak dapat dihindari, sebaiknya uang yang dipakai untuk menaikan tunjangan pejabat dialokasikan kepada hal yang lebih bermanfaat. Memberikan subsidi yang diatur sedemikian rupa oleh pemerintah kepada kendaraan umum seperti bus atau alat transportasi umum lain agar semua bahan pakan, pangan dan papan tidak naik pula harganya karena naiknya dana operasional angkutan umum tersebut.

Baca selengkapnya »

Ada Apa dengan “Harga BBM”?

Tindakan pemerintah ini sudah jelas merupakan pengkhianatan, untuk itu kita tidak boleh diam harus terus mengupayakan agar kebijakan menaikan harga BBM dicabut, kita wajib berusaha menghilangkan kemungkaran itu dengan berbagai cara sesuai dengan kemampuan dan sesuai tuntunan syariah, dengan merujuk pada Hadist berikut: “Kaum muslim berserikat dalam tiga hal: air, padang rumput gembalaan, dan api. Harga (menjual-belikannya) adalah haram” (HR. Ibn Majah).

Baca selengkapnya »

Seruan Kebangkitan Mahasiswa!

Seharusnya mahasiswa sebagai kaum intelektual tidak tinggal diam saat pemerintah mendzalimi rakyat, tidak tinggal diam saat kesejahteraan rakyat terancam. Seharusnya mahasiswa lebih cerdas memahami realita yang ada bahwa rakyat Indonesia menggantungkan harapannya kepada para mahasiswa, karena sejarah mencatat setiap pergerakan dan perubahan di Negeri ini tidak terlepas dari peran dan kontribusi mahasiswa di dalamnya.

Baca selengkapnya »

Dear Pak Jokowi…

Dulu kau berjanji akan mendengarkan hati rakyat kecil, rakyat pinggiran, rakyat jalanan. Dulu Anda berjanji akan membawa bangsa ini kepada kesejahteraan dan kemakmuran. Lalu apakah dengan naiknya segala harga sandang dan pangan, rakyatmu sejahtera?? Lihatlah sendiri kenyataan yang ada! Mereka lagi-lagi menjerit tercekik. Pikirkanlah Pak Presiden yang kami hormati.

Baca selengkapnya »

Jokowi dan ‘Management by Food’

Sayang sekali ketika pengumuman kenaikan harga BBM yang dilakukan beberapa hari yang lalu, saya seperti tidak melihat esensi management by food ini dipraktekkan dalam pengambilan keputusan itu. Pengumuman terasa begitu mendadak. Saya sendiri tidak dalam posisi menolak atau mendukung kebijakan Jokowi mencabut (sebagian) subsidi BBM, karena pro dan kontra terkait isu ini tentu memiliki rasionalisasinya sendiri.

Baca selengkapnya »

Merasa Rugi Mensubsidi Rakyat

Pada akhirnya, terima kasih Bapak Presiden dalam satu bulan menjabat sebagai kepala NKRI, sudah banyak memberi kejutan pada masyarakat, mulai kejutan kabinet gendut yang semula berjanji akan membentuk kabinet ramping hingga kenaikin harga BBM yang awalnya akan menghabiskan mafia minyak. Kami sebagai rakyat kecil meyakni bahwa kenaikan harga BBM akan menaikkan beban hidup dan masih menunggu kejutan lainnya serta tetap menjalankan keputusan yang telah ditetapkan karena sebagai rakyat kecil hanya bisa mengikuti kebijakan tapi tidak bisa beragung.

Baca selengkapnya »

Apakah Mengkritisi Kebijakan Kenaikan BBM Sama Dengan Menentang Takdir?

Menasihati penguasa secara terbuka, mengkritik kebijakan pemimpin yang salah, bukanlah hal yang tercela dan bukan pula barang baru. Justru ini adalah perbuatan mulia yang membutuhkan keberanian sebagaimana Imam Sa’id bin Jubeir, Imam Ibnu Sirin, Sufyan Ats Tsauri, Imam An Nawawi, Imam Ibnu Taimiyah dan Imam Izzuddin bin Abdissalam, semoga Allah Ta’ala merahmati mereka. Wallahu A’lam

Baca selengkapnya »