Home / Berita / Internasional / Partai Demokrat AS Dipimpin Muslim, Israel Prihatin

Partai Demokrat AS Dipimpin Muslim, Israel Prihatin

Keith Ellison, wakil ketua Partai Demokrat AS. (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Tel Aviv. Surat kabar “Israel Today” mengatakan bahwa pihak Tel Aviv kecewa atas terpilihnya Keith Ellison sebagai wakil ketua Partai Demokrat Amerika. Kekecewaan tersebut muncul karena sosok Ellison disebut sebagai anti-Israel, Senin (27/02/2017).

Surat kabar yang dekat dengan PM Israel, Benyamin Netanyahu itu mengatakan bahwa Ellison pada masa lalu telah mengambil sikap anti-Israel. Di antara sikap Ellison tersebut adalah penolakannya tehadap keputusan AS untuk mendanai proyek Iron Dome Israel. Serta dukungannya terhadap laporan hakim Richard Goldstone terhadap operasi “Cast Lead” Israel terhadap Gaza pada 2008 lalu.

Keith Ellison adalah wakil partai Demokrat di gedung konggres AS. Ellison lahir di Detroit, dan masuk Islam pada saat usianya menginjak 19 tahun.

Tuduhan bahwa Ellison adalah sosok yang anti-Israel diperkuat dengan penyataan Ellison yang mengatakan bahwa Israel selama ini mendikte kebijakan luar negeri AS. Belum lagi dengan artikel Ellison yang dimuat Washington Post pada saat serangan yang diluncurkan Israel terhadap Gaza pada 2014 lalu. Dalam artikel tersebut, Ellison menyeru Israel untuk mencabut pengepungan terhadap Jalur Gaza.

Terkait tuduhan bahwa Israel mendikte kebijakan luar negeri AS, Ellison mengatakan dalam sebuah video pada tahun 2010, “Kebijakan luar negeri AS terkait wilayah Timur Tengah didikte sesuai dengan segala yang baik atau buruk bagi negara dengan populasi hanya tujuh juta orang (mengacu kepada Israel).”

Sebelumnya, pada Sabtu (25/02/2017) kemarin, mantan menteri tenaga kerja AS, Tom Perez, terpilih menjadi ketua Partai Demokrat AS. Perez terpilih setelah bersaing ketat dengan Keith Ellison, dengan memperoleh 235 suara, sedangkan Ellison 200 suara. Selang beberapa saat setelah terpilih, Perez mengusulkan Ellison sebagai wakilnya, dan kemudian diterima oleh anggota Komite Nasional Demokrat.  (whc/aljazeera/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Sssttt… Ternyata Prajurit Zionis Takut Baku Tembak Lawan Warga Palestina

Organization