Topic

Figure Archives: Ibnu Abbas RA

Persiapan Menyambut Ramadhan  

Sudah sepatutnya kita melakukan persiapan diri untuk menyambut kedatangan bulan Ramadhan, agar Ramadhan kali ini benar-benar memiliki nilai yang tinggi dan dapat mengantarkan kita menjadi orang yang bertaqwa. Namun, bagaimana cara kita menyambut Ramadhan sesuai dengan tuntunan syariat? Apa yang mesti kita persiapkan? Tulisan ini mencoba untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Baca selengkapnya »

Mencetak Generasi Qurrata A’yun

Orang tuapun harus mempersiapkan diri dalam membantu anak agar berbakti dan taat kepada Allah swt. Rasulullah bersabda, “Bantulah anak-anakmu agar berbakti! Barangsiapa yang mau melakukannya, ia dapat mengeluarkan sikap kedurhakaan dari diri anaknya.”(HR. Thabrani) Berdasarkan ini, jelas orang tua bertanggung jawab untuk mempersiapkan anaknya menjadi anak yang baik. Bahkan mereka mampu menyingkirkan kedurhakaan dari jiwa anak-anak mereka dengan cara hikmah, nasihat yang baik, dan kesabaran.

Baca selengkapnya »

Ibadah Puluhan Tahun yang Sia-Sia

Hal-hal maksiat itulah yang menutupi terkabulnya do’a dan Shalat seorang hamba. Sehingga jika ada seorang hamba yang berbuat demikian, Shalat dan beribadah selama puluhan tahun namun tetap bermaksiat kepada Allah atau menzolimi orang lain, maka saat ia mengira amalan ibadahnya telah terkumpul, ternyata yang ia dapatkan hanya timbangan kosong. Lantaran ibadahnya tidak diterima oleh Allah selama hidupnya kecuali hanya sedikit saja. Semoga kita termasuk muslim yang tidak hanya memperhatikan ibadah dari segi kesahihannya saja, namun juga memperhatikan segi diterima atau tidaknya ibadah itu oleh Allah. Sehingga waktu dan usia yang kita habiskan selama puluhan tahun tidak akan terbuang sia-sia.

Baca selengkapnya »

Ihwal Syair

Dengan demikian mendengarkan, membaca atau menulis syair itu boleh-boleh saja, selama syair itu sarat akan kebaikan dan hikmah yang bisa kita serap darinya sebagaimana syair yang mendzikir-dzikirkan asma Agung Allah swt, syair yang memuat puji-pujian dan sanjungan terhadap Baginda Nabi, syair yang mengajarkan nilai moral seperti menolong sesama, berbakti pada orang tua dan sebagainya. Jadi bagi anda yang senang dengan syair tak perlu cemas ataupun dilema lagi.

Baca selengkapnya »
Figure
Organization