Topic Archives: Idul Adha

Esensi yang Terkikis oleh Zaman Saat Idul Adha 1437 H

Semakin ke sini, subtansi dalam perayaan Idul Adha ini semakin tergerus oleh zaman. Abadi nya moment ini tidaklah cukup. Hal ini akan hanya menjadi perayaan yang hampa tanpa isi. Kosong. Umat Muslim seakan hanya mencecap euforia belaka. Alih-alih ada perubahan bagi dirinya untuk keesokan harinya. Hari perayaan ini seakan hanya berjalan sebagai rutinitas belaka tanpa pemahaman yang berarti. Banyak dari kita menemukan kejanggalan-kejanggalan.

Baca selengkapnya »

Syiar Qurban, Syiar Hak dan Kasih Sayang

Sejatinya syiar qurban merupakan potret perhatian Islam terhadap hak perhewanan. Di saat banyak yang berbicara tentang berbagai macam hak; hak asasi manusia, hak kesehatan, hak ketenagakerjaan, hak intelektual dan lainnya. Ternyata Islam sangat konsen terhadap hak perhewanan dan itu terlihat jelas setiap kali Idul Adha dan ayyam tasyrik. Lihatlah bagaimana Rasulullah SAW menghormati hak hewan qurban. Kasih sayang Rasulullah SAW terhadap hewan qurban. Setiap kali ingin berqurban beliau SAW akan membeli dua ekor kambing belang (putih hitam) yang besar, gemuk, dan bertanduk sebagai lambang hewan yang sehat.

Baca selengkapnya »

Catatan dari Afrika, Jejak Awal Sebuah Perjalanan (Bagian ke-7)

Inilah bumi Somalia, bumi masa depan umat Islam Afrika. Di bumi ini akhirnya kaki kami melangkah, menyampaikan salam persaudaraan dan rasa cinta dari kaum muslimin Indonesia. Sebagaimana Ibrahim ketika diuji Allah dalam momentum qurban di masa ibadah ini mulai Allah perintahkan. Inilah bumi Somalia, dimana doa-doa begitu terasa dekat, sedekat rasa dahaga dan lapar yang demikan akrab digeluti para pengungsi dan penduduk muslim Somalia, tanpa pilihan dan tanpa batas sampai kapan? Sampai kapan ini semua akan mereka akhiri? Hanya ada satu tekad yang menggelora dalam dada mereka, menjadi berubah lebih baik dengan merangkai masa depan penuh kedamaian dan persaudaraan sesama muslim di Somalia atau akan begitu saja dilupakan dunia.......dan manusia kebanyakan.

Baca selengkapnya »