Topic Archives: Karakter Anak

Menggagas Generasi Berkemajuan Melalui Pendekatan Karakter Anak

Setelah pendidikan dalam keluarga, modal lain pengembangan potensi anak dapat diterapkan melalui sistem pendidikan anak usia dini (PAUD). Sistem pendidikan ini memiliki efektivitas yang cukup tinggi dalam memacu perkembangan saraf motorik dan sensorik pada anak. Di sana, setiap anak diperkenalkan bagaimana mengingat suatu hal dengan cara-cara yang mudah dan sederhana, seperti menyanyi, menggambar, dan berhitung. Di samping itu dapat melalui tipe pembelajaran story telling, yakni melalui cerita-cerita yang menghibur dan menarik untuk terus diulang. Sehingga amanah yang terkandung di dalamnya bisa diterapkan untuk kehidupan nyata.

Baca selengkapnya »

Membangun Karakter Dasar Anak

Di zaman yang serba canggih saat ini perhatian kedua orang tua sangat diperlukan dalam pembentukan karakter anak, sangat tidak dibenarkan apabila orang tua hanya menyerahkan sepenuhnya pendidikan ke lembaga sekolah saja, karena dalam pembentukan karakter yang lebih dominan adalah lingkungan dan lingkungan pertama yang mereka kenal adalah lingkungan keluarga. Sehingga kita sebagai orang tua harus mampu merekayasa lingkungan pergaulan anak-anak kita dengan cara memberikan perhatian yang lebih buat mereka.

Baca selengkapnya »

Membangun Karakter Anak dengan Segitiga Pendidikan (Parenting)

Parenting merupakan sebuah program yang cukup baik dalam mewadahi ketiga lingkungan tersebut. Parenting merupakan sebuah kerja sama yang dilakukan antara pihak sekolah (dalam hal ini guru), masyarakat serta orang tua dalam mendidik seorang anak. Ibarat sebuah segitiga yang semuanya saling terhubung dengan subjek yang di dalamnya tentulah anak didik yang terus berada dalam pengawasan ketiga lingkungan tersebut, maka dengan pengawasan seperti ini akan menjadikan sebuah karakter yang akan dimiliki oleh peserta didik.

Baca selengkapnya »
Organization