Figure Archives: Abu Hanifah

Dalam Islam Tidak Mengenal Kata Pengangguran

Dalam Islam tidak ada istilah pengangguran, karena setiap Muslim diajarkan untuk rajin dan menolak semua kemalasan, dimana buktinya ? Buktinya kita diminta bangun sebelum Subuh untuk Sholat Tahajud dan Sholat Fajar. Kita diminta melangkahkan kaki ke Masjid dalam keadaan kondisi gelap, dalam keadaan dimana banyak manusia bermalas-malasan. Kita dilarang meminta-minta bahkan dalam kondisi miskin sekalipun.

Baca selengkapnya »

Khutbah Idul Fitri 1438 H: Belajar dari Sejarah Perselisihan Ulama dan Umara [1]

Jika kita belajar dari sejarah, ternyata akibat dari perselisihan antara ulama dengan umara sangat luas, merugikan semua pihak, dan dirasakan oleh seluruh masyarakat. Bagi para ulama. Sepintas mereka terlihat seperti pihak yang kalah dan dirugikan akibat dari perseteruannya dengan umara. Banyak ulama besar yang diuji ketabahannya akibat berselisih dengan umara. Keempat imam mazhab dalam Ahlus Sunnah wal Jamaah, semuanya tak luput dari ujian tersebut.

Baca selengkapnya »

Saat Sujud, Dahulukan Lutut atau Tangan?

Ibnul Qayyim mengatakan: Dahulu Rasulullah ﷺ meletakkan lututnya sebelum tangannya, kemudian tangannya, lalu diikuti dengan keningnya dan hidungnya. Inilah yang shahih yang diriwayatkan oleh Syarik dari ‘Ashim bin Kulaib dari ayahnya, dari Wail bin Hujr, dia berkata: “Aku melihat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, jika dia sujud dia meletakkan lututnya sebelum tangannya, dan jika dia akan bangkit, dia mengangkat tangannya sebelum lututnya. Dan tidak ada riwayat yang bertentangan dengan apa yang dilakukannya itu.” Selesai.

Baca selengkapnya »

Pembelajar Sejati

Kekaguman saya hari ini adalah pada siswa-siswanya. Mereka bukanlah anak-anak muda pengejar ijazah. Akan tetapi mayoritas orang-orang tua yang sudah lanjut usia. Bahkan untuk melihat tulisan di papan tulis pun sudah kurang jelas. Walaupun mereka menggunakan kaca mata berlensa. Sesekali kulihat mereka menundukan kepala sambil menerawang papan tulis untuk melihat tulisan dari sisi lensa yang bisa terlihat jelas. Bahkan mereka sering memangil tutornya untuk memperjelas suatu materi yang mereka terima.

Baca selengkapnya »
Organization