Figure Archives: Ibnu Hajar al-Asqalani

Konsep Ilmu Dalam Islam

Para ulama kita patut menjadi teladan dalam memadukan antara ilmu dan amal. Imam Syafi’i hafal Al Quran saat berumur 7 tahun dan kitab Muwaththa’ Imam Malik pada usia 10 tahun. Namun, beliau juga seorang ahli ibadah dan berakhlak mulia. Beliau mengkhatamkan Al Quran sebanyak 60 kali dalam shalat di bulan Ramadlan. Ibnu Hajar al-Asqalani, al-Suyuthi, al-Sakhawi, dan ulama besar lainnya menyisihkan lebih dari 15 jam perhari untuk membaca dan menulis. Imam Bukhori menulis kitab Shahih-nya selama 16 tahun dan selalu shalat dua raka’at setiap kali menulis satu hadits.

Baca selengkapnya »

Pembelajar Sejati

Kekaguman saya hari ini adalah pada siswa-siswanya. Mereka bukanlah anak-anak muda pengejar ijazah. Akan tetapi mayoritas orang-orang tua yang sudah lanjut usia. Bahkan untuk melihat tulisan di papan tulis pun sudah kurang jelas. Walaupun mereka menggunakan kaca mata berlensa. Sesekali kulihat mereka menundukan kepala sambil menerawang papan tulis untuk melihat tulisan dari sisi lensa yang bisa terlihat jelas. Bahkan mereka sering memangil tutornya untuk memperjelas suatu materi yang mereka terima.

Baca selengkapnya »

Perjalanan Para Pejuang Ketauhidan

Pada awalnya, ketika mereka berdatangan ke pohon tersebut, tidak satupun dari mereka yang mengetahui apa yang sedang dipikirkan oleh masing-masing dari mereka. Hingga akhirnya seorang dari mereka buka mulut dan ternyata motif dari pengasingan diri tersebut adalah sama. Karena memiliki prinsip ketauhidan yang sama, akhirnya mereka bersepakat untuk membuat tempat ibadah di sana yang mereka gunakan untuk beribadah hanya kepada Allah dengan iman dan tauhid yang bersih dan jernih.

Baca selengkapnya »