Home / Berita / Internasional / Amerika / Putin Bantah Intervensi Rusia Terhadap Konflik di Dunia Islam Sunni

Putin Bantah Intervensi Rusia Terhadap Konflik di Dunia Islam Sunni

Presiden Vladimir Putin. (burathanews.com)

dakwatuna.com – Moskow. Presiden Rusia, Vladimir Putin mengatakan, tudingan Rusia melakukan intervensi ke dalam setiap konflik di dunia Islam Sunni adalah provokasi. Rusia, tambahnya, selalu berupaya mendukung pemerintahan yang sah, mencegah disintegrasi di Suriah dan memberantas terorisme.

“Ada yang selalu mengatakan bahwa cepat atau lambat, kami akan melakukan intervensi ke dalam setiap konflik di dunia Islam Sunni. Aku tegaskan bahwa itu adalah provokasi. Banyak pihak dari dunia Arab dan Turki tahu apa yang menjadi niat kami. Memang ada pihak-pihak yang tidak sepakat, namun sikap kami jelas,” kata Putin dalam sebuah wawancara dengan sutradara Amerika, Oliver Stone.

Presiden Rusia itu menjelaskan tujuan dari negaranya, yaitu mendukung pemerintahan yang sah dan mencegah disintegrasi di Suriah. Jika tidak begitu, menurutnya, maka apa yang terjadi di Libya dan Somalia, akan terjadi di Suriah. Tujuan kedua Rusia, tambahnya, adalah memerangi terorisme.

Dalam kesempatan tersebut, Oliver juga menanyakan pendapat Putin terkait pendapat beberapa pihak tentang pembagian Suriah menjadi empat atau lima bagian. Katanya, ada berbagai opsi terkait itu, namun yang terpenting adalah menjaga keutuhan Suriah. Putin juga memperingatkan, pecahnya konfrontasi permanen antara bagian-bagian yang terpisah.

“Amerika Serikat sedang berupaya mendemokratisasikan semuanya, dan aku tidak yakin Negara-negara Teluk akan menyukainya. Jujur saja, jika aku di posisi mereka (negara teluk, red.), maka aku akan memikirkan apa yang akan dilakukan Amerika Serikat nantinya,” tambah Putin.

Disinggung tentang hubungan Rusia dan AS, Putin berpandangan bahwa AS masih melihat Rusia sebagai ancaman dan musuh geopolitis. Putin juga menegaskan, pandangan yang seperti itu adalah salah.

“Kami memiliki banyak sektor kerja sama yang hasilnya akan positif, baik bagi Rusia, AS maupun seluruh dunia,” tambahnya.

Teks wawancara secara lengkap antara Presiden Putin dengan Oliver Stone disebar luaskan pada Jumat (16/06/2017) kemarin. Sebelumnya, sutradara Amerika itu telah membuat sebuah film dokumenter tentang Putin, dan disiarkan dalam saluran “Showtime”. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera.net

Advertisements

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
William Ciputra
Alumni Mahad Aly An-Nuaimy Jakarta

Lihat Juga

Menerka Arah Kebijakan Trump Terhadap Timur Tengah