Organization Archives: TNI

Tentara Nasional Indonesia

Beginilah Bentuk Peta Terbaru Indonesia

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman telah merilis peta terbaru wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di Jakarta Pembaharuan peta itu dilatarbelakangi adanya empat alasan. Alasan tersebut diungkapkan oleh Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman, Arif Havas Oegroseno.

Baca selengkapnya »

Khutbah Idul Fitri 1438 H: Belajar dari Sejarah Perselisihan Ulama dan Umara [1]

Jika kita belajar dari sejarah, ternyata akibat dari perselisihan antara ulama dengan umara sangat luas, merugikan semua pihak, dan dirasakan oleh seluruh masyarakat. Bagi para ulama. Sepintas mereka terlihat seperti pihak yang kalah dan dirugikan akibat dari perseteruannya dengan umara. Banyak ulama besar yang diuji ketabahannya akibat berselisih dengan umara. Keempat imam mazhab dalam Ahlus Sunnah wal Jamaah, semuanya tak luput dari ujian tersebut.

Baca selengkapnya »

Rahmat Bagi Semesta NKRI dan Sentimen Irasional Agama di Dunia

Banyak sudah peran para kyai, para sayyid dan para santri yang berjasa dalam pembinaan patriotisme bangsa, melawan penjajahan dan berhasil membangkitkan semangat nasionalisme Indonesia. Kalau bukan karena ajaran dan nilai-nilai yang mereka miliki, maka Indonesia Merdeka hari ini boleh jadi tidak akan pernah ada. Seperti kata Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dengan bangganya mengatakan bahwa Umat Islam adalah benteng terakhir NKRI. Merdeka!

Baca selengkapnya »

Maklumat PP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Tentang Aksi Bela Islam 4 November 2016

PP AI-Irsyad AI-Islamiyyah mengharap agar warga AI-Irsyad AI-Islamiyyah khususnya dan elemen umat Islam pada umumnya memperhatikan hal-hal sebagai berikut: Meminta umat Islam dan elemen masyarakat Islam yang diwakili oleh ormas Islam untuk menjaga kedamaian dan ketertiban selama berdemonstrasi "Aksi Bela Islam". Mengamankan peserta aksi dari upaya penyusupan dan provokator yang akan mengalihkan tujuan aksi damai dan demi mencegah terjadinya tindakan anarkis dan kondisi chaos.

Baca selengkapnya »

KAMMI Menentang Kudeta Militer karena Bertentangan dengan Demokrasi

Pengurus Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (PP KAMMI) melalui Bidang Hubungan Luar Negeri (HLN) menyatakan penolakan terhadap kudeta militer mana pun karena bertentangan dengan proses demokrasi. Ketua Departemen Kajian Internasional Bidang HLN PP KAMMI, Hidayah Sunar, menyatakan bahwa KAMMI menentang dan menolak segala bentuk militerisme dalam proses transisi demokrasi. KAMMI juga mengajak seluruh elemen masyarakat pro demokrasi untuk mengutuk kudeta militer dan bersama-sama mengawal tegaknya demokrasi.

Baca selengkapnya »

Berhenti Memaafkan!

Jadi, MELAWAN! Soal nanti memaafkan, itu urusan lain. Tapi tunjukkan efek jera kepada musuh-musuh Islam. Bahkan Syaikh Shalih Al-Munjid, dalam Al-Islam Sual wal-Jawab mengungkapkan, memaafkan itu memiliki syarat. Di antaranya, setelah memaafkan terjadi ISHLAH (perbaikan sikap) dan tidak memunculkan dampak negatif yang baru.

Baca selengkapnya »

Inspirasi untuk Anak Tapal Batas

Memiliki mimpi dan obsesi adalah salah satu anugrah terbesar bagi setiap manusia. Mimpi dan obsesi menjadi penanda bahwa seseorang masih sadar akan kodratnya sebagai manusia. Obsesi juga menunjukan bahwa manusia masih memiliki harapan untuk hidup. Tanpa dua hal ini, maka manusia bisa dikatakan sebagai seseorang yang meninggal sebelum waktunya. Sebab mimpi dan obsesi tidak pernah lepas dari aktifitas manusia sehari-hari. Dialah yang menjadikan kerja jadi produktif, tantangan menjadi motivasi, kemudahan adalah peluang dan kegiatan belajar menjadi menyenangkan.

Baca selengkapnya »

Smart City dan Peradaban Kota

Penerapan kota pintar sepertinya memerlukan sebuah inovasi tambahan dalam bentuk kebijakan atau program; agar masing-masing pemimpin dan penduduk kota bisa mempraktikkan dan melestarikan keshalihan individu dan sosial sebagai sebuah perilaku. Dan saya kira, itulah inti dari smart city (kota pintar) yaitu smart citizen (penduduk yang pintar). Dengan terwujudnya keshalihan penduduk kota, maka sempurnalah peradaban sebuah kota.

Baca selengkapnya »