Figure Archives: HOS Tjokroaminoto

Wahai Para Penulis, Berterima Kasihlah Kepada Muhammadiyah!

Membaca dan menulis, membuka cakrawala pengetahuan, kemudian berbuah pada kemerdekaan yang kini kita nikmati, meski belum sempurna. Namun yang tidak boleh kita lupakan adalah tunas dari itu semua, gerakan pembaharuan Islam yang membuka sebuah kesadaran bagi bangsa ini untuk belajar. Salah satu pemimpin besar Muhammadiyah, Buya Hamka, adalah juga seorang penulis yang cukup produktif.

Baca selengkapnya »

Nabi Yahya, Pemuda yang Dirindu Sejarah

Sebelum sifat-sifat mulia muncul, Allah mula-mula memberinya satu kaidah paripurna… “Hai Yahya, pelajarilah Al Kitab (Taurat) itu dengan sungguh-sungguh” (Maryam : 12). “Sungguh-sungguh dalam memahami, sungguh-sungguh dalam mengemban dan berdakwah, sungguh-sungguh dalam mengamalkan dan kesabaran, serta sungguh-sungguh dalam keimanan dan keyakinan pada Kitabnya”, tulis Syaikh Muhammad Said Hawwa dalam bukunya Shinaatus Syabab.

Baca selengkapnya »

Merdeka, Wajib atau Sunnah

“Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa. Dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan”. Tentunya, makna alinea pertama dalam Mukadimah UUD 1945 ini merupakan intisari dari arah tujuan Negara Indonesia dibentuk.

Baca selengkapnya »

PIP PKS Malaysia Gelar Halal Bi Halal 1436 Hijriah dan Talk Show Kebangsaan

PKS Malaysia mengadakan acara Halal Bi Halal 1436 Hijriah dan talkshow kebangsaan di aula Hasanuddin KBRI Kuala Lumpur, Ahad (23/8/2015). Acara tersebut menghadirkan Wakil Ketua MPR RI periode 2014 – 2019 Hidayat Nur Wahid dari fraksi PKS, duta besar RI di Malaysia Marsekal TNI (purn) Herman Prayitno, perwakilan partai politik yang berada di Malaysia, dan juga keluarga besar kader dan simpatisan PKS.

Baca selengkapnya »