Home / Berita / Internasional / Asia / Interpol Batalkan Seluruh Tuntutan Terhadap Syaikh Yusuf Qaradhawi

Interpol Batalkan Seluruh Tuntutan Terhadap Syaikh Yusuf Qaradhawi

Mantan Ketua Ikatan Ulama Muslim Internasional, Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi. (aa.com.tr)
dakwatuna.com – Paris. Badan Polisi Dunia (Interpol) membatalkan seluruh tuntutan terhadap Dr Yusuf al-Qaradhawi. Selain itu, organisasi yang bermarkas di Lyon, Prancis ini juga telah menarik seluruh file dan data terkait kasus dai berusia 92 tahun tersebut.

Dilansir dari Aljazeera, informasi tersebut dibenarkan oleh Sekretariat Jenderal Interpol. Bahkan disebutkan, Interpol telah menarik seluruh berkas perkara Syaikh Qaradhawi sejak 30 November lalu.

Berdasarkan keputusan Interpol tersebut, Syaikh Qaradhawi kini bebas bepergian kemana saja, karena tuntutan dari Irak dan Mesir itu sudah tidak berlaku lagi.

Lebih lanjut Interpol menilai permintaan dua negara itu untuk menangkap Syaikh Qaradhawi sangat politis dan tidak adil. Bahkan tuntutan tersebut dinilai Interpol melanggar nilai-nilai HAM internasional.

Sebelumnya, melalui pengacaranya Syaikh Qaradhawi menyampaikan keberatan dengan status buronan Interpol. Pengacara menilai, tindakan terhadap kliennya itu melanggar Statuta Kepolisian Internasional dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia.

Diketahui, Kepolisian Mesir mengajukan permohonan penangkapan Syaikh Qaradhawi kepada Interpol atas tuduhan aktivitas terorisme yang dilakukan antara Januari 2010 hingga Februari 2011.

Sementara Pemerintah Irak merasa keberatan dengan penjelasan Syaikh Qaradhawi yang disiarkan Aljazeera. Namun kemudian, Interpol menyimpulkan kedua tuntutan itu kental aroma politis. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Arab Saudi Bantah Berencana Buka Kembali Kedubes di Damaskus

Organization