Topic Archives: hujan

Karena Hujan Adalah Kesempatan

Semua ini merupakan hadiah dari Allah atas kegigihan mereka. Masyarakat yang selalu memanfaatkan kesempatan yang Allah berikan. Banyak pelajaran yang didapat dari mereka yang jauh dari bermalas-malasan. Bagi mereka, hujan bukan berarti kesempatan untuk liburan. Tapi, hujan adalah saat yang tepat untuk mereka mengharapkan keberkahan. Masyarakat kampung Cihanjuang Kecamatan Cibaliung Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten telah mengajarkan saya banyak hal selama satu tahun kebersamaan. Semoga setiap nilai positif dalam hidup mereka dapat saya ambil dan saya bawa pulang sebagai bekal di kampung halaman.

Baca selengkapnya »

Merindukan Hujan

Saat mendatangi shalat istisqa, jamaah shalat boleh membawa binatang-binatang ternak dan diwajibkan menunjukkan kesederhanaan di hadapan Allah dengan tidak menggunakan pakaian mewah. Shalat istisqa mirip dengan shalat dua hari raya Iedul Fitri dan Iedul Adha dan dikerjakan di waktu yang sama yaitu awal pagi sekitar Jam 6 hingga Jam 8 pagi.

Baca selengkapnya »

Kumerindu Padanya

Karena pada saat hujan, doapun diijabah karena saat yang tepat salah satunya ketika saat hujan turun. Allah aku rindu pada hujanmu agar sedikit nelangsa hidupku menjadi terobati akibat air yang tak tersisa. Hujan aku rindu padamu dan pada zat yang menurunkanmu.

Baca selengkapnya »

Menghitung Hujan

Jika hujan adalah sebuah bilangan, Maka, tak ada salahnya menghitung hujan, Dalam seutas limit yang tak berhingga, Berbalut rinai syahdu metode penuh cinta. Celupak Desember t’lah datang menjelang, Membawa hujan yang berkah tak berkurang, Dalam riak mendung senandung awan, Meretas kelindan asa menghitung hujan.

Baca selengkapnya »

Tentang Hujan

Dan kulihat tetes hujan pagi ini. Kulihat caranya diturunkan Maha Pencipta dari langit. Sangat indah. Memesona. Tak ada keraguan saat ia turun. Caranya turun pun cerdas. Titik-titik air yang bersambung-sambung. Kontinyu. Tak pernah turun hanya pada satu titik. Banyak. Ramai. Turunnya membasahi hamparan bumi. Menyejukkan. Menghidupkan.

Baca selengkapnya »

Kita dan Hujan

Di dalamnya ada waktu yang di muliakan, di mana untaian doa insya Allah di ijabah Allah ta'ala. Yaa, saat ini aku mulai sadar bahwa tatkala turunnya hujan, ada banyak keberkahan untuk bumi yang mulai kering dan gersang. Dan yaa, saat ini aku tak pernah lagi membenci hujan, karena aku yakin, akan ada sesuatu yang tak terduga di balik hadirnya hujan.

Baca selengkapnya »

Tentang Hujan

Hujan selalu saja bisa memikat hati. Melihat ia turun bergemericik di bumi selalu menyisakan makna yang tak terperi. Saya dan hujan. Hujan selalu saja bisa menenangkan hati. Agaknya ketika hujan datang, ketika itu pula bidadari-bidadari berlarian turun ke bumi. Langit hujan yang kelam membuat bidadari bebas berkeliaran. Hujan terlalu mampu membuat saya bersyukur akan indahnya alam.

Baca selengkapnya »