Topic

Topic Archives: Kebudayaan

“Budaya” Ciri Khas Bangsa

Menumbuhkan kecintaan mereka terhadap kebudayaan Indonesia melalui apresiasi karya seni tari melalui iringan musik lagu daerah merupakan salah satu cara yang dapat digunakan oleh para guru. Sebagai guru, sudah menjadi tugas seorang guru memperkenalkan, mengajarkan bagaimana menjadi bangsa yang cinta akan budaya yang ada ditanah air sendiri yaitu Indonesia. karena, budaya merupakan ciri khas Bangsa.

Baca selengkapnya »

Silang Budaya Islam-Melayu; Dinamika Masyarakat Melayu Jambi

Sumatera bagaikan ladang subur untuk menumbuhkembangkan dan menanam Islam, sebagaimana yang termaktub dalam buku setebal 276 halaman ini. Selain karena Islam sendiri menerima tradisi-tradisi lokal, budaya Melayu juga membuka pintu buat agama Islam. Seloko adat Jambi menuturkan, “Dak lapuk di hujan dan dak lekang di panas,” yang artinya tidak lapuk terkena hujan dan tidak lekang terkena panas. Ungkapan ini menunjukkan bahwa seloko adat Jambi pada dasarnya mengajarkan masyarakat untuk mampu beradaptasi.

Baca selengkapnya »

Masyarakat yang Berbudaya

Mencitakan masyarakat yang berbudaya, sudah peradaban Islam contohkan pada masa kepemimpinan Rasulullah dan beberapa zaman setelahnya. Segala bentuk kedinamisan ilmu pengetahuan, tidak mengubah esensi Islam agar membentuk masyarakat yang berbudaya. Budaya bukan sekadar seni, budaya bukan sekadar keindahan, budaya bukan pula sekadar ilmu pengetahuan. Tapi budaya juga melingkupi basis moral yang membuktikkan tingkat keberadaban setiap individu dalam sebuah entitas peradaban.

Baca selengkapnya »
Figure
Organization