Topic Archives: Impian

Berfokus pada Target Besar, Jangan Lalaikan Target Kecil

Semua mahasiswa memerhatikan Sang Dosen lekat. Ada yang telah memahami maksud beliau, beberapa masih ada yang bingung. Seorang Mahasiswa bertanya polos, “lalu, bagaimana kesimpulannya pak?” sambil cengengesan dan memandang kanan kirinya. “Kesimpulannya sederhana”, jawab beliau, “Pastikan hidupmu kau isi dahulu dengan target-target besar, hingga jika semuanya telah kalian tekadkan, barulah kita bisa menambah dengan target-target yang lebih kecil. Fokuslah, jika target kecil malah kita utamakan, selamanya kita tak akan bisa mencapai target besar kita, sebab pikiran dan daya kita terlanjur dikuras oleh sesuatu yang kecil”.

Baca selengkapnya »

Sabri Juga Punya Mimpi

Sabri adalah murid kesayanganku di sekolah. Terkadang aku memintanya untuk menjadi ketua kelas. Aku melatihnya untuk bisa memimpin teman-temannya di kelas. Ketika dia sakit, aku merasa kehilangan murid yang paling rajin. Tak pernah aku dapati seorang murid seperti dia. Dia begitu istimewa. Tetapi, walaupun dia selalu hadir ketika istana anak yang aku laksanakan, ada saja pada jam sekolah dalam seminggu itu dia tidak hadir. Alasannya adalah hanya ingin membantu orang tuanya. Pergi ke sawah, menjaga dan membersihkan rumah bahkan anak itu sering disuruh untuk menjaga adiknya yang kecil.

Baca selengkapnya »

Dari Palmerah Sampai Palestina

Tanpa sadarpun lelehan Air mata mulai membuncah hingga mengaburkan pandanganku, seraya kulantunkan sekali lagi harapanku, bahwa suatu hari aku berkeinginan menjadi salah satu wakil dari negeri ini yang berdiplomasi berhamburan wacana Advokasi atau berjuang berhamburan keringat dan darah dalam membela negeri muslim. Kuyakin Allah tidak tidur dan Maha mendengar bisikan hatiku, dan besar kemungkinan Allah menggerakkan Takdir untuk mengantarkanku kepada harapanku, sebagaimana hari ini Allah mengantarkanku ke Forum ini.

Baca selengkapnya »

Antara Mimpi dan Hati

Dari beberapa kalimat motivasi yang saya dengar tersebut, saya dapat menyimpulkan beberapa hal, yang pertama kita akan menemukan jati diri kita, kepuasan dalam diri kita, ketika kita dapat bermanfaat bagi orang lain, ketika orang lain bahagia dan dapat merasakan kehidupan yang lebih layak karena kita, meskipun sekitar tidak mengetahui keberadaan kita. Yang kedua, tidak ada salahnya kita mempelajari ilmu apapun, yang terpenting adalah kita dapat memanfaatkan ilmu tersebut sesuai dengan porsi dan tempatnya, dan jangan lupa akan dasar-dasar yang harus diperhatikan dalam penggunaan ilmu tersebut agar nantinya kita dapat menghadirkan manfaat untuk semua orang.

Baca selengkapnya »

Segenggam Tekad, Segerak Amal, Sejumput Impian: Tarbiyah Madal Hayah

Mimpi, ketika ditanamkan dan diresapi dalam jiwa, pikiran, hati, dan perasaan maka akan menstimulus diri ini agar mencapai mimpi tersebut bukan sesuatu yang mustahil dicapai. Mimpi yang akan kita rumuskan langkah-langkah realistis untuk menggapainya, mimpi yang tak serta merta dicapai dalam waktu yang singkat, tetapi membutuhkan proses yang panjang. Jangan pernah takut untuk bermimpi, Seperti 3 tabiat jalan dakwah ini, thulut thariq (panjang jalannya), katsirul aqabat (banyak timpaannya), qilaturrijaal (sedikit orangnya). Bahkan jika Surga adalah salah satu mimpimu, pantaskanlah dirimu untuk mencapainya.

Baca selengkapnya »

Membangun Mimpi-Mimpi Anak Negeri

Nasib Indonesia yang akan datang dilihat dari bagaimana kita sebagai pemuda Indonesia hari ini. Oleh karena itu, bangunlah wahai para pemuda! Ayo menjadi guru yang menginspirasi dan membangkitkan semangat anak negeri! Mari berpartisipasi membangun mimpi-mimpi anak negeri hingga nanti mereka akan lahir sebagai pemuda yang berpotensi dan berkompentensi. Hingga nanti pada akhirnya, Indonesia jaya tak hanya lagi sekedar mimpi.

Baca selengkapnya »

Bekerja adalah Ibadah, Berprestasi adalah Dakwah

Allah menyuruh kita untuk senantiasa menyandingkan antara khauf (takut) dan raja’ (harapan). Agar kita waspada dan tidak berharap berlebihan. Karena memang, peluang gagal selalu ada. Jika kita merasakan kecewa yang berlebihan dan sedih berkepanjangan, cobalah tengok ke dalam hati kita. Barangkali, niat kita tiba-tiba terbelok. Bukan lagi karena Allah. Seorang muslim, apabila menemui kegagalan, maka ia akan tetap berprasangka baik kepada Allah.

Baca selengkapnya »

Berani Bermimpi

Lupakah kau akan perjuangan murrabi agung kita, Nabi muhammad saw, yang terus berjuang mendakwahkan Islam? Yang tidak pernah gentar akan cacian, makian, hinaan, kekerasan yang diterimanya? Beliau tetap teguh mewujudkan mimpinya untuk menjayakan Islam sehingga kita memiliki peradaban yang mulia saat ini

Baca selengkapnya »

Kaya Mimpi Miskin Komitmen

Waktu itu begitu cepat berputar kawan. Merugilah kita jika terlalu lama terlena dengan kesia-siaan. Ketahuilah, terlalu toleransi terhadap diri yang malas akan secara nyata membunuh potensi. Pelan tapi pasti, kemalasan itu hanya akan membuat kita miskin. Miskin ilmu, miskin harta dan miskin sanak saudara.

Baca selengkapnya »