Topic Archives: amal shalih

Biar Samar tetapi Besar

Sesuatu yang besar bukan lahir dari yang besar tetapi dimulai dari hal-hal kecil yang tersusun rapi dan penuh kesungguhan. Tak perlu risau apalagi galau. Selagi kita bisa berbuat baik, lakukan saja meskipun hanya langkah-langkah kecil. Tidak perlu malu ketika dalam suatu acara kita hanya kebagian mempersiapkan mic dan kabelnya atau papan tulis dan spidolnya. Akumulasi kebaikan-kebaikan kecil yang kita lakukan, biarkan menjadi investasi akhirat kita kelak dengan nilai deviden yang sangat besar tiada terkira. Perhitungan Allah tentu berbeda dengan kalkulator manusia. Lakukan kebaikan entah sekecil apapun itu. Tak perlu kau repot-repot membesarkannya, biarkan Allah yang mengaturnya. Lakukan kebaikan entah sesamar apapun itu. Tak perlu kau capek-capek untuk menjelaskannya, Allah Maha Mengetahui segala sesuatu dan segala isi hati.

Baca selengkapnya »

Al ‘Aliim

Al ‘Aliim adalah salah satu asmaul husna yang artinya Allah Maha Mengetahui. Al ‘Aliim mengadung makna yang luas dan dalam. Pemaknaan yang mudah di ingat bahwa segala sesuatu baik dilangit dan di bumi yang sudah terjadi atau belum Allah swt mengetahuinya. Apa saja yang akan turun dari langit Allah mengetahuinya. Entah berupa air, meteor, salju, es atau lainnya. Apa yang akan keluar dari bumi Allah swt juga mengetahui. Apa yang akan terucap dari bibir manusia Allah juga mengetahuinya. Apa yang akan terjadi di Mesir, Suriah, Palestine, Indonesia dan negeri-negeri lainnya setelah hari ini Allah swt mengetahuinya. Tidak ada yang tidak diketahui Allah swt. Semuanya sudah dalam pengetahuan Allah swt baik yang ghaib maupun yang nyata.

Baca selengkapnya »

Maksiat Si Gemblong

Ada benarnya jika sesuatu yang kita lihat salah atau buruk itu memang salah dan buruk. Tetapi tidak sepenuhnya itu benar-benar sama dengan anggapan kita. Maka jangan mengklaim sesuatu dengan cepat dan tidak beralasan. Karena itu akhirnya menjadi fitnah, dan fitnah itu sangat dibenci Allah.

Baca selengkapnya »

Buah Sedekah

Akhirnya tanpa ada mainan kesayangan buah hatinya Nayla tetap merasa bahagia dan masih ada mainannya yang lain. Maka, dari kejadian itu memberikan bukti yang nyata kepada kedua pasangan suami isteri tersebut untuk tidak setengah-tengah dalam memberikan ataupun menyumbangkan harta yang kita miliki walaupun benda atau harta itu adalah kesayangan kita sendiri. Maka ingatlah Allah akan memberikan gantinya kepada hambanya yang betul-betul iklas memberikan itu semua.

Baca selengkapnya »

Masuk Surga Karena Amal Shalih atau Karena Rahmat Allah Ta’ala?

Jika amal ibadah manusia paling mulia seantero jagad saja tidak akan bisa menyampaikannya ke surga tanpa rahmat Allah SWT, apalagi amalan manusia selain Beliau Rasulullaah SAW. Maka tak salah jika kita selalu memanjatkan doa seperti yang diajarkan Rasulullah SAW kepada Aisyah RA. Aisyah RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW mengajarkannya doa ini: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu seluruh kebaikan, baik yang cepat (di dunia) maupun yang lambat (di akhirat), baik yang aku ketahui maupun yang tidak aku ketahui. Dan, aku berlindung kepada-Mu dari seluruh kejelekan, baik yang cepat maupun yang lambat, baik yang aku ketahui maupun yang tidak aku ketahui. Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan apa saja yang dimohonkan oleh hamba-Mu dan nabi-Mu (Muhammad SAW). Dan, aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan apa saja yang dimohonkan perlindungannya oleh hamba-Mu dan nabi-Mu (Muhammad SAW). Ya Allah, sesungguhnya aku mohon pada-Mu surga dan setiap perkataan atau perbuatan yang mendekatkan kepadanya, dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka dan dari setiap perkataan atau perbuatan yang mendekatkan kepadanya. Dan, aku mohon kepada-Mu agar Engkau menjadikan setiap ketentuan yang Engkau tentukan untukku adalah kebaikan.” (HR Ibnu Majah, Ahmad dan Ibnu Hibban).

Baca selengkapnya »

Keterasingan Amal Shalih

Apa itu keterasingan pada amal shalih? Ia adalah hilangnya esensi dari apa yang kita lakukan saat melakukan amal shalih. Ia adalah hilangnya rasa tunduk, patuh, taat, hilangnya keterikatan hati pada amal shalih yang kita lakukan. Lebih mudahnya, ulama fiqih telah memberi tahu kita bahwa itulah yang dinamakan dengan hilangnya khusyu' dan khudhu. Saat kita menyampaikan air wudhu ke tangan, kaki, mulut.

Baca selengkapnya »