Home / Berita / Internasional / Faksi-faksi Palestina Gelar Dialog Nasional di Kairo

Faksi-faksi Palestina Gelar Dialog Nasional di Kairo

Pertemuan Hamas dan Faksi Perjuangan Palestina di Gaza. (Arsip/aljazeera.net)

dakwatuna.com – Kairo. Sesi pertama Dialog Nasional Palestina digelar di Kairo, Selasa (21/11/2017) pagi waktu setempat. Dialog yang diprakarsai Badan Intelijen Mesir itu diikuti oleh perwakilan dari seluruh faksi-faksi Palestina.

Dilansir dari Aljazeera.net, para peserta disebut akan membahas berbagai hal seperti Organisasi Pembebasan Palestina dan pelaksanaan pemilihan umum. Selain itu, masalah keamanan, rekonsiliasi dan pembentukan Otoritas Persatuan Palestina juga akan dibicarakan dalam dialog selama dua hari tersebut.

Disebutkan, dialog antar faksi Palestina ini terwujud pasca rekonsiliasi antara Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) dengan Gerakam Pembebasan Palestina (Fatah). Kedua faksi terbesar itu menandatangani sebuah kesepakatan pada 12 Oktober lalu atas prakarsa Mesir.

Delegasi Palestina tampak meninggalkan Gaza melalui Pintu Rafah pada Senin (20/11) kemarin. “Delegasi dari seluruh faksi, terutama Hamas, Fatah, Jihad Islam, meninggalkan Gaza untuk menuju ke Kairo (dengan menggunakan satu bus),” kata seorang petugas perbatasan.

Sementara itu, anggota biro politik Hamas Khalil Hayya menyatakan, pertemuan seluruh faksi akan membahas berbagai dokumen penting. “Di antaranya Organisasi Pembebasan, pemilihan umum, keamanan, pembentukan pemerintah persatuan, dan kebebasan secara umum,” jelasnya.

“Yang diperlukan adalah jadwal pembentukan Dewan Nasional PLO dan sesegera mungkin menyusun undang-undang pemilihan,” tambahnya. Ia juga menyebutkan, sandaran dari pertemuan ini adalah kesepakatan 2005 dan dokumen Kairo 2011. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Advertisements

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra

William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma’had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.

Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma’had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Dosen Filsafat Al-Azhar: Cadar Adalah Syariah Yahudi, Akan Halangi Sampainya Ilmu Saat Belajar