Home / Berita / Internasional / Korut Kembali Luncurkan Rudal Balistik Antar Benua

Korut Kembali Luncurkan Rudal Balistik Antar Benua

Ilustrasi Rudal Korut. (arsip/arabic.sputniknews.com)

dakwatuna.com – Seoul. Badan Intelijen Korea Selatan (Korsel), menyebut Korea Utara (Korut) kembali meluncurkan rudal balistik pada Selasa (28/11/2017) kemarin. Disebutkan, rudal diluncurkan dari kota Pyongsong, Pyongan Selatan. Sementara markas departemen pertahanan AS (Pentagon) menyebutkan, rudal yang diluncurkan merupakan klasifikasi antar benua dengan jarak tempuh 1000 kilometer.

Dilansir dari Aljazeera.net, pihak Seoul menyebut bahwa ujicoba rudal dilakukan sekitar pukul 18:00 waktu setempat. Selain juga diluncurkan ke arah laut antara Korsel dengan Jepang. Ditambahkan, sesaat setelah peluncuran, Korsel juga melakukan ujicoba rudal balasan.

Sedangkan sumber diplomatik menyebutkan, DK PBB akan menggelar pertemuan pada Rabu (29/11) sore nanti untuk membahas permasalah tersebut. Sementara PM Jepang, Shinzo Abe, menyebut peluncuran rudal itu “tindakan kekerasan yang tidak mungkin untuk ditolerir.” Jepang, menurutnya, tidak akan tunduk terhadap tindakan provokatif apapun serta akan meningkatkan tekanan pada Pyongyang.

Senada dengan Abe, Presiden AS Donald Trump mengirimkan pesan pada Korsel bahwa dirinya tidak akan memperhatikan betul tindakan tersebut. Kepada wartawan ia menegaskan, ujicoba yang dilakukan Korsel tidak akan mengubah pendekatan AS terhadapnya. Seperti diketahui, satu pekan sebelumnya, Korsel telah resmi dimasukkan ke dalam golongan negara sponsor terorisme.

Seperti diketahui, dalam beberapa bulan terakhir Korut telah melakukan ujicoba rudal balistik. Tak ayal, hal itu mengakibatkan kecaman luas dari masyarakat internasional, khususnya AS. Sementara ujicoba kali merupakan yang pertama dilakukan pada bulan ini, tepatnya satu pekan sejak resmi digolongkan ke dalam negara sponsor terorisme. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Foto Satelit Ungkap Lokasi Produksi Rudal Balistik Arab Saudi

Organization