Figure Archives: Ibnu Khaldun

Ekonomi Islam dan Islam Dalam Berekonomi

Ekonomi Islam setidaknya mengandung dua unsur: Moral economic and legal economic. Ia harus legal secara Islam dan harus mengandung nilai-nilai moral. Tidak heran Rasul pernah bersabda “Belum dikatakan beriman salah satu di antara kalian jika tetangga kalian tidak makan sementara kalian berada dalam kecukupan”. Maka ekonomi Islam bukan hanya ekonomi yang coba dicari nilai-nilai dan sistemnya dalam Islam, tetapi juga Islam dalam berekonomi.

Baca selengkapnya »

Kezuhudan Para Ulama Besar

Bukan menjadi hal yang mudah menjalani hidup dalam keterbatasan dan kesederhanaan. Tapi tahukah kita bahwa orang-orang besar yang namanya harum semerbak di zaman ini terlahir dari pribadi yang penuh kezuhudan terhadap dunia. Syekh Ibnu Khaldun dalam bukunya yang berjudul Muqaddimah menjelaskan bahwa kebanyakan para Dai, Imam Masjid, bahkan Imam Madzhab tidaklah mereka hidup bergelimang harta. Dan kehidupan yang demikian ini tidaklah dijalani dengan keterpaksaan dan ketidak-ikhlasan, tapi murni pilihan mereka demi mengabdikan diri kepada umat.

Baca selengkapnya »

Kampus Tertua Sebelum Al-Azhar Mesir

Ada namanya Universitas Al-Qarawiyyin di Maroko dan Universitas Sankore di Timbuktu. Yang menjadi fokus kajian pada artikel ini yaitu Al-Qarawiyyin yang didirikan di kota Fez-Maroko. Kampus yang dirintis dari halaqoh di Masjid al-Qarawiyyin ini didirikan oleh kerajaan Murabithun. Pendirinya bernama Fatimah al-fihri pada 859 M. Atas dasar fakta sejarah inilah, ketika tahun 1998, Guinness Book of World Records menetapkan Universitas Al-Qarawiyyin sebagai kampus/perguruan tinggi tertua dan pertama di dunia yang memberikan gelar akademis.

Baca selengkapnya »
Organization