Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Berapa Lama Pencarian MH370?

Berapa Lama Pencarian MH370?

Zona pencarian pesawat Malaysia Airlines MH 370 - Foto: abcnews.go.com
Zona pencarian pesawat Malaysia Airlines MH 370 – Foto: abcnews.go.com

dakwatuna.com – Kuala Lumpur.  Pencarian pesawat Malaysia Airlines bernomor penerbangan MH370 yang hilang selama tiga pekan diprediksi bakal memakan waktu bertahun-tahun. Hal ini diungkapkan Mark Matthews, seorang kapten Angkatan Laut Amerika Serikat, yang terlibat dalam pencarian.

Menurut Matthews, sedikitnya informasi mengenai lokasi jatuhnya MH370 telah menghambat tim pencari untuk menemukannya. “Saat ini, daerah pencarian pada dasarnya seukuran Samudra Hindia yang membuat ketidakpastian waktu untuk mencarinya,” kata dia, seperti dikutip The Malaysian Insider, Minggu, 30 Maret 2014.

Matthews membandingkan pencarian MH370 dengan pesawat Air France bernomor penerbangan 447 yang jatuh di Samudra Atlantik pada 2009 lalu. Menurut dia, butuh waktu lebih dari dua tahun untuk menemukan Air France. Padahal, dia menambahkan, “Kami memiliki informasi posisi yang jauh lebih baik.”

Meski begitu, Matthews tetap mendorong tim pencari menggunakan segala kemampuan yang ada untuk mencari kotak hitam MH370 sebelum baterai kotak perekam itu mati. Adapun hingga kini, sepuluh kapal dan sejumlah pesawat masih terus melanjutkan upaya pencarian jejak MH370 di Samudra Hindia, tepatnya sebelah barat Perth, Australia.

Sebelumnya, pada 24 Maret lalu, Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, telah memberikan pernyataan mengenai nasib MH370. Menurut Najib, berdasarkan hasil analisis Inmarsat, perusahaan Inggris yang menyediakan data satelit dari wilayah utara dan selatan bumi, dan perwakilan kantor Investigasi Kecelakaan Udara Kerajaan Inggris (AAIB), posisi terakhir MH370 adalah di tengah Samudra Hindia, sebelah barat Perth. (tempo/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Habibie: MH370 Meledak karena Kerusakan Mesin, Bukan Sabotase

Figure
Organization