Home / Berita / Internasional / Besok, Pintu Perbatasan Rafah Akan Dibuka Selama Tiga Hari

Besok, Pintu Perbatasan Rafah Akan Dibuka Selama Tiga Hari

    Perbatasan Rafah (aa.com.tr)

dakwatuna.com – Kairo. Kedutaan Palestina di Kairo, Jumat (17/11/2017), mengumumkan bahwa pemerintah Mesir akan membuka pintu perbatasan Rafah selama tiga hari, dimulai Sabtu besok. Pembukaan akses darat ini diperuntukkan bagi kedua belah pihak, setelah lebih dari seratus hari ditutup.

Dilansir Aljazeera.net, pembukaan Rafah kali ini merupakan yang pertama kalinya sejak Otoritas Palestina menerima kuasa penuh atas Jalur Gaza. Hal tersebut merupakan bagian dari kesepakatan rekonsiliasi yang dicapai oleh Gerakan Pembebasan Palestina (Fatah) dan Gerakan Perlawanan Islam (Hamas).

Selama lebih 100 hari ditutup, terdapat sejumlah besar rakyat yang tertahan baik di dalam Gaza maupun di luarnya. Disebutkan, jumlah yang mendaftar untuk menyeberang esok hari saja sudah mencapai 20 ribu, baik dari kalangan orang sakit, pelajar maupun memiliki keadaan kemanusiaan lainnya.

Otoritas Palestina pada bulan lalu, menerima secara penuh penguasaan terhadap pintu-pintu perbatasan di Jalur Gaza dari Hamas. Seperti diwartakan, hal ini merupakan bagian dari kesepakatan rekonsiliasi Palestina yang diprakarsai Mesir pada awal bulan lalu.

Pintu Perbatasan Rafah sendiri menghubungkan antara Jalur Gaza dengan wilayah Mesir. Pintu ini secara praktis ditutup pada tahun 2013, dan hanya dibuka pada waktu-waktu tertentu yang diperuntukkan hanya bagi kepentingan kemanusiaan. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Advertisements

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra

William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma’had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.

Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma’had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Khalid Misy’al Apresiasi Bantuan Qatar Kepada Warga Palestina