Topic
Home / Narasi Islam / Life Skill / Kiat Menghafal Quran

Kiat Menghafal Quran

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com – Teman-teman, di antara kalian pasti masih banyak yang bertanya gimana sih cara menghafal Alquran dengan mudah?

Kali ini, saya mau membagikan sedikit ilmu yang saya dapat. Semoga dapat membantu. Sebelumya, kita bahas dulu yuk kenapa sih banyak orang yang berlomba-loma untuk menghafal Quran? Karena Al-Quran akan mejadi penolong (syafaat) bagi penghafalnya, dari Abi Umamah ra. Ia berkata, “Aku medengar Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah olehmu Al-Quran, sesungguhnya ia akan menjadi pemberi syafaat pada hari kiamat bagi para pembacanya (penghafalnya).”” (HR. Muslim)

Ada hadits lain dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Penghafal Al-Quran akan datang pada hari kiamat, kemudian Al-Quran akan berkata: wahai Tuhanku, bebaskanlah dia, kemudian orang itu dipakaikan mahkota kehormatan, Al-Quran kembali meminta: wahai Tuhanku, tambahkanlah, maka orang itu dipakaikan jubah kehormatan. Kemudian Al-Quran berkata lagi: wahai Tuhanku ridhailah dia, maka Allah meridhainya. Dan diperintahkan kepada orang itu, bacalah dan teruslah naiki (derajat-derajat surga), dan Allah menambahkan dari setiap ayat yang dibacanya tambhan nikmat dan kebaikan”. (HR. Tirmidzi, hadis hasan (2916), ibnu khuzaimah, al-hakim, ia menilainya hadist yang shahih)

Tapi sebagian besar dari kita masih banyak nih yang kesusahan dalam menghafal Quran, jadi bagaimana caranya agar menghafal Quran itu mudah?

Berikut ini tips-tips menghafal Quran dengan cara yang mudah:

Niat benar-benar hanya karena Allah SWT dan berharap untuk mendapat ridha-Nya

Usahakan selalu membawa Quranmu di mana pun kapan pun

Jangan Lupa selalu minta sama Allah agar diberi kemudahan

Nah, jangan lupa! Jangan sampai ketinggalan shalat malam.

Cari waktu yang meurut kamu itu efektif kalo dipakai menghafal, biasanya setelah tahajud, setelah shalat shubuh sampai jam 6 pagi, setelah shalat ashar sampai jam setengah 5 dan setelah shalat maghrib (ga percaya? Silahkan dicoba.

Ketika menghafal Quran, sebaiknya kita memahami artinya juga. Kenapa? Karena jika kita sudah faham apa yang kita hafal, insya Allah menghafalnya pun akan mudah. Kita pun jadi tahu kebesaran-kebesaran Allah SWT, lama-lama hati kita akan tersentuh dan semakin penasaran arti ayat selanjutnya, dengan itu semangat kita untuk menghafal Quran akan bertambah.

Biasakan punya target dalam menghafal dan istiqomah setiap harinya, misal setengah halaman dalam sehari, dua bulan sudah dapat sekitar 1 juz, wah sudah banyak kan?

Jangan lupa, hafalan Quran yang sudah kamu hafal harus dijaga dengan cara diulang-ulang agar tidak hilang. Dipakai di shalat-shalat sunnah seperti tahajud, duha, dll, dengan itu, hafalan kita insya Allah tidak akan terjaga.

Setelah kamu menghafal, jangan lupa amalkan isi-isinya dengan perilakumu yang baik. Dan ajaklah teman-temanmu juga untuk senantiasa dekat dengan Quran, jangan shalihah sendirian, karena sendiri itu berat kawan.

Jika tips dengan membaca arti kamu masih susah dalam menghafal, ulang-ulang terus ayat demi ayat yang kamu hafal sampai kamu benar-benar hafal.

Misal kamu ingin menghafal 5 ayat: ayat pertama kamu ulang sampai 20x lanjut ayat ke 2 sampai 20x dan seterusnya setiap ayat 20x sampai ayat 5, setelah itu kamu baca ayat 1-5 ulang-ulang sampai 20x. Jika kamu benar-benar mempunyai keinginan yang kuat dalam menghafal insyaAllah tidak akan berat ko. Karena dengan cara menghafal seperti ini hafalan kamu akan lebih kuat, dan lama-lama kamu akan merasa sangat mudah dalam menghafal apapun.

Jangan lupa, ubah pola fikir kita yang tadinya bilang menghafal itu susah menjadi menghafal itu mudah!!!

Sekian, tips cara menghafal Quran dengan mudah yang saya ketahui. Kurangnya mohon dimaafkan ya teman-teman J

Teruslah beristiqomah dan menghafal dan mengamalkan Quran. Karena nikmat mampu menghafal Quran sama dengan nikmat kenabian, bedanya ia tidak mendapatkan wahyu. “barang siapa yang membaca (hafal) Al-Quran , maka sungguh dirinya telah menaiki derajat kenabian, hanya saja tidak diwahyukam padanya.” (HR.Hakim) (Annisa/dakwatuna.com)

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Nur Fitri Amaliah

Lihat Juga

Cara Cepat Menghafal Alquran

Figure
Organization